7 Perayaan Nggak Penting untuk Menjaga Tali Pertemanan Zaman Sekarang

pexels.com

Tipikal teman yang "suka nagih" pasti ada di dalam circle-mu. Adat pertemanan di tanah air ini terkadang bikin  nyesek sendiri. Ada momen bahagia dikit, langsung minta dirayakan. Padahal yang mendapatkan kebahagiaan ingin tak terlihat berlebihan.

Saat perayaan ini terjadi, tentu saja sebagai teman kamu perlu menyiapkan sesuatu. Misalnya saja memberi kado dan patungan untuk menyiapkan kejutan yang durasinya paling lama 2 jam saja. Pertemanan macam ini yang membuat kamu jadi sulit untuk mengontrol pengeluaran. Jika nggak ikut, bakal ada konsekuensi dikucilkan.

Buat yang sering merasakan hal ini, pasti khatam dengan perayaan yang sebenarnya nggak penting-penting amat berikut ini. Kalau belum ikutan, kamu belum gaul! Hehehe.

1. Traktiran ulang tahun jadi kebiasaan wajib

pexels.com

Dari zaman sekolah, tentu kita udah gak asing lagi sama adat menraktir teman saat ulang tahun. Adat tersebut akhirnya terbawa hingga dewasa dan semakin parah. Pada akhirnya, kamu tahu sulitnya cari uang sendiri. Kamu masih diminta untuk mengadakan perayaan yang harus kamu bayar sendiri tagihannya.

Tapi kamu sendiri sering ada di posisi dilematis. Kalau nggak traktir, nggak enak sendiri. Nanti bakal jadi omongan di belakang. Tapi kalau mau traktir, uang juga ngepas jumlahnya. Pelik, ya.

2. Traktiran menjelang resign dari tempat kerja

pexels.com

Ada budaya di beberapa kantor yang ada adat traktiran sebelum resign dari pekerjaan. Sebenarnya, nggak jelas apa alasan dan siapa yang mengawali adat traktiran di hari terakhir kerja ini. Apakah etis meminta dibayarin oleh orang yang mungkin saja besok bakal jadi pengangguran jika belum dapat kerjaan baru.

Budget yang dikeluarkan juga nggak sedikit. Biar menghindari kesenjangan, paling tidak semua karyawan harus kebagian. Saat ada di posisi ini, apa yang bakal kamu lakukan, guys?

3. Merayakan promosi jabatan dan naik gaji

pexels.com

Kalau adat traktiran ini juga jadi salah satu adat yang sering terjadi. Promosi jabatan memang jadi jadi hal yang dinanti oleh semua karyawan. Kalau bisa naik level di tempat kerjamu, pastinya terasa membanggakan.

Namun kenaikan jabatan dan gaji ini memiliki konsekuensi tersendiri. Tentu saja kabar baik ini perlu dirayakan oleh teman sekantormu. Katanya, ini adalah sebuah perayaan biar dipermudah dan betah di posisi yang baru. Setuju atau nggak nih?

4. Patungan buat acara bridal dan baby shower
pexels.com

Belakangan ini, bridal shower dan baby shower makin marak dirayakano leh kamu yang sudah menginjak usia 20-an. Di usia matang ini, banyak yang bakal melangkah ke proses selanjutnya dalam hidupnya. Seperti menikah dan melahirkan anak.

Beberapa dari kamu juga sudah nggak asing lagi saat harus mengeluarkan beberapa ratus ribu untuk patungan acara di atas. Bridal shower untuk pesta perpisahan teman yang akan menikah. Sedangkan baby shower untuk teman yang sebentar lagi akan melahirkan. Sebenarnya sah-sah saja jika mau menyelenggarakan acara ini. Perlu dipikirkan juga tentang faedah dari acara ini. Jangan cuma memikirkan kesan kekinian untuk diunggah di media sosial.

5. Ongkos jahit untuk seragam bridesmaid dan groommaids
pexels.com

Salah satu hal yang paling menyenangkan saat teman akan menikah adalah didapuk menjadi bridesmaid dan groomsmaid. Biasanya sang mempelai akan memberikan bahan untuk seragamnya. Setelah itu, kamu diminta untuk berkreasi dengan modelnya.

Pastinya sebagai sahabat yang baik, mau nggak mau kamu harus mengeluarkan kocek yang nggak sedikit untuk menjahit baju seragam seperti yang diinginkan. Walaupun ada saja yang nggak keberatan, tapi nggak sedikit yang keberatan tapi nggak enak kalau nggak pakai seragam yang sudah dikasih. 

6. Patungan untuk beli kado teman

pexels.com

Ulang tahun, pernikahan dan melahirkan pastinya butuh dana yang cukup besar untuk modalnya. Sebagai teman, kamu bakal berinisiatif untuk memberikan hadiah. Walaupun patungan dengan teman yang lain, kamu bakal menyisihkan sebagian dari uangmu untuk membeli hadiah dengan harga yang mahal. 

7. Titip makanan tapi nggak dibayar

pexels.com

Saat akan mampir ke convinience store, biasanya kamu akan bertanya jika temanmu bakal titip sesuatu. Ini jadi salah satu kesalahan yang bikin uang kamu habis. Pasalnya, banyak temanmu yang titip banyak barang, tapi ujung-ujungnya malah nggak dibayar.

Jika kamu mau beramal dengan cara ini, silakan dilanjutkan. Tapi jika nggak bisa menoleransi kebiasaan temanmu yang pura-pura lupa saat ditagih, ada baiknya nggak menawarkan untuk membelikan sesuatu.

Menjaga tali persahabatan agar tetap utuh mungkin juga butuh ongkos. Tapi ingat, jangan terlalu menghamburkan uang, apalagi di saat kamu juga sedang membutuhkan. Lebih baik bilang secara baik-baik, daripada kamu ngerasa nggak enak tapi mengorbankan jatah makanan harian.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Jangan Pernah Unggah Foto Tiket Pesawat di Media Sosial, Ini Akibatnya! | Keepo.me

Jangan Pernah Unggah Foto Tiket Pesawat di Media Sosial, Ini Akibatnya! | Keepo.me

7 Penghematan Cerdas Supaya Bisa Belanja Online Tanpa Tunggu Gajian

7 Penghematan Cerdas Supaya Bisa Belanja Online Tanpa Tunggu Gajian

Pilot Dilaporkan Penumpang Akibat Melecehkan Pramugari di Speaker | Keepo.me

Pilot Dilaporkan Penumpang Akibat Melecehkan Pramugari di Speaker | Keepo.me

7 Rahasia Supaya Bisa Jadi Manusia yang Tenang dan Woles

7 Rahasia Supaya Bisa Jadi Manusia yang Tenang dan Woles

Ampuh! Cara Mematikan Antivirus Avast Sementara dan Permanen di Windows | Keepo.me

Ampuh! Cara Mematikan Antivirus Avast Sementara dan Permanen di Windows | Keepo.me

7 Hacks Tepat untuk Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan

7 Hacks Tepat untuk Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan

loading