7 Makanan yang Wajib Ada Saat Tahun Baru Imlek Ini Bikin Ketagihan!

28 Januari 2017
|Puspita Yuniastuti
0SHARES

Wah.. Gak kerasa ya hari ini udah tahun baru Imlek. Selain masyarakat Tionghoa dan berbagai restoran atau café yang menghias tempat mereka dengan berbagai dekorasi serba warna merah yang melambangkan Imlek, ternyata ada 7 makanan yang gak boleh absen dan terlewatkan lho saat tahun baru Imlek tiba. Karena setiap makanan di bawah ini memiliki makna tersendiri. Yuk, langsung aja liat 7 makanan yang wajib ada saat tahun baru Imlek! Enak-enak lho!

1. Kue Keranjang

Merayakan atau gak merayakan, pasti kamu tau dong kue yang satu ini emang selalu ada di nomor 1 kalau udah membahas tentang tahun baru kepercayaan orang Tionghoa, kue keranjang! Sesuai dengan namanya, kue ini memang berbentuk seperti keranjang yaitu bulat. Bentuk bulat itulah yang menjadi makna simbol harapan keluarga supaya dapat terus bersatu, rukun selalu menghadapi berbagai rintangan di depan. Biasanya, kue ini disajikan bertingkat ke atas yang juga memiliki makna agar mendapat kemakmuran. Kalau kamu belum pernah coba, kue keranjang ini teksturnya lengket seperti dodol. Makanya sering disebut sebagai “dodol cina.”  

2. Jeruk Mandarin

Gak lengkap kayaknya kalau Imlek tanpa adanya jeruk mandarin. Umumnya, jeruk mandarin akan disajikan masih dengan daun di tangkainya. Warna kuning keemasan memiliki simbol kemakmuran serta kekayaan yang diharap akan selalu tumbuh. Jadi, jeruk ini gak hanya disajikan untuk dessert setelah dinner bersama keluarga besar saat tahun baru Imlek aja melainkan emang ada maknanya.

3. Manisan Segi Delapan

Manisan segi delapan ini berisi bermacam-macam makanan dari mulai manisan, buah yang dikeringkan, dan biji-bijian. Kenapa harus segi delapan? Karena angka delapan melambangkan keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa. Setiap makanan di dalam kotak ini pun memiliki masing-masing makna contohnya buah leci yang dikeringkan adalah sebagai lambang ikatan keluarga yang kuat.  

4. Ikan, ayam, babi

Ketiga hidangan seperti ikan, ayam, dan babi disajikan memiliki makna yang unik. Diharapkan bagi orang yang menyantap ketiga hidangan ini saat tahun baru Imlek tidak akan memiliki sifat seperti tiga hewan tersebut. Babi dengan sifat pemalasnya, ayam dengan sifat serakahnya dan ikan yang memiliki dua makna (dualism) yaitu siripnya dilambangkan sebagai ular yang jahat dan sisi lainnya sebagai keberuntungan.

5. Yee Sang

Yee Sang atau biasa disebut mie panjang umur adalah salah satu makanan yang wajib ada saat perayaan tahun baru Imlek. Mie ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih. Tentunya dengan panjang mie yang tidak biasa memiliki makna yaitu rezeki melimpah, kebahagiaan, dan panjang umur. Dari situlah mie ini sering disebut sebagai mie panjang umur.

6. Jiaozi

Kalau ini pangsit yang isinya sayuran, babi cincang, plus udang cincang. Bentuknya yang bulat diibaratkan melambangkan rezeki melimpah. Jiazi ini biasa dihidangkan dalam keadaan masih hangat saat disantap bareng dengan keluarga besar.

7. Teh Telur

Teh telur hadir saat tahun baru Imlek sebagai lambang kesuburan karena teh ini memiliki khasiat yang dapat menambah stamina tubuh kamu dan tentunya juga rasa yang enak! Walaupun mungkin kedengarannya aneh karena perpaduan dari teh dan telur, tapi beneran enak kok rasanya!  

Nah, sekarang udah tau kan makanan apa aja yang wajib hadir saat tahun baru Imlek. Jangan sampai salah satu makanan di atas terlewatkan ya untuk tersaji di meja makanmu saat hari Imlek kalau kamu ikut merayakannya. Yang gak ikut merayakan, mari saling menghormati dan berburu angpao! Gong Xi Fat Chai!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Puspita Yuniastuti
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES