7 Perubahan Sederhana yang Bikin Skripsimu Cepat Selesai

unsplash.com

Buat yang sudah memulai kuliah 3 tahun lalu, akhirnya kamu sampai pada level tugas terakhir untuk menyelesaikan misi terakhir di kampus. Skripsi. Untuk calon sarjana, mengerjakan skripsi ternyata butuh banyak usaha secara materi dan mental. Mengumpulkan niat untuk menulis paragraf pertama ternyata cukup sulit. Apalagi, kalau disambi dengan kerjaan ini dan itu. Wah, niat semakin hilang saja entah kemana.

Adakah solusi untuk menyelesaikan skripsi? Jawabannya ada pada dirimu sendiri. Seberapa kuat niatmu untuk segera menyelesaikan susunan skripsi tersebut. Buat yang mahasiswa tingkat akhir, tentu selalu menghadapi pertanyaan seperti, “Kapan lulus?” bakal bikin baper sekaligus jiper.

Tentu saja kamu tidak bisa seterusnya menghindari pertanyaan tersebut. Kamu harus berusaha untuk segera menyelesaikannya. Berikut ini akan kami bagikan tips agar skripsimu cepat selesai. Disimak ya!

1. Uninstall aplikasi yang bikin terlena dan malas

unsplash.com

Tips yang pertama dan harus dilakukan agar skripsi cepat selesai adalah meninggalkan hal-hal yang menyenangkan untuk sementara waktu. Entah itu game atau aplikasi baca komik online. Mereka tersebut memang menyenangkan, tapi semua itu hanya akan membuatmu terlena.

Aplikasi favoritmu bisa jadi salah satu penghambat skripsi tidak selesai. Mungkin kamu terlalu banyak menghabiskan waktu untuk meningkatkan level sebuah hero dibandingkan meningkatkan waktu untuk membaca litelatur agar skripsi bisa diselesaikan.

Jadi, cobalah untuk berpisah sementara alias uninstall aplikasi favoritmu untuk sementara waktu. Katanya mau cepat selesai, 'kan?

2. Atur pola tidur

unsplash.com

Kebanyakan bermain game membuat pola tidur ikut berantakan. Tanpa disadari, hampir setiap hari kita rata-rata mengalami anemia akibat kurang tidur. Penyebabnya selain karena memang ada faktor penyakit adalah pola tidur yang tidak sehat ini dipicu karena terlalu asik dengan gadget dan aplikasi game.

Pola tidur yang tidak teratur, membuat seseorang cenderung malas di sepanjang hari. Kalau sudah malas, jangankan membuka laptop untuk mengerjakan skripsi, membuka mata saja susah! Alasannya ngantuk.

3. Membaca karya ilmiah

unsplash.com

Karya ilmiah bisa diakses di mana dan kapan saja. Membaca karya ilmiah bermanfaat untuk menjadi tata letak dari melamun. Bagi waktu untuk baca literatur atau karya ilmiah bahkan sebelum kamu mengajukan judul skripsi.

Hal ini akan memperkaya bahasa serta pemandanganmu terhadap suatu isu yang terjadi di masyarakat sekitarmu. Apalagi jika materi memang berat, kamu perlu karya ilmiah dan seseorang yang mampu diajak diskusi mengenai tema skripsimu. Membaca karya ilmiah membantu sebagai guide dalam perjalanannya menyelesaikan skripsi.

4. Mengikuti diskusi kelompok
unsplash.com

Berdiskusi memang jadi hal yang menyenangkan. Selain mengobrol dengan teman, kamu juga perlu sesekali mendatangi pertemuan di forum akademik. Ini akan lebih baik ketimbang sendiri di kamar dan merenung, berharap skripsi cepat selesai meskipun tidak dikerjaan.

5. Mulailah menulis apa saja
unsplash.com

Kalimat pertama memang hal yang krusial. Untuk menulis awal pendahuluan saja mungkin sudah berat. Tapi, tulis apa saja yang terlintas dipikiranmu. Urusan tidak nyambung perkalimat bisa belakangan. Kalau kalian sudah memulai menulis satu paragraf, lanjutkan saja jangan hiraukan kalimat yang tidak nyambung. Jangan ditunda lagi. 

6. Minta bantuan teman

unsplash.com

Call a friend! Jangan malu untuk minta ide dan berdiskusi dengan teman terkait tema skripsi. Meskipun ada rasa sungkan, kalau benar-benar mentok dan dosen pembimbing menyerahkan urusan kebingungan itu kepada kita sendiri, maka jalan tercepatnya adalah mencar teman.

Bukan berarti karena minta bantuan, jadi kita malah nyusahin terus-terusan menodong literature! Teman pejuang skripsi lain pasti ingin segera selesai juga, jadi saling pengertian dan jangan bikin orang lain nggak enak hati karena kamu meminta bantuan diluar batas kemampuannya.

Tidak egois, terkadang ada masanya seseorang berubah karena tidak enak meminta bantuan teman. Daripada stress, ada baiknya buka obrolan saja sama teman sesama pejuang skripsi. Siapa tahu 'kan bisa bantu untuk sebar kuesioner?

7. Matikan internet dan fokus

unsplash.com

Ini sifatnya opsional karena saat ini internet merupakan hal terpenting kedua setelah bernapas. Cuma, kerasa banget kalau buka internet bikin kita lupa tadi mau mengerjakan apa. Daripada skripsi kalian terbengkalai, ada baiknya matikan internet dulu.

Perlakukan komputermu sebagaimana gebetan yang lagi dekat-dekatnya. Ajak ngobrol sambil buka buku teori, ketik beberapa kata berdasarkan teori tersebut. Pokoknya nggak apa-apa deh jadi anti sosial sementara, yang penting skripsi bisa segera diselesaikan.

Tips di atas akan sanget bermanfaat buat kamu yang sedang buntu menghadapi skripsi yang tak kunjung selesai. Tanggung jawab utama seorang mahasiswa adalah untuk membangun peradaban yang lebih baik di masa yang akan datang, tapi semua itu bisa berawal dari penyelesaian skripsi tepat waktu. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Viral Pernyataan ‘Papua Tanah Israel Kedua’ Kemendagri Panggil Sekda Hery! | Keepo.me

Viral Pernyataan ‘Papua Tanah Israel Kedua’ Kemendagri Panggil Sekda Hery! | Keepo.me

Tips untuk Pendaki Pemula yang Mau Memulai Perjalanan ke Puncak Gunung

Tips untuk Pendaki Pemula yang Mau Memulai Perjalanan ke Puncak Gunung

Gila! Penjajahan Gaya Baru! Amerika Serikat Berencana Membeli Greenland! | Keepo.me

Gila! Penjajahan Gaya Baru! Amerika Serikat Berencana Membeli Greenland! | Keepo.me

8 Persiapan yang Harus Dimatangkan Sebelum Traveling Sendirian

8 Persiapan yang Harus Dimatangkan Sebelum Traveling Sendirian

5 Goyangan yang Hebohkan Panggung Dangdut Tanah Air | Keepo.me

5 Goyangan yang Hebohkan Panggung Dangdut Tanah Air | Keepo.me

9 Situs Ini Punya Ribuan Resep Memasak yang Mudah dan Enak

9 Situs Ini Punya Ribuan Resep Memasak yang Mudah dan Enak

loading