7 Penghematan Cerdas Supaya Bisa Belanja Online Tanpa Tunggu Gajian

pixabay.com

Belanja sudah menjadi kebutuhan semua orang. Kalau dulu belanja identik dengan wanita, hari ini pria juga suka belanja, lho. Berbagai e-commerce penuh dengan iklan dan diskon yang membuat mata berbinar. Apalagi barang incaran masuk deretan diskon. Langsung deh kalap beli segala macam saat flashsale.

Kalau sudah begitu, uang bulanan jadi ludes sebelum waktunya. Tapi kalau mau belanja di pertengahan bulan, nggak mustahil juga, kok. Asal kamu bisa mengatur dengan baik, uangmu bakal ada terus.

Supaya bisa foya-foya tanpa perlu khawatir tanggal tua, ikuti saja trik penghematan ini. Finansialmu bakal tetap stabil dan nggak minus di saat yang nggak terduga.

1. Tabung dulu sebagian uang setelah gajian

unsplash.com

Ketika gajian, biasanya kita langsung membagi uang ke dalam tiga prioritas. Pertama untuk kebutuhan sehari-hari, kedua transportasi dan yang terakhir untuk kebutuhan sekunder dan tersier.

Sebelum memakai untuk kebutuhan yang ketiga, ada baiknya di tabung untuk jaga-jaga kebutuhan yang mendadak. Setidaknya harus ada 10% dari uang gajian disimpan untuk ditabung. Penuhin kebutuhan bulanan dan transportasi secukupnya, baru deh sisa uang itu dijadikan budget berbelanja.

2. Cek toko online paling murah

unsplash.com

Beda toko, beda pula harganya. Kalian perlu menentukan akan belanja di e-commerce mana, karena harga yang ditawarkan setiap lapak bakal berbeda.

Meskipun agak membuang waktu untuk menjelajah beberapa e-commerce demi barang keinginan, hal ini berguna untuk menghemat budget. Siapa tahu bisa beli barang yang lain karena harganya miring. Tapi tetap ingat tujuan utama, ya. Jangan sampai lupa membeli barang yang utama dan malah beli barang yang tidak begitu perlu.

3. Update harga dari newsletter

pixabay.com

Newsletter memang bagian marketing dari ­e-commerce yang menyebarkan promo terkini via e-mail. Ketika membuka suatu web belanja, biasanya mereka menawarkanmu untuk memasukkan e-mail agar dikirimi pemberitahuan seputar produk mereka.

Hal ini juga untuk memastikan bahwa kamu tidak kelewatan promosi yang ditawarkan tersebut. Newsletter berisi beragam diskon yang sedang berjalan atau bahkan promosi yang ditawarkan spesial untuk kamu. Meskipun kalau terlalu sering bisa terasa seperti spam, ada manfaatnya kalau kamu setuju dikirimi newsletter. Biasanya akan ada diskon 15%. Lumayan 'kan jadi dapet diskon!

4. Pakai voucher
unsplash.com

Selain diskon yang disebarkan di newsletterjangan ragu untuk membuka laman diskon untuk mendapatkan potongan tambahan dari kode voucher. Harganya jadi berkurang lebih banyak, anggaranmu untuk belanja bisa lebih hemat!

Biasanya, kode voucher ini dimasukkan di kolom tertentu sebelum kamu checkout dan membayar total belanjaan. Kalau begini, belanja di tengah dan akhir bulan juga nggak masalah.

5. Memanfaatkan promo gratis ongkir
unsplash.com

Salah satu hal yang bikin belanja online terasa mahal adalah membayar ongkos kirim. Sekarang ini, masih ada beberapa e-commerce yang memberikan subsidi ongkir ketika belanja. Dengan belanja minimal berapa puluh ribu, belanjaannmu nggak bakal terasa mahal lagi!

6. Promo event

unsplash.com

Namanya juga berhemat, apapun promonya harus dijabanin. Termasuk promo event. Kalian yang sudah biasa belanja online, sudah pasti hafal dan tidak asing dengan kata sale. Diskon musiman alias seasonal sale adalah salah satu promo event yang bakal ditunggu banget kehadirannya. Untung banyak buat menghemat budget belanja.

Mulai sekarang, kamu perlu persiapan untuk berbelanja di Woman’s Day, Men Sale 88 dan berbagai promo event lain yang membuat barang incaranmu turun harga. Menarik, bukan?

7. Cari rekomendasi dari teman

pixabay.com

Supaya penghematanmu makin mantap, call your friends! Biasanya yang doyan belanja punya rekomendasi  toko online langganan yang jual barang lebih murah daripada yang lain. Kamu perlu list toko yang sesuai dengan kebutuhanmu saat ini.

List ini adalah strategi penghematan agar kamu nggak khilaf beli di semua toko online karena barangnya lucu tapi tidak melihat review dari pembeli. Pastikan penjualnya yang sudah terpercaya. Kalau teman kamu sudah sering beli dan tidak mengecewakan, berarti tokonya cukup bisa dijadikan rekomendasi tempat belanja.

Belanja online semakin dimudahkan dengan metode pembayaran yang simpel. Dengan sekali klik, semua keinginan dapat terwujud. Tapi kalau sampai klik itu bikin bangkrut dan nggak bisa makan selama sebulan, yang ada malah pusing! Makanya, hematlah ketika berbelanja.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Download Foto di Instagram Paling Lengkap dan Anti Rempong | Keepo.me

Cara Download Foto di Instagram Paling Lengkap dan Anti Rempong | Keepo.me

7 Rahasia Supaya Bisa Jadi Manusia yang Tenang dan Woles

7 Rahasia Supaya Bisa Jadi Manusia yang Tenang dan Woles

Hijau dan Segar, Ini 16 Manfaat Selada untuk Bantu Perbaiki Kualitas Hidupmu | Keepo.me

Hijau dan Segar, Ini 16 Manfaat Selada untuk Bantu Perbaiki Kualitas Hidupmu | Keepo.me

7 Hacks Tepat untuk Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan

7 Hacks Tepat untuk Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan

Warganet Singapura Dihebohkan Sama Kemunculan Mobil Misterius, Milik Sang Penjelajah Waktu? | Keepo.me

Warganet Singapura Dihebohkan Sama Kemunculan Mobil Misterius, Milik Sang Penjelajah Waktu? | Keepo.me

Panduan Jitu yang Mempermudah Generasi Z untuk Cepat Dapat Kerjaan

Panduan Jitu yang Mempermudah Generasi Z untuk Cepat Dapat Kerjaan

loading