7 Perempuan Tangguh yang Benar Ada di Dunia Nyata. Kamu Harus Jadi Sekuat Mereka

13 Juli 2018
|Mega Fitriyani
3SHARES
Sebelum ide soal emansipasi dicetuskan, perempuan hampir selalu jadi warga kelas dua. Perempuan dianggap sosok lemah yang hanya bisa bergantung dan mengandalkan lelaki. Padahal, di dunia ini, ada banyak perempuan tangguh yang mampu menjalani kerasnya hidup dengan begitu tegar. Merekalah sosok perempuan yang sepatutnya dijadikan acuan dalam menjalani kehidupan. Yuk, simak siapa saja orangnya.

1. Razan Zaitouneh

Razan Zaitouneh merupakan pengacara HAM di Suriah, dan seorang aktivis sosial. Dengan gigih ia memperjuangkan hak-hak orang-orang tertindas di negaranya. Sayang, perjuangannya berakhir ketika dia, suami dan dua orang teman kampusnya diculik dan tidak pernah terdengar kabarnya lagi hingga kini.

2. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey terkenal sebagai selebriti papas atas Hollywood yang merangkak dari bawah. Ketulusan hatinya dan kepeduliannya yang tinggi membuat banyak orang mengagumi kepribadiannya. Apalagi, Oprah diketahui berasal dari keluarga miskin dan bahkan pernah mengalami pelecehan seksual oleh kerabatnya sendiri pada saat kecil. Meski demikian, ia berhasil bangkit dari keterpurukan, dan bahkan memotivasi orang lain dengan kisah sedih yang dia alami.

3. Hellen keller

Hellen keller dilahirkan dengan fisik yang sempurna dan rupawan, namun indra pendengaran dan penglihatannya tak berfungsi sebagaimana seharusnya. Kekurangannya tidak membuatnya frustasi dan patah semangat. Tekun belajar bersama sang guru, ia berhasil membaca, menulis, dan menjadi tuna netra pertama yang memiliki gelar sarjana. Ia juga memperjuangkan isu kesejahteraan sosial di dalam masyarakat, seperti hak pilih untuk wanita dan hak asasi untuk orang dengan disabilitas. 

4. Rosa Parks

Rosa Parks merupakan orang kulit hitam yang tinggal di Alabama, Amerika Serikat dan dikenal sebagai "Ibu Pergerakan Hak Asasi Manusia Modern" dan "Ibu Perjuangan Kebebasan". Ia hidup pada saat diskriminasi terhadap orang kulit hitam sangat terasa. Salah satu kisahnya yang terkenal adalah pada 1 Desember 1955, ia menolak permintaan sopir bus untuk memberikan kursinya kepada orang kulit putih. 
5. Razan Al Najjar
Razan Al Najjar adalah seorang dokter Palestina yang baru berusia 20 tahun. Dalam kesehariannya, ia turut terjun ke medan perang untuk menyelamatkan rakyat Palestina yang jadi korban perang dengan Israel. Sayang, salah seorang tentara Israel menembak dadanya dan membuatnya gugur di dalam medan perang. Meski petugas medis dan wartawan dilindungi di dalam situasi perang, ternyata gadis muda berhati mulia ini harus kehilangan nyawanya saat menolong sesama.
6. Catherine The Great
Catherine The Great adalah perempuan yang menjabat sebagai pemimpin Rusia dalam jangka waktu paling lama, yakni 1762 sampai 1796, . Berbeda dari kabar yang beredar selama ini, Catherine The Great bukan berdarah Rusia. Ia adalah putri tertua dari pangeran Prussian yang dinikahkan dengan pewaris tahta kerajaan Rusia, Pangeran Peter. Setelah naik tahta dengan gelar Peter III dan Catherine menjadi permaisurinya. Namun, konflik di dalam kerajaan membuat rakyat menggulingkan Peter III dan Catherine naik tahta menjadi ratu dan lebih dikenal sebagai Catherine The Great. Kepemimpinannya membuat Rusia mengalami peningkatan yang signifikan; Rusia menjadi lebih luas dan kuat, dan bahkan menjadi salah satu negara yang diakui di Eropa. 

7. Ratu Seondeok

Ratu Seondeok adalah pemimpin salah satu kerajaan di Korea, Silla. Ia menjadi wanita pertama yang memimpin kerajaan Silla, dan menjadi perempuan kedua di Asia Timur yang menjadi pemimpin pada masa itu. Ia dikenal sebagai ratu yang pintar, baik hati, dan bijaksana. Kepemimpinannya diwarnai banyak percobaan pengkhianatan, konflik, dan serangan dari negara tetangga, Baekje and Goguryeo.
Dalam menghadapi serangan-serangan itu, dia berusaha meminta bantuan dinasti Tang, China, namun sang kaisar menolak karena Seondeok adalah perempuan. Peperangan demi peperangan membuat kesehatannya menurun, dan kabar bahwa Silla akan segera menemui kehancuran menghantuinya. Hingga akhir hayatnya, ia masih harus terus bergelut dengan konflik dan pengkhianatan meskipun Kaisar Tang akhirnya bersedia menerima kerjasama dengan Seondeok.
Sebagai catatan, foto di atas bukan Ratu Seondeok yang asli ya. Itu adalah aktris Korea, Lee Yo Won saat memerannkan Ratu Seondeok dalam drama korea yang berjudul The Great Queen Seondeok.
Nah, itu dia beberapa wanita tangguh yang hidup dari masa ke masa. Mereka mampu mengatasi permasalahan dan melampauinya, di mana mereka semakin berkembang setiap masalah berhasil terlewati. Masalah bukannya membuat mereka lemah namun mereka justru bisa bangkit dan menjadi lebih kuat dan tangguh daripada sebelumnya.  Nah, kalau kamu gimana?

Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
3SHARES