7 Negara Paling Kotor di Dunia, Miris, Tapi Ulah Manusia Juga!

09 April 2018
|Pandu Rijal Pasa
0SHARES

Memiliki lingkungan yang kotor sebenarnya tidaklah menyenangkan. Apalagi bila lingkungan yang kotor itu sudah setingkat negara. Mendapat predikat sebagai negara paling kotor di dunia tentu bukan hal yang membanggakan bagi sebuah negara. Namun faktanya, memang ada  negara-negara di dunia yang kondisi lingkungannya sangat kotor dan sebenarnya sangat tidak sehat untuk tubuh.

Meskipun memang sebenarnya situasi kotor ini terbentuk karena ulah manusia juga seperti buang sampah sembarangan, tidak menjaga kebersihan lingkungan dan sebagainya. Nah, berikut ini daftar 7 negara yang termasuk negara paling kotor di dunia.

1. Mongolia

Negara Mongolia yang terletak di Asia bagian Timur dan berbatasan langsung dengan Rusia pada bagian utara ini merupakan salah satu negara paling dingin di dunia dengan suhu yang bisa sangat ekstrem hingga minus puluhan derajat celcius. Hal ini membuat para penduduk Mongolia harus memanfaatkan bahan bakar alam sebagai penghangat. Dampak dari pemanfaatan bahan bakar ini ternyata berdampak buruk terhadap lingkungan yang menjadi tercemar, terutama terkait dengan polusi udaranya.

2. Mesir

Mesir ternyata masuk ke dalam daftar 7 negara yang paling kotor di dunia.  Kondisi lingkungan Mesir ini menjadi kotor adalah karena banyaknya debit kendaraan bermotor baik roda dua, roda empat maupun transportasi umum yang beroperasi di setiap harinya. Bahkan saking kotornya, ibukota Mesir yaitu Kairo sendiri diketahui mempunyai kadar polusi yang 20 kali lebih tinggi dari batas aman yang bisa digunakan manusia untuk hidup.

3. Iran

Kondisi lingkungan di area urban atau perkotaan yang terdapat di negara Iran bisa dibilang sangat buruk jika dilihat dari segi kebersihan lingkungannya, dimana penduduk Iran yang rata-rata memiliki kendaraan dengan bahan bakar berkualitas standar menyebabkan banyaknya gas buangan yang mencemari lingkungan. Tidak hanya itu, diperkirakan jumlah sampah yang dihasilkan oleh penduduk Iran setiap harinya adalah sebanyak 50 ribu ton.

 

4. Bangladesh

Bangladesh adalah negara berkembang yang memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak. Jumlah penduduk yang dimiliki oleh negara ini tidak sebanding dengan fasilitas kebersihan yang tersedia di sana. Salah satu isu lingkungan di Bangladesh yang tergolong paling serius adalah kontaminasi air tanah oleh zat pencemar seperti logam berat yang ternyata bisa dibilang sangat membahayakan kesehatan tubuh manusia serta kelestarian lingkungan.

5. Afghanistan

Setelah Amerika Serikat mendeklarasikan untuk berperang dengan Afghanistan, negara ini harus melewati masa-masa sulit yang sangat panjang. Tidak hanya pernah menerima limbah nuklir, para penduduk Afghanistan juga menumpuk sampah dimana-dimana di berbagai area publik. Ibuka Afghanistan, Kabul, memiliki limbah rumah tangga yang parahnya bercampur dengan limbah rumah sakit yang tidak dibuang dengan layak dan menyebabkan kondisi kebersihan di sana sangat memprihatinkan.

 

6. Qatar

Kondisi lingkungan di Qatar sangat tercemar, dimana air, udara serta tanah yang ada di negara ini tidak ada yang luput dari kontaminasi bahan pencemar. Negara yang mengandalkan perekonomian di industri tambah serta pengolahan minyak ini punya masalah lingkungan yang sangat serius akibat pembuangan limbah. Tanah yang ada di Qatar ini sendiri banyak tercemar dengan zat pestisida dan fertilizer yang berbahaya untuk kesehatan manusia.

 

7. Pakistan

Pakistan memiliki jumlah penduduk lebih dari 180 juta orang. Tanpa pengelolaan lingkungan yang baik, negara ini harus menghadapi isu pencemaran yang sangat serius. Hanya ada satu sungai sebagai sumber air bersih disini yaitu sungai Indus yang sayangnya juga telah tercemar dengan bahan-bahan seperti feertilizer yang digunakan dalam industri agararis. Selain itu, Pakistan juga mengalami masalah pencemaran suara yang membuat lingkungan menjadi sangat bising dan tidak nyaman.

Demikian 7 negara yang masuk dalam kategori negara paling kotor di dunia, dimana memang penyebab utama dari lingkungan yang kotor ini adalah manusia sendiri. Sehingga, sebagai manusia, kita memang harus berupaya untuk selalu menjaga kebersihan supaya lingkungan dan negara yang kita tinggali tetap menjadi negara yang sehat dan nyaman.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
0SHARES