7 Pekerjaan Dalam Penjara Ini Jauh Dari Kata Kejam Justru Bisa Dicontoh!

01 Februari 2017
|Ani Nur Cholifah
Life
0SHARES

Penjara gak selamanya jadi kehidupan kelam para pelaku kriminal. Di sana juga bukannya tempat di mana para napi bisa santai tanpa ada kerjaan. Kalau kayak gitu banyak orang malas yang lebih memilih hidup di penjara daripada harus jadi tunawisma. Meskipun tidur tidak ada alas setidaknya mereka punya tempat tinggal. Sekarang banyak penjara dari beberapa negara yang melegalkan pekerjaan untuk bekal para napinya nih. Jadi, napi bukan sekedar santai guys. Tapi kamu jangan coba buat ngelamar pekerjaan di sini ya. YuKepo cuma mau berbagi info buat nambahin wawasan kamu. Kalau penjara yang kasih pekerjaan ke napinya ini justru punya pengaruh yang positif untuk para napinya. Ya udah yuk daripada penasaran kelamaan, langsung aja simak bareng.

1. Juru masak

Para napi khususnya di Amerika, mereka di-training cara memasak. Asik ya daripada harus ngerasain tembok penjara terus. Juru masak ini yang biasanya juga masak buat para napi dipenjara. Kegiatan ini juga dapat imbalan gaji loh apalagi buat para napi yang udah punya keahlian masak. Lumayan guys kalau nanti keluar dari penjara bisa buka usaha kuliner jangan jadi penjahat lagi.

2. Bercocok tanam di ladang

Salah satu yang menunjang pekerjaan juru masak nih. Napi diajarkan cara bercocok tanam nih mulai dari mencangkul, menanam bibit sampai nanti panen. Hasil panennya diolah deh sama juru masak. Hirup udara segar di ladang jelas lebih sehat dibanding udara sel tahanan.

3. Pelatih hewan

Di balik pekerjaan yang terdengar sedikit ekstrem, ternyata jadi pelatih hewan termasuk salah satu pekerjaan yang punya manfaat bagus loh buat perkembangan psikologi para napi. Bukan sekedar melatih hewan tapi mereka juga melatih diri mereka supaya menahan emosi. Bener gak, gimana menurut kamu? Asal ada pemandunya sih harusnya aman.

4. Petugas kebersihan

Menjaga kebersihan itu wajib meskipun ada di dalam penjara. Kebayang dong kalau petugas sel harus mengurus semua itu berapa banyak petugas yang harus dibutuhkan? Jadi, para tahanan ini yang jadi petugas kebersihan sel. Jadi, memanfaatkan tenaga yang ada nih guys.

5. Jadi pengusaha

Finlandia sebagai salah satu dengan pendidikan terbaik bukan cuma untuk para murid yang bersekolah atau pun mahasiswa di universitas. Pendidikan juga wajib para napi loh. Para napi dilatih untuk menguasai komputer supaya bisa terus mengembangkan kemampuan mereka. Keren ya jadi setelah bebas dari penjara mereka punya kemampuan yang lebih baik.

6. Pemadam kebakaran

Salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati nih sama para napi di California. Mereka dilatih untuk jadi pemadam kebakaran yang handal. Napi ini juga kadang dipanggil untuk perbantuan tapi jangan khawatir mereka gak akan kabur kok soalnya mereka juga dapat bayaran per jam.

7. Pemberi penyuluhan atau konseling

Biasanya justru yang jadi konseling itu para napi mantan tindakan kriminalitas dan para napi yang berhubungan dengan narkoba. Alasannya cukup logis guys, para napi dengan kasus seperti itu mereka punya pengalaman dengan kehidupan seperti itu. Jadi, mereka bisa lebih paham untuk bisa menangani keluhan. Harapannya para napi ini selain jadi konseling atau bisa memotivasi orang lain supaya jangan sampai punya pengalaman seperti mereka. 

Gimana menurut kamu? Kalau penjara di Indonesia bisa gak ya diterapin sistem pekerjaan di atas? Meskipun semua napi punya kasus yang bisa dibilang tindakan kriminal. Mereka juga berhak hidup layak selama mereka emang punya niat buat berubah jadi lebih baik. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES