7 Penyakit Menyeramkan Ini Bisa Bikin Berasa Hidup di Film Horor!

06 Maret 2017
|Idham Nur Indrajaya
Life
0SHARES

Kalau penyakit seperti flu, demam, atau keseleo sih, mungkin udah jadi hal biasa yang hampir setiap orang bisa rasain, dan mungkin kamu nggak akan ngerasa serem dengan perspektif kamu sendiri ketika ngejalaninnya. Di bawah ini, kamu bisa baca beberapa penyakit yang memberi dampak cukup signifikan terhadap psikis manusia, dan bahkan bisa membuat hidup itu berasa kayak di film horor! Langsung aja yuk, kita kepoin penyakit apa aja!

1. Buta wajah

Bayangkan nih ya, kamu baru bangun tidur, tapi pas keluar kamar dan masuk ke ruang makan, orang yang lagi makan di sana tuh nggak kamu kenal. Terus kamu lari ke kamar mandi karena ketakutan, tapi di sana juga ada orang yang nggak kamu kenal. Kamu lari keluar cari pertolongan tetangga, mereka juga nggak ada yang kamu kenal. Semua orang terlihat seperti orang asing. Padahal, mereka adalah orang yang sudah kamu kenal sebelumnya, seperti keluarga, tetangga, dan yang lainnya.

Gejala yang dalam istilah ilmiahnya dinamai prosopagnosia ini adalah gejala yang menyebabkan manusia menjadi buta terhadap wajah orang lain. Bukan berarti semuanya terlihat seperti hantu-hantu muka rata, tapi kurang-lebih penderita gejala ini nggak bisa lagi mengenali orang dari mukanya. Meskipun begitu, contoh di atas adalah contoh paling ekstrem dari penderita gejala ini. Biasanya, penderita masih bisa mengenali orang-orang yang terdekat dengannya, seperti keluarga. Untuk mengenali orang yang tidak begitu dekat, mereka baru bisa mengenali orang itu setelah memulai obrolan.

2. Déjà vu konstan

Pernah nonton film horor Triangle (2009)? Dalam film ini, dikisahkan tentang seorang wanita yang terjebak dalam perputaran waktu yang sama, yang dikenal dengan istilah time loop dalam padanan bahasa Inggris, dan dalam kehidupan sehari-hari, orang biasa pun seringkali mengalami perasaan terjebak dalam waktu yang berulang, yang dikenal dengan istilah déjà vu. Seorang mahasiswa berumur 23 tahun pernah mengalami déjà vu seperti ini, hanya saja dalam waktu yang berlangsung secara konstan, alias terus-menerus terjadi.

Bahkan, saat ini dia sudah berhenti mengonsumsi hiburan seperti televisi atau musik karena dia merasa kalau semua itu sudah pernah terjadi dan terasa berulang-ulang. Penyakit yang aneh ya. Dalam keadaan seperti itu, dia sudah tidak lagi mengenal yang mana perubahan, dan mana yang dalam keadaan tetap.

3. Sindrom Alice in Wonderland

Sindrom ini sudah pernah dijelaskan dalam artikel yang membahas gejala-gejala psikologis yang dinamai berdasarkan nama tokoh dalam cerita fiksi. Kalau membayangkan diri kita jadi Alice yang terjebak di Wonderland, mungkin bayangan itu sekilas terasa indah. Namun, dalam dunia nyata, sindrom Alice in Wonderland ini membuat orang menjadi benar-benar tidak bisa lagi memandang dunia secara normal, atau dengan kata lain, penderita sindrom ini mengalami gejala kegilaan pada dirinya. Wonderland dalam dunia nyata ini, tidak terasa seperti dunia yang indah dan penuh warna seperti halnya dalam cerita fiksi, melainkan lebih menyerupai film horor. Semua yang terlihat oleh penderita ini selalu terasa aneh, obyek-obyek di sekeliling terlihat membesar dan mengecil, muka orang berubah-ubah bentuknya menjadi mahkluk asing, dan sebagainya.

Gejala ini berkaitan dengan kelainan pada bagian otak yang berfungsi untuk mempersepsi ukuran, jumlah, atau warna dari obyek yang tertangkap oleh mata. Buat yang udah baca atau nonton ceritanya, tau kan kalau di Wonderland tuh ada minuman khusus yang bisa membesarkan atau mengecilkan peminumnya?

4. Delusi Capgras

Ada yang udah pernah nonton Body Snatchers (1993)? Dalam film yang diangkat dari novel karya Jack Finney itu, diceritakan bahwa beberapa manusia telah digantikan oleh semacam doppelganger, kembaran imitasi dari manusia yang ditiru tersebut. Delusi Capgras, memungkinkan penderitanya untuk memercayai bahwa semua orang di sekelilingnya itu bukanlah orang aslinya, melainkan sudah digantikan oleh kembaran yang merupakan sisi jahat dari orang asli tersebut. Semua orang terlihat sama secara penampilan, namun bagi penderita delusi ini, terasa ada sesuatu yang asing dengan orang yang dia kenal. Kurang lebih penyakit ini memiliki kemiripan pola dengan buta wajah, hanya saja dalam kasus delusi Capgras ini, muka masih bisa dikenali, tapi kepribadian orang lain terasa asing dan bukan seperti yang penderita kenal sebelumnya.

5. Sindrom tangan alien

Buat yang udah pernah nonton film Idle Hands (1999), pasti udah lihat salah satu contoh dari orang yang nggak bisa mengendalikan perbuatan tangannya sendiri. Hal itu ternyata bukan cuma ada dalam film, melainkan benar-benar ada di dunia nyata. Hanya saja, jika dalam film Idle Hands penyebabnya adalah iblis yang merasuki tangan si tokoh utama, dalam dunia nyatanya, gejala ini disebabkan oleh gangguan pada saraf otak. Dalam beberapa kasus, gejala ini menyebabkan orang bisa tiba-tiba memukul wajahnya sendiri, atau bahkan bisa menelanjangi dirinya sendiri tanpa ada keinginan dari penderita gejala ini.

6. Delusi Cotard

Delusi yang satu ini, membuat penderitanya seakan-akan hidup dalam serial Walking Dead. Hanya saja, penderitanya bukan sebagai manusia hidup yang berusaha bertahan dari lingkungan yang penuh dengan mayat hidup, melainkan menjadi mayat hidup itu sendiri! Kelainan saraf pada otak yang cukup langka ini menyebabkan orang selalu merasa bahwa dirinya telah meninggal dunia, meskipun orang-orang di sekitarnya selalu mengingatkan bahwa dirinya masih hidup. Di tahun 1990, tepatnya di Skotlandia, seorang lelaki pernah mengalami kecelakaan yang menyebabkan cedera pada kepalanya. Setelah kecelakaan itu dia selalu merasa bahwa dirinya sudah berada di alam orang mati. Bahkan, saat ibunya mengajak dirinya berjalan-jalan ke Afrika Selatan setelah proses penyembuhan, dirinya merasa sedang berada di neraka, dan dirinya sedang meminjam arwah ibunya yang tengah tidur di Skotlandia untuk mengantarnya ke neraka.

7. Sleep Paralysis

Kalau yang ini, udah jadi gejala yang pernah dirasain banyak orang. Gejala yang dikenal dengan istilah “eureup-eureup” di tanah Sunda ini, seringkali dikaitkan dengan mitos “ditimpa setan”, yaitu ketika kita terbangun dari tidur, hanya saja kita merasa tidak bisa bergerak meskipun mata sudah terbuka. Anehnya, dalam keadaan itu, kita terkadang tidak bisa membedakan apakah itu adalah mimpi atau bukan, dan kita tidak bisa menjerit atau menggerakkan mulut kita sama sekali sampai akhirnya terbangun. Hal ini bisa terjadi jika kita tidur dalam keadaan badan yang masih tegang, tapi pikiran sudah kelelahan. Saat terbangun dalam keadaan sleep paralysis, kesadaran kita sudah terbangun tapi tubuh kita mengalami kelambatan dalam merespon bangunnya kesadaran itu. Jika kita meresponnya dalam keadaan panik, kita bisa melihat keberadaan yang sebenarnya hanya halusinasi yang dipicu oleh kepanikan kita.

Nah, itu dia gejala-gejala penyakit yang bisa membuat manusia berasa berada di lingkungan yang menyeramkan. Mudah-mudahan aja kita selalu diberi kesempatan dan jauh dari macam penyakit ya. Menurut kamu, yang mana yang paling serem?  


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES