7 Rahasia Supaya Bisa Jadi Manusia yang Tenang dan Woles

pixabay.com

Semua orang ingin hidup dalam ketenangan, stresless, tidak tertekan dan nyaman. Tekanan dari luar dan dalam membuat ketenangan yang ada dalam diri kita menguap terkena pengatuh enargi negatif.

Setiap perasaan, baik itu senang, sedih, kecewa dan lainya perlu disyukuri sebagai tanda kita masih hidup di dunia yang besar ini. Dengan harapan ingin bahagia, kamu juga perlu tahu rahasia supaya bisa hidup tenang dan woles. Tanpa galau yang berlebihan, kamu akan jadi orang yang lebih baik bersyukur.

1. Perbaiki pola tidur

pixabay.com

Rahasia yang pertama agar hidup tenang adalah memperbaiki waktu tidur. Tidur yang cukup sangat mempengaruhi mood kamu seharian. Jam tidur yang ideal ialah 7-8 jam. Ada baiknya untuk berhenti beraktivitas yang menggunakan barang elektronik.

Pemakaian gadget yang terus menerus membuatmu penasaran dengan banyak hal dan tidak membuatmu mengantuk. Hindari menggunakan benda elekronik setidaknya satu jam sebelum tidur. Kalau sudah bisa menerapkan kebiasaan ini, jam biologismu membaik dan ketenangan akan melingkupimu.

2. Ngobrol dengan teman

pixabay.com

Ada kalanya kamu ingin melampiaskan emosi, tapi sadar kalau tidak boleh mengeluh. Dalam beberapa kasus, hal ini yang memicu seseorang menjadi depresi karena kurangnya kepercayaan kepada lawan bicara.

Yang perlu diingat, mengeluh itu sah-sah saja kok. Kamu manusia yang butuh seseorang untuk mendengarkan ceritamu. Kamu tidak butuh dinasihati, kamu hanya sedang ingin mengeluh. Kalau menurutmu ngobrol dengan teman belum membantu membuatmu tenang, bicaralah pada hewan peliharaan atau menulis di atas secarik kertas. Jadikan sebagai teman, kamu bebas bicara dan menulis apa saja.

3. Membersihkan kamar

pixabay.com

Kamar yang kotor membuatmu jadi malas beraktivitas. Kamar yang rapi, membuatmu sedikit bersemangat untuk melakukan sesuatu yang lain. Kegiatan membersihkan kamar ini bisa jadi terapi untuk membuat mood membaik.

Kamu bisa memulai dari menata barang di rak, menyusun sesuai warna, menyapu, mengepel dan hal lainnya yang membuat energi positif yang sempat hilang datang kembali. Kegiatan kecil seperti itu jika dilakukan sehari-hari bisa berdampak baik bagi ketenangan dirimu.

4. Membuat list kegiatan
pixabay.com

Kamu bisa membuat daftar tentang apa saja. Mulai saja dari list hal yang menyenangkan, yang membuat sedih hingga film kesukaan. Pokoknya apapun itu kamu perlu bikin daftar! Buat apa? Fungsinya adalah untuk mengenali dirimu sendiri.

Sejauh mana kamu sanggup menahan tangis, hal apa saja yang membuat kamu kecewa pada diri sendiri. Pokoknya tulis daftar hal yang mengganjal dihatimu. Dengan begitu, perlahan-lahan ketenangan akan hadir menyapa.

Ada kalanya saat membuat list membuat kita menangisi momen yang telah lalu. Kamu perlu ingat bahwa kamu masih hidup hari ini dan artinya kamu semakin kuat dari kemarin. Kamu mampu menangisi momen yang telah lalu tapi masih bertahan saat ini. 

5. Kerjakan satu per satu
pixabay.com

Multitasking memang keren sekaligus penting agar pekerjaan cepat selesai. Itu dia yang juga menjadi masalah. Mengapa harus buru-buru selesai? Kerjakan saja satu-satu secara perlahan baru kerjakan yang lainnya. Memfokuskan diri pada banyak hal menguras energi. Maka kerjakan dulu dari yang deadline-nya yang paling mendekati.

6. Tidak memikirkan hal yang tidak perlu

pixabay.com

Kunci hidup tenang adalah berhenti cari tahu apa yang tidak perlu kamu ketahui. Jadi kalau misalnya mantan nge-like fotomu di Instagram, jangan buru-buru berpikir kalau dia ada rasa atau lain halnya. Pikirkan saja ah dia hanya satu dari sekian pengikut Instagram. Jangan terlalu memikirkan nanti hal mustahil yang kemungkinan terjadinya sangat kecil.

7. Me time

pixabay.com

Kalau kamu selama ini belum merasa tenang, ada yang ketinggalan nih dari kamu. Me time dilakukan setiap hari juga tidak apa-apa. Cobalah dekati dan kenali diri sendiri. Menikmati hal yang kamu sukai adalah hal sederhana yang bisa bikin mood membaik. Misalnya nonton bioskop sendiri, pergi ke perpustakaan sendiri dan kegiatan lain yang hanya kamu saja seorang diri.

Berpikiran positif akan menuntunmu bertemu orang positif juga. Ketenangan bisa diraih dari berdamai dengan dirimu sendiri. Kesedihan mendalam membuatmu nyaman berada di dalam lubang kesedihan. Namun untuk bertahan hidup, kamu perlu mengerti untuk menjalani hidup yang tenang agar bisa bahagia.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Viral Pernyataan ‘Papua Tanah Israel Kedua’ Kemendagri Panggil Sekda Hery! | Keepo.me

Viral Pernyataan ‘Papua Tanah Israel Kedua’ Kemendagri Panggil Sekda Hery! | Keepo.me

7 Hacks Tepat untuk Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan

7 Hacks Tepat untuk Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan

Gila! Penjajahan Gaya Baru! Amerika Serikat Berencana Membeli Greenland! | Keepo.me

Gila! Penjajahan Gaya Baru! Amerika Serikat Berencana Membeli Greenland! | Keepo.me

Panduan Jitu yang Mempermudah Generasi Z untuk Cepat Dapat Kerjaan

Panduan Jitu yang Mempermudah Generasi Z untuk Cepat Dapat Kerjaan

5 Goyangan yang Hebohkan Panggung Dangdut Tanah Air | Keepo.me

5 Goyangan yang Hebohkan Panggung Dangdut Tanah Air | Keepo.me

9 Hacks untuk Merawat Sepatu Putih Biar Nggak Kucel dan Buluk

9 Hacks untuk Merawat Sepatu Putih Biar Nggak Kucel dan Buluk

loading