7 Orang Indonesia Ini Buktikan Sukses Gak Harus Berijazah Sarjana

02 Maret 2017
|Ani Nur Cholifah
1SHARES

Ijazah atau pendidikan tinggi bukan jaminan untuk menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang. Banyak orang-orang sukses di dunia yang ternyata tidak menyelesaikan pendidikannya hingga sarjana. Meskipun banyak orang yang bersaing untuk mendapatkan ijazah. Nah, kamu yang gak punya ijazah gak usah minder.

YuKepo udah kumpulin nih kisah orang Indonesia yang gak punya ijazah sarjana tapi bisa jadi sukses. Yuk, langsung kepoin!

1. Bob Sadino

Pengusaha sukses yang memiliki nama asli Bambang Mustari ini lahir pada tanggal 9 Maret 1933. Meskipun tidak berkuliah tapi Bob Sadino membuktikan bisa menjadi pebisnis sukses dalam bidang pangan dan juga peternakan.

2. Eka Tjipta Widjaja

Kamu tahu Sinar Mas Group? Inilah pendirinya yang juga termasuk dalam deretan orang kaya di Indonesia. Pria ini lahir di Cina pada tanggal 3 Oktober 1922. Siapa sangka kesuksesannya itu bukan karena gelar pendidikan tinggi yang dia dapat karena pendiri Sinar Mas ini hanya menyelesaikan pendidikannya sampai SD. 

3. Basrizal Koto

Pria kelahiran Pariaman, 11 Oktober 1959 ini merupakan seorang pengusaha besar yang sukses dalam bidang media, percetakan hingga properti. Di balik kesuksesannya ini juga bukan karena pendidikan yang tinggi karena dia tidak tamat sekolah dasar. Kesuksesannya itu berkat usaha, kegigihan, kemampuannya dalam berkomunikasi dan mampu menjaga kepercayaan orang.

4. Purdi E Chandra

Pengusaha sukses selanjutnya hanya beijazah SMA. Meskipun begitu pria kelahiran Lampung, 9 September 1959 ini sukses mendirikan usaha di bidang pendidikan yaitu lembaga kursus Primagama. Tempat kursus yang didirikan pada tahun 1982 ini sudah banyak dikenal luas masyarakat Indonesia hingga mendatangkan banyak uang untuk dirinya.

5. H. M. Soeharto

Mantan presiden kelahiran Yogyakarta, 8 Juni 1921 hanya merasakan bangku sekolah hingga SMP pada zaman penjajahan Belanda. Namun, beliau berhasil menyamai dirinya setara dengan Ir.Soekarno. Terutama saat beliau memimpin dan berhasil pada saat gerilya Serangan Umum 1 Maret 1949.  

6. Hendy Setiono

Mungkin Kebab Turki Baba Rafi bukan makanan asing bagi kamu. Pria kelahiran tahun 1983 pernah merasakan kuliah tapi hanya sampai semester 4 aja guys.  Nah, setelah dia keluar dia memutuskan untuk membuka usaha dan kini usahanya telah sukses dan sudah ada sekitar 140 outlet kebab di seluruh Indonesia. 

7. Liem Sioe Liong atau Sudono Salim

Pengusaha sukses yang juga tidak menyelesaikan pendidikannya ini berhasil memiliki perusahaan yang ternama, Salim Group. Salim Group ini meliputi BCA, Bank Windu Kencana, Indosiar, Indomarco dan beberapa perusahaan lainnya. 

Pendidikan memang penting tapi yang lebih penting dalam meraih kesuksesan itu usaha dan kegigihan. Semoga orang-orang di atas bisa menginspirasi kamu untuk terus bersemangat dalam kegagalan untuk meraih kesuksesan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
1SHARES