7 Peraturan Aneh Sekolah di Berbagai Belahan Dunia Ini Bikin Geleng-geleng Kepala

www.kompasiana.com

Peraturan sekolah di berbagai negara tentunya memiliki perbedaan. Walaupun pada intinya sama-sama sebagai wadah untuk mengenyam pendidikan, namun di setiap negara, setiap sekolah memiliki tata aturan masing-masing. Peraturan sekolah di Indonesia tentunya akan berbeda dengan peraturan sekolah di Korea Utara. Begitu pun dengan negara-negara lain. Semuanya tergantung dengan sistem pendidikan yang diterapkan di negara tersebut. Perbedaan pun bisa dari perihal akademis sampai dengan hal yang berkaitan dengan perilaku. 

Mungkin jika di Indonesia, peraturan sekolah yang diterapkan masih tergolong normal. Namun, berbeda dengan peraturan sekolah di beberapa negara ini. Yuk langsung aja kita lihat peraturan aneh dan nyeleneh sekolah di berbagai dunia yang bakal bikin kamu bersyukur sekolah di Indonesia.

1. Dilarang bergandengan tangan

www.lautanindonesia.com

Walaupun bukan merupakan larangan yang tertulis, di Indonesia bergantengan tangan di sekolah juga bukan sesuatu yang diperbolehkan. Namun justru untuk para siswa di bagian Tennesse, Amerika Serikat, berpegangan tangan merupakan sesuatu hal yang dilarang keras. Sedikit mengejutkan memang untuk seukuran negara bebas seperti Amerika melarang siswanya berpegangan tangan. Hal ini dilakukan pihak sekolah agar para siswa bisa terhindar dari aktivitas yang bisa mengarah ke aktivitas seksual.

2. Siswa yang ketahuan menyontek bisa masuk penjara

www.brilio.net

Menyontek memang menjadi salah satu hal kurang terpuji yang sering kita temui di sekolah. Semua sekolah tentunya melarang para siswanya untuk menyontek, baik dalam mengerjakan tugas maupun mengerjakan soal ujian. Hal yang paling umum dilakukan guru ketika mengetahui ada muridnya yang menyontek adalah mengurangi nilainya atau dengan memberi sanksi. Namun di Bangladesh, jangan berharap kamu bisa menyontek dengan seenaknya. Karena sekalinya ketahuan menyontek, hukuman penjara siap menanti. Hal ini dilakukan beberapa sekolah di Bangladesh untuk membuat murid jera.

3. Dilarang minum susu

www.varia.id

Sebagaimana yang kita ketahui, susu merupakan minuman yang sangat dianjurkan untuk para anak sekolah sebagai salah satu minuman yang menyehatkan. Namun, beberapa dokter dan sekelompok vegetarian di Amerika Serikat membuat larangan dan membuat petisi untuk menghapuskan susu dari daftar menu makan siang anak sekolah.

4. Larangan menggunakan sweater atau jaket
japanese-tradition.com

Di Indonesia, menggunakan sweater atau jaket ketika berangkat sekolah adalah sesuatu hal yang diperbolehkan. Namun beberapa sekolah di Jepang, para siswanya dilarang untuk menggunakan jaket atau sweater. Hal ini dianggap bisa merusak penampilan siswa ketika menggunakan seragam sekolah.

5. Dilarang menguap di dalam kelas
life.idntimes.com

Rasa ngantuk di dalam kelas memang kerap membuat kita sulit berkonsentrasi tentang apa yang sedang dijelaskan guru. Saat rasa ngantuk itu datang, menguap pun sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Namun, salah satu sekolah di Banet, London melarang siswanya menguap di dalam kelas. Jika ketahuan menguap sampai tiga kali, maka siswa tersebut akan dikeluarkan dari kelas.

6. Dilarang membawa bekal

gayahidup.republika.co.id

Banyaknya makanan yang kurang sehat di sekolah, membuat para orang tua siswa merasa was-was. Maka tak heran jika para orang tua murid sering membawakan anaknya bekal untuk makan di sekolah. Selain hemat, bekal buatan rumah juga lebih terjamin kesehatannya. Namun, salah satu sekolah di Amerika Serikat melarang para muridnya membawa bekal. Karena pihak sekolah tersebut menjamin kebersihan serta kesehatan dari makanan yang sudah disediakan di sekolah.

7. Tidak diperbolehkan memiliki sahabat di sekolah

daerah.sindonews.com

Mungkin ini adalah peraturan satu-satunya yang paling nyeleneh dan terdengar aneh. Seperti yang kita ketahui, sekolah adalah tempat yang selain untuk menimba ilmu, juga sebagai tempat mendapatkan teman atau sahabat. Namun, salah satu sekolah di Inggris justru melarang para siswanya untuk memiliki sahabat di sekolah. Menurut pihak sekolah, sahabat bisa menjadi musuh terbesar dalam hidup dan bisa membuat siswa lain iri dengan persahabatan yang terjalin.

Itulah beberapa peraturan sekolah di berbagai dunia yang terdengar aneh dan nyeleneh. Mungkin peraturan-peraturan tersebut terdengar aneh dan tidak biasa bagi kita yang bersekolah di Indonesia. Namun tentunya, sekolah-sekolah di atas memiliki alasan tersendiri kenapa melarang hal-hal tersebut dilakukan oleh para siswanya. Gimana, peraturan-peraturan unik di atas bisa bikin kamu lebih bersyukur kan bisa bersekolah di Indonesia?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
100%
Aneh
SHARES
Ampuh! Inilah 6 Cara Mengatasi Laptop Hang Biar Kamu Nggak Mudah Stres - Keepodotme

Ampuh! Inilah 6 Cara Mengatasi Laptop Hang Biar Kamu Nggak Mudah Stres - Keepodotme

Sering Alami Pelecehan Seksual, Hannah Al Rashid: Perempuan Harus Berani Stand Up dan Speak Up

Sering Alami Pelecehan Seksual, Hannah Al Rashid: Perempuan Harus Berani Stand Up dan Speak Up

Ide Unik! Supaya Tidak Kepanasan Di Prosesi Pernikahan, Pengantin Wanita Sembunyikan Kipas Angin di Balik Buket Bunga - Keepodotme

Ide Unik! Supaya Tidak Kepanasan Di Prosesi Pernikahan, Pengantin Wanita Sembunyikan Kipas Angin di Balik Buket Bunga - Keepodotme

Remaja Jangan Coba-coba Narkoba Kalau Nggak Mau Hidupnya Begini!

Remaja Jangan Coba-coba Narkoba Kalau Nggak Mau Hidupnya Begini!

11 Sinyal Bagi Para Milenial Untuk Resign Kerja Menurut Ahli - Keepodotme

11 Sinyal Bagi Para Milenial Untuk Resign Kerja Menurut Ahli - Keepodotme

6 Alasan Keliru yang Membuat Orang Ingin Segera Menikah

6 Alasan Keliru yang Membuat Orang Ingin Segera Menikah

loading