7 Pelajaran Berharga yang Dipetik dari Keseharian Seorang Ibu

unsplash.com

Kita tidak akan bisa benar-benar tahu apa saja pengorbanan yang dilakukan seorang ibu untuk buah hatinya. Sesungguhnya, kasih itu memang sepanjang masa dan tak pernah memandang. Menjadi ibu adalah sebuah anugerah terindah. Tak ayal, banyak pelajaran yang dapat kita petik dari perjalanan hidup seorang ibu.

Bukan hanya tentang bagaimana menjalankan roda kehidupan dalam rumah tangga, mengasuh anak, merawat suami, seorang ibu akan mengajarkan kita lebih dalam tentang arti dari cinta dan pengorbanan.

Lalu, pelajaran apa lagi yang bisa kita petik dari perjalanan hidup seorang ibu? Yuk simak berikut ini!

1. Kamu akan mengenal arti kata “super” yang sesungguhnya

pexels.com

Dari seorang ibu, kamu akan mengenal arti kata “super” yang sesungguhnya. Seorang ibu tidak hanya dituntut untuk melakukan seluruh pekerjaan pokok rumah. Ibu juga harus menjaga, merawat, dan menjadi guru bagi anak-anaknya.

Seorang ibu juga harus menjadi akunting profesional untuk mengatur keuangan rumah tangga. Beliau juga harus melayani suaminya dengan baik. Sosok ibu tidak akan terlepas dari bayang-bayang kerja keras tanpa batas. Saat ini, makin banyak ibu yang bekerja untuk membantu keuangan keluarganya.

2. Belajar arti cinta sejati yang sesungguhnya

pexels.com

Kasih anak sepanjang jalan, kasih ibu sepanjang masa. Pepatah tersebut dirasa benar nyatanya. Seorang bunda tidak hanya berjuang dan mengasihi keluarganya sehari dua hari, namun seumur hidupnya. Seorang ibu akan mendedikasikan jiwa dan raganya untuk anak dan suaminya.

Ibu mencintai keluarganya lebih dari dirinya sendiri, maka jangan pernah meragukan cinta sejati dalam diri seorang ibu. Tidak akan ada orang yang mencintai kita lebih dari ibu.

3. Belajar untuk mencintai dirimu sendiri

pexels.com

Dengan kasih sayang ibu, kita diajarkan untuk mencintai diri sendiri. Ibu mengajarkan kita untuk menjaga dan melindungi diri kita dari berbagai ancaman yang ada. Kasih sayang seorang ibulah yang akhirnya membuat perlahan belajar untuk mencintai diri sendiri. Ketika kita bisa mencintai diri sendiri, maka otomatis kita akan menjauh dari hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

4. Pelajaran tentang kesabaran dan keteguhan
pexels.com

Dari seorang ibu, kamu mendapat pelajaran tentang kesabaran dan keteguhan dalam menjalani kehidupan. Ibu berjuang setiap hari tanpa mengeluh. Ibu merawat keluarganya dengan penuh keteguhan dan kasih sayang tanpa mengharapkan balas jasa.

Seorang ibu juga harus mengandung, melahirkan, menyusui, merawat, membesarkan, hingga mendidik anak-anaknya dengan penuh kesabaran dan keteguhan hati. Hal tersebut adalah pelajaran berharga yang dapat kamu ambil dari seorang ibu.

5. Menciptakan kebahagiaanmu sendiri
pexels.com

Dari seorang ibu pula, kamu belajar cara untuk menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Apa yang ibu selalu tunjukan kepada anak-anaknya adalah rasa syukur dan bahagia. Tidak peduli betapa berat ujian hidup yang  beliau lalui.

Seorang ibu akan selalu berusaha tersenyum untukmu. Kamu akan belajar tentang rasa syukur dan menciptakan kebahagiaanmu sendiri lewat rasa syukurmu.

6. Tidak meratap masa lalu

pexels.com

Pelajaran berharga yang dapat kamu ambil dari seorang ibu salah satunya adalah, tidak pernah meratapi masa lalu yang telah selesai, sepahit apapun itu. Baginya, kamu adalah masa depannya dan tidak ada yang harus diratapi dari masa lalu. Masa depanmu jauh lebih penting. Kamu adalah prioritas utama seumur hidupnya. Seorang ibu akan selalu bersyukur bahwa kamu ditakdirkan menjadi bagian dari hidupnya.

7. Mengerti perjuangan seorang ibu yang sesungguhnya

pexels.com

Melalui ibu, kamu akan belajar dunia lebih luas lagi. Kamu akan melihat hal yang indah dan mengerti cinta lebih dalam lagi. Melalui seorang ibu, kamu bisa melihat figur seorang pahlawan melalui matanya dan mengerti tentang apa arti perjuangan setengah mati di hadapanmu.

Sosok ibumu tidak akan pernah bisa kamu temukan dan kamu bandingkan dengan sosok manapun. Tidak ada perjuangan yang lebih baik dari perjuangan seorang ibu terhadap keluarganya.

Tidak ada ibu yang tidak baik. Semua ibu tentu pernah dan akan selalu berjuang untuk anak dan keluarganya. Seorang ibu adalah dunia bagi anak-anaknya, tidak hanya melindungi. Namun ibu juga akan mengajarkan berjuta pelajaran hidup.

Tentu kamu akan mengerti suatu saat nanti ketika menjadi seorang ibu. Maka dari itu, jangan sia-siakan waktu bersama kedua orangtuamu, sayangi dan hormati mereka. Rawat ketika mereka memasuki usia senjanya nanti.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Film Keluarga Terbaik yang Cocok Ditonton Saat Lebaran | Keepo.me

7 Film Keluarga Terbaik yang Cocok Ditonton Saat Lebaran | Keepo.me

Problema Saudara Cewek! Hanya Karena Parfum, Adik Kakak Ini Hampir Berantem Saat Puasa

Problema Saudara Cewek! Hanya Karena Parfum, Adik Kakak Ini Hampir Berantem Saat Puasa

7 Film Jadul Terbaik Tentang Pembunuhan. Klasik tapi Tegang! | Keepo.me

7 Film Jadul Terbaik Tentang Pembunuhan. Klasik tapi Tegang! | Keepo.me

Referensi Interior Kamar Kos yang Nyaman Sekaligus Kekinian

Referensi Interior Kamar Kos yang Nyaman Sekaligus Kekinian

8 Tips Traveling Praktis Tanpa Bagasi, Biar Mudik Nggak Repot Sendiri | Keepo.me

8 Tips Traveling Praktis Tanpa Bagasi, Biar Mudik Nggak Repot Sendiri | Keepo.me

7 Faktor Utama Penyebab Remaja Rentan Terlibat Kasus Bullying

7 Faktor Utama Penyebab Remaja Rentan Terlibat Kasus Bullying

loading