7 Pekerjaan Part Time Buat SMA dan Mahasiswa. Bisa Nambah Uang Jajan Sejutaan!

waspada.co.id

Kids zaman now identik dengan stereotip main-main doang dan nggak bisa serius. Padahal nggak gitu juga lho. Karena akses terhadap berbagai fasilitas semakin mudah, anak-anak zaman sekarang bisa mengikuti beberapa kegiatan sekaligus di luar sekolah. Selain kegiatan yang bersifat sukarelawan dan organisasi, kamu yang mengaku kids zaman now bisa juga lho mengisi waktu luang dengan bekerja part time atau paruh waktu.

Ada banyak pekerjaan paruh waktu yang menguntungkan buat anak SMA dan mahasiswa. Dari segi finansial, kamu bisa jajan tanpa minta sama orang tua. Selain itu, pengalaman yang didapatkan selama bekerja paruh waktu akan sangat berguna ketika nantinya melamar bekerja di suatu perusahaan atau instansi setelah lulus. Tapi selagi masih menempuh pendidikan, ini nih rekomendasi pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu tekuni:

1. Suka ngopi atau bereksperimen dengan makanan dan minuman? Jadi barista atau chef part time aja!

www.housing-estate.com

Bermunculannya kedai kopi dan menularnya gaya hidup ngopi di luar rumah sekarang jadi lahan bagus buat para pengusaha di bidang ini. Kalau kamu memang suka ngopi, kenapa nggak sekalian belajar sambil nambah uang jajan? Biasanya kedai-kedai kopi membuka kesempatan untuk anak SMA dan kuliahan untuk bekerja dengan sistem paruh waktu antara 4-6 jam per hari selama 3-5 hari seminggu, tergantung kebijakan masing-masing. Lumayan, per shiftnya kamu bisa dibayar antara 20-50 ribu. Atau kalau kamu suka masak, bisa juga jadi chef part time. Dapet ilmunya, dapet duitnya. Asyik!

2. Ikutan tim event organizer

twitter.com

Kalau kamu tinggal di kota yang penuh festival seperti Bandung, Jogja, Makassar, dan lain-lain, pasti hampir tiap hari ada gigs yang digelar di sudut kota. Gigs yang sekeren itu yang biasanya kamu tonton sama gebetan itu, yang ada di belakang panggung semuanya anak muda lho. Yang seumuran kamu juga banyak. Kamu bisa mulai cari info sama mas mbak backstage, minta diajakin di next gig. Asiknya, kamu bakal update kalau ada konser atau festival di kotamu, plus nambah banyak teman dan kamu akan jadi salah satu ‘kru backstage’. Gokil nggak tuh? Biasanya sih bayarannya per project, misal 3 hari dapet 250 ribu gitu, tergantung juga tugasmu ngapain. 

3. Jadi kontributor di media online

Sumber Gambar

Kalau kamu amati, ada banyak sekali situs yang berdiri hanya dengan mengandalkan tulisan dari kontributor. Cocok banget nih buat kamu yang hobi nulis. Percuma dong kalau kamu banyak menulis tapi nggak ada yang membaca? Mending dikirimkan saja ke website yang sesuai dengan gaya dan bidang penulisanmu. Lumayan sih per tulisan yang dimuat kamu bisa mendapatkan 100ribu-250 ribu rupiah. Kalau per minggu ada dua saja tulisanmu yang terbit, bisa dihitung tuh sebulan dapet berapa.

4. Freelance desain grafis
www.goodnewsfromindonesia.id

Kemampuan kreatif dalam hal mendesain sekarang banyak banget dicari. Kamu bisa bekerja paruh waktu atau buka jasa desain aja untuk merchandise atau bahkan konten iklan produk tertentu. Bisa pasang tarif sendiri juga menyesuaikan kerumitan desain. Siap-siap banyak revisi aja sih.

5. Fotografer part time
twitter.com

Tahu kan kalau sekarang semua momen patut untuk diselebrasikan? Dari wisuda, ulang tahun, semuanya ada foto yang harus diunggah ke Instagram. Makanya jasa fotografer sangat dibutuhkan. Kalau kamu suka motret dan punya kamera, bisa tuh ikutan gabung sama jasa fotografer wisuda dan nikahan outdoor. Jadi kamu akan sibuk pas musim wisuda dan pernikahan. Tapi lumayan duitnya mencapai ratusan ribu per sesi foto selama kira-kira 2 jam.

6. Tutor pelajaran

pixabay.com

Kalau kamu suka anak-anak dan yakin bisa mengajar, coba deh jadi tutor paruh waktu dengan mendaftar di bimbel setempat. Biasanya untuk satu pertemuan kamu akan mendapatkan bayaran antara 20-50 ribu tergantung subjek dan tingkat yang kamu ajar. Semakin tinggi tingkatnya, misal SMP atau SMA, kamu bakal mendapatkan bayaran yang lebih besar. 

7. Penyiar radio

www.youtube.com

Hobi casciscus dan sering dibilang ceriwis sama teman-teman? Bagus dong, kamu cocok jadi penyiar radio. Radio anak muda juga membutuhkan anak muda buat mengisi segmen-segmen yang kekinian abis. Coba deh tanya ke radio lokal di sekitar tempat tinggalmu siapa tahu ada posisi announcer yang kosong. Atau kamu bisa juga mulai menjajal dunia penyiaran dengan ikutan event PARD#5 (Public Announcer Radio’s Day) yang diselenggarakan oleh MMTC Radio Yogyakarta.

Acara yang akan dilaksanakan pada 10-11 November di Auditorium Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) MMTC ini terdiri dari Donor Darah, Food Festival, Lomba Penyiar Radio amatir dan Seminar Nasioanal dengan pembicara Desta Mahendra, announcer dari Prambors FM. Cocok banget kan buat kamu yang ingin memperdalam kemampuan broadcasting khususnya dalam penyiaran radio? Nah buat kamu yang tertarik, bisa langsung daftar dengan klik link yang ada di bio Instagram @mmtcradiojogja. Tunggu apalagi?

yukepo.com

Itu dia tujuh pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu lakukan di tengah waktu senggang sekolah dan kuliah. Daripada cuma main-main nggak jelas, kenapa nggak bermain sambil belajar sekaligus nambah uang saku?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Hidupmu Terasa Hampa dan Nirfaedah? Coba Deh Amalkan 7 Wejangan Jawa Ini!

Hidupmu Terasa Hampa dan Nirfaedah? Coba Deh Amalkan 7 Wejangan Jawa Ini!

Belajar Dari Lulu Lutfi Labibi, Desainer yang Konsisten Bawa Lurik Ke Mancanegara

Belajar Dari Lulu Lutfi Labibi, Desainer yang Konsisten Bawa Lurik Ke Mancanegara

Fresh Graduate dan Ingin Punya Gaji Lebih Dari 4 Juta? Kerja di Sini Aja!

Fresh Graduate dan Ingin Punya Gaji Lebih Dari 4 Juta? Kerja di Sini Aja!

Cewek Introvert Itu Istimewa, Hal-hal Ini yang Bikin Kamu Betah Berteman Dengannya

Cewek Introvert Itu Istimewa, Hal-hal Ini yang Bikin Kamu Betah Berteman Dengannya

Suka Baca Buku? Kumpulan Ilustrasi Ini Pasti Mewakili Perasaanmu Deh!

Suka Baca Buku? Kumpulan Ilustrasi Ini Pasti Mewakili Perasaanmu Deh!

Antara Sayang dan Cinta, Mana yang Sedang Kamu Rasakan? Ini Perbedaan Keduanya!

Antara Sayang dan Cinta, Mana yang Sedang Kamu Rasakan? Ini Perbedaan Keduanya!

loading