7 Phobia yang Disebabkan dan Berhubungan dengan Cinta

unsplash.com

Phobia adalah sebuah bentuk ketakutan dari hal yang membuat seseorang yang deg-degan setengah mati. Misalnya kepada binatang tertentu. Namun, berbeda halnya dengan fobia yang bisa membuat penderitanya takut untuk jatuh cinta. Bahkan ada juga yang takut untuk cemburu dengan pasangan.

Jatuh cinta itu anugerah. Menjadi seseorang yang dicintai membuat diri merasa lebih berharga. Sesuai dengan insting, kita akan mempertahankan hubungan dan berusaha untuk membuat kalian jadi saling nyaman. Tapi, gimana jadinya kalau cinta jadi penyebab phobia yang kamu rasakan?

Di bawah ini, ada beberapa phobia yang nyatanya membuat penderitanya nggak nyaman untuk menjalin hubungan, bahkan takut untuk jatuh cinta. Semengerikan apa penyebab dan efek samping dari hal ini?

1. Anuptaphobia adalah ketakutan menjadi jomblo

pexels.com

Merasa sedih pasca putus dari pacar adalah sebuah proses yang wajar. Pada akhirnya, kamu bisa memaknai patah hati itu untuk mendewasakan diri. Kamu akan mempergunakan sendirimu untuk membenahi diri.

Tapi, berbeda halnya dengan mereka yang menderita Anuptaphobia. Phobia yang satu ini bikin penderitanya ketakutan setengah mati dengan status jomblo. Dalam beberapa kasus yang sudah parah, penderitanya ini akan merasa bahwa dirinya bakalan jomblo selamanya. Akhirnya, mereka menjadikan orang lain sebagai pacarnya cuma karena takut jadi single.

2. Gamophobia bikin penderitanya takut menikah

pexels.com

Berbeda jauh dari Anuptaphobia yang takut ngejomblo, mereka yang menderita Gamophobia ini malah takut untuk menikah. Mereka yang menderita fobia ini memiliki ketakutan untuk membangun komitmen hubungan serius dan jangka panjang. Mereka cenderung menghindari obrolan tentang pernikahan dan hubungan yang serius. 

3. Phillemaphobia bikin penderitanya takut dicium

pexels.com

Di beberapa saat, dicium pasangan bikin seseorang jadi berbunga-bunga hatinya. Tapi, berbeda dengan mereka yang mengidap Phillemaphobia ini. Pasalnya, mereka memiliki ketakutan luar biasa akan ciuman. Mereka bisa tiba-tiba berteriak sampai meminta tolong kalau pasangannya nekat mencium.

Mereka yang menderita fobia ini diyakini karena salah asuh atau pengertian berlebihan tentang ciuman. Para penderitanya bakalan menunjukkan gejala mulai dari sesak nafas, berkeringat hebat, menangis, sampai serangan panik.

4. Chiratophobia takut banget untuk bersentuhan fisik
pexels.com

Kalau kamu adalah tipe orang yang demen banget dipeluk pasangan, bakalan beda ceritanya kalau pasanganmu adalah seorang Chiratophobia. Fobia inia ini membuat penderitanya merasa ketakutan luar biasa ketika bersentuhan fisik dengan orang lain maupun pasangan sendiri. Trauma akan sesuatu menjadi penyebab munculnya phobia ini terhadap seseorang.

5. Zelophobia yang bikin penderitanya takut untuk cemburu
pexels.com

Kalau phobia yang satu ini bisa dibilang aneh. Pasalnya Zelophobia ini bikin penderitanya takut untuk cemburu. Kalau nggak sengaja lihat pacar jalan dengan mantannya, rasa cemburu dan marah yang timbul pasti bakalan luar biasa menggelegar. Tapi bagi penderita Zelophobia, mereka merasa kalau cemburu itu memalukan dan bikin membuat hubungan seakan terikat. Padahal, yang namanya cemburu itu wajar.

6. Arrhenphobia bikin cewek takut banget sama cowok

pexels.com

Kalau ada cewek yang berusaha setengah mati ngedeketin cowok yang dia suka, beda halnya dengan para cewek yang memiliki Arrenphobia. Ini adalah ketakutan seorang cewek akan lawan jenisnya. Bisa disimpulkan kalau penderita phobia ini bakal mati-matian ngejauhin diri dari cowok yang berusaha mendekatinya.

Penyebabnya bisa jadi karena trauma hubungan masa lalu. Buat para cowok, kayaknya harus ekstra sabar kalau gebetannya ternyata menderita phobia ini.

7. Philophobia bikin penderitanya takut jatuh cinta dan dicintai

pexels.com

Phobia yang satu ini bakalan bikin kamu heran. Jika orang biasa bakal berusaha mendapatkan pasangan sehidup semati yang saling mencintai selamanya, berbeda jauh sama mereka yang memiliki ketakutan akan jatuh cinta, alias Philophobia.

Kamu pasti nggak nyangka bahwa di dunia ini ternyata ada orang yang takut  jatuh cinta dan dicintai orang lain. Para penderita phobia ini bakalan ngerasa gelisah dan benci sama apapun yang berkaitan dengan cinta. Philophobia ini disebabkan oleh memori hubungannya terdahulu yang mengecewakan, memalukan atau bahkan membuatnya patah hati terlalu dalam. Saking dalamnya, kenangan itu sampai terekam di alam bawah sadar mereka.

Phobia tak selamanya takut kepada hewan dan benda sepele lainnya. Yang berkaitan dengan cinta dan perasaan juga bisa jadi pemicu seseorang takut dalam banyak keadaan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Serem Abis! Ini 5 Video Iklan Paling Menyeramkan yang nggak Cocok Buat Para Penakut! | Keepo.me

Serem Abis! Ini 5 Video Iklan Paling Menyeramkan yang nggak Cocok Buat Para Penakut! | Keepo.me

7 Hal yang Harus Diperhatikan Baik-baik Jelang Prosesi Lamaran

7 Hal yang Harus Diperhatikan Baik-baik Jelang Prosesi Lamaran

Bikin Baper, Detik-Detik Jirayut Meninggalkan Thailand! | Keepo.me

Bikin Baper, Detik-Detik Jirayut Meninggalkan Thailand! | Keepo.me

Ciri Pria yang Berpotensi Jadi Mantan Terindah Pasca Putus

Ciri Pria yang Berpotensi Jadi Mantan Terindah Pasca Putus

Mahasiswa Indonesia Ini Ceritakan Kisahnya Bertemu BJ Habibie di Jerman | Keepo.me

Mahasiswa Indonesia Ini Ceritakan Kisahnya Bertemu BJ Habibie di Jerman | Keepo.me

Jika Tidak Berubah, 7 Kebiasaan Jelek Ini Bakal Terus Ada sampai Tua Kelak

Jika Tidak Berubah, 7 Kebiasaan Jelek Ini Bakal Terus Ada sampai Tua Kelak

loading