7 Orang Ini Membuktikan Kalau Gelar Sarjana Bukanlah Tolok Ukur Mencapai Kesuksesan

05 Januari 2017
|Reza Pratama
Life
0SHARES

Apa yang ada di pikiran kamu ketika mendengar kata “sukses”? Mungkin ada yang menjawab sukses itu berhasil mencapai sesuatu yang kita inginkan, memiliki harta yang banyak, berhasil nembak gebetan lalu diterima dan lain-lain. Mungkin untuk sebagian orang, meraih kesuksesan itu sendiri harus dilatarbelakangi dengan pendidikan yang tinggi. Bahkan kalau bisa gelar sarjana harus lebih panjang dari nama sendiri. Memang tidak bisa dipungkiri pendidikan merupakan salah satu penunjang untuk bisa mencapai kesuksesan. Namun, berbeda dengan ke 7 orang berikut ini, yang justru bisa sukses tanpa harus tamat kuliah. Siapa aja sih mereka? Yuk kita kepoin.

1. Ellen Degeneres (aktris, komedian, pembawa acara)

Ellen berhenti kuliah karena merasa ruang kelas bukanlah tempat yang cocok untuknya. Selama bertahun-tahun sambil bekerja paruh waktu, Ellen sering tampil sebagai stand up comedian di kedai-kedai kopi. Tidak putus harapan akan cita-citanya. Pada 1986 dia berhasil tampil di TV untuk pertama kali.

2. Daniel EK (co-founder-CEO Spotify)

Ketertarikannya dengan dunia bisnis sudah mulai terlihat sejak berumur 14 tahun. Daniel sempat mengejar gelar di KTH Royal Institute of Technology, namun gagal sebelum ia dinyatakan lulus. Dengan passion-nya di dunia bisnis, ia pernah bergabung dengan berbagai macam perusahaan sebelum akhirnya mendirikan Spotify.

3. John Lennon (musisi legendaris dunia)

John Lennon tidak pernah sukses di ujian kelulusan, prestasi akademiknya pun tidak membanggakan. Jelas ia lebih mencintai musik daripada sekolah. Ia lalu mendirikan band bersama teman-teman SMA-nya yang dikenal sebagai The Beatles. Band paling sukses sekaligus berpengaruh di dunia.

4. Tom Hanks (aktor Hollywood)

Aktor pemeran Forrest Gump ini belajar di teater selama dua tahun di universitas tempatnya berkuliah. Meski dikenal sebagai mahasiswa yang bersemangat, Tom Hanks dengan senang hati menukar kehidupan akdemiknya magang di sebuah kelompok teater di Ohio. Dari situlah ia belajar berbagai hal dari akting  sampai produksi teater.

5. Steve Jobs (pendiri dan mantan CEO Apple)

Steve Jobs terpaksa berhenti kuliah di Universitas Reed karena orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya. Ia bersama temannya Steve Wozniak (seorang jenius komputer) kemudian memulai mendirikan "Apple" di sebuah garasi rumah. Namun, sekarang produk Apple hampir digunakan semua orang.

6. Mark Zuckerberg (CEO - founder Facebook)

Mark merintis jejaring sosial Facebook sejak ia duduk di bangku SMA. Menyadari besarnya peluang Facebook, ia memutuskan berhenti kuliah untuk fokus pada pengembangan jejaring sosial tersebut. Keputusan tersebut ternyata tepat, mengingat Facebook saat ini bernilai lebih dari 190 miliar dollar.

7. Bill Gates (pendiri Microsoft Corp)

Salah satu orang terkaya di dunia ini awalnya kuliah hukum di Harvard. Menyadari hal itu bertentangan dengan minatnya di bidang teknologi dan komputer, ia memustuskan untuk berhenti kuliah tahun 1975 dan bergabung di perusahaan MITS bersama Paul Allen. Mereka berdualah yang mendirikan Microsoft Corporation yang kini mempekerjakan sekitar 127.000 orang.

Itulah 7 orang sukses di dunia tanpa menggunakan ijazah sarjana. Terbukti kan kalau gelar sarjana bukan segalanya. Jadi kamu gak perlu berkecil hati kalau gak punya gelar sarjana. Semoga ke 7 orang hebat di atas bisa menginpirasi kita semua.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES