7 Pelajaran Berharga ketika Kamu Sudah Mulai Bekerja dan Membuatmu Berpikir, "Inilah Hidup!"

28 April 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Bekerja menjadi salah satu cara untuk kita bisa bertahan hidup. Karena inilah kamu bisa memenuhi kebutuhan hidupmu. Setiap hari atau minggu kita juga selalu membangun rutinitas untuk mencari pundi-pundi rupiah. Memang, hal ini bisa cukup menyebalkan dan pasti merasakan lelah atau jenuh. Namun dari sini, kamu bisa belajar banyak hal. Nah ini bebeberapa pelajaran hidup yang akan kamu dapatkan setelah bekerja.

1. Kamu menjadi lebih menghargai setiap rupiah yang kamu hasilkan

Ketika kamu sudah bekerja, kamu akan menghargai banyak hal. Termasuk, kamu menjadi ‘sayang’ banget sama setiap uang yang kamu hasilkan. Kamu jadi sadar bahwa untuk mendapatkan itu tidak mudah.

2. Kamu menjadi lebih memahami keadaan orangtua kamu

Kamu akan tahu seperti apa kondisi orangtuamu yang sebenarnya. Terlebih ketika mereka sedang memasuki masa sulit. Kamu jadi ada keinginan untuk membantu dan nggak ingin ‘meminta’ ke mereka lagi.

3. Kamu menjadi sadar bagaimana jerih payah orangtuamu dulu

Kamu bekerja pasti mengalami pasang surut. Apalagi kamu dikejar dengan berbagai kebutuhkan. Ketika kamu mengalami hal ini, kamu jadi membayangkan bagaimana orangtuamu dulu ketika mencari uang. Dan karena ini pula, kamu menjadi sadar jerih payahnya dan semakin mencintai mereka.

4. Ternyata mengerjakan sesuatu itu tidak mudah

Ketika kamu ingin mengejar apa yang kamu inginkan, kamu pasti akan merasakan kalau itu tidaklah mudah. Bahkan, kamu harus mengorbankan berbagai hal untuk mewujudkan hal tersebut.

5. Kamu menjadi tahu ternyata bertahan atau menjalani hidup itu nggak gampang

Ketika kamu tidak memiliki management keuangan yang baik, maka semua uangmu bisa berantakan. Itulah kenapa kamu harus pintar-pintar mengaturnya. Kamu juga lebih tahu mana yang prioritas dan tidak di kebutuhanmu. Sehingga kamu terhindar dari membuang-buang uang.

6. Kamu tak lagi menyepelekan soal menabung

Ketika kamu belum bekerja atau awal bekerja, mungkin menabung itu masih semu. Kamu belum sadar apa sebenarnya pentingnya hal tersebut. Namun semakin kamu dewasa, kamu jadi tahu bahwa bekerja harus menyisihkan gaji untuk ditabung. Kamu nggak bisa lagi dengan bebas menggunakan uangmu, karena kamu harus memikirkan bagaimana hidup ke depan.

7. Kamu menjadi tahu bagaimana hidup sederhana

Di suatu titik tertentu, kamu menjadi tahu bahwa kamu nggak bisa memaksakan keadaan. Kemudian kamu mulai hidup sederhana, belajar untuk berhemat. Ini memang nggak mudah. Tapi semakin lama kamu menjadi sadar bahwa ini bisa membuat kamu hidup lebih bahagia ke depannya.

Itulah tadi pelajaran hidup yang akan kamu dapatkan ketika sudah bekerja. Kamu menjadi belajar banyak hal yang mungkin belum pernah kamu bayangkan sebelum. Mungkin kamu juga akan mengalami naik turun dalam hidup. Tapi inilah cara semesta bekerja yang membuatmu berkata, “Inilah hidup!”


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES