7 Larangan Ibu yang Kadang Bikin Sebal Padahal Sebenarnya Tanda Ibu Cinta Anak-anaknya

12 Desember 2017
|Chandra W.
12SHARES

Siapa yang suka kesal kalau dibilangin ini itu sama ibu? Memang sih biasanya serumah ibu yang paling bawel mengingatkan banyak hal dari sebelum kamu bangun tidur sampai mau tidur lagi. Nggak jarang himbauan dan larangan beliau bikin kita kesal dan malas mendengarkan. Padahal maksudnya baik lho. Sebenarnya ibu begitu karena khawatir dan sayang sama kita dan itu adalah tanda cinta. Misalnya ketika ibu bilang hal-hal ini.

1. "Bangun! Udah siang lho ini,", yang seringnya hanya kita jawab dengan menarik selimut sampai menutupi kepala

Memang sih suara ibu yang nyaring dan khas itu bikin pagi yang tenteram-habis-hujan-dingin-enaknya-tarik-selimut-lagi jadi bising. Hahaha. Tapi, itu bentuk kepedulian ibu pada masa depanmu lho. Kalau kamu bangunnya telat, sampai sekolah terlambat, kena hukuman, nggak fokus belajar, lama-lama malas sekolah 'kan gawat. Coba aja deh besok kalau merantau pasti kamu bakal kangen sama teriakan ibu setiap pagi.

2. "Makan yang banyak biar sehat,". Padahal kita lagi diet...

Sebenarnya persepsi makan banyak biar sehat nggak sepenuhnya benar juga sih. Yang ibu inginkan ketika bilang begitu sebenarnya adalah supaya kamu menghabiskan makanan yang sudah kamu ambil sendiri. Kalau kamu nggak makan, ibu akan mengira kamu nggak doyan masakannya dan itu bikin beliau sedih. Karena memasak masakan kesukaanmu adalah tanda cinta ibu yang paling kentara.

Begitu juga kalau kamu makannya nggak habis, dikira nggak enak atau takutnya kamu nanti sakit. Jadi mulai sekarang gimanapun rasanya gimanapun kenyangnya, habisin makanan masakan ibu ya.

3. "Habis sekolah langsung pulang ya. Kalau main, bilang dulu. Tapi mending jangan mampir-mampir deh,"

Nggak semua ibu khawatiran, tapi banyaknya sih iya. Jadi sebenarnya nggak ada maksud tuh bikin kamu jadi cupu atau kuper dengan memintamu pulang langsung ke rumah setelah sekolah. Jadi kamu minimal kalau mau main ya ngabarin dulu lah. Bukan apa-apa, supaya ibu nggak parno aja. Kalau diperhatikan gini, kamu jadi merasakan tanda cinta yang ibu berikan bukan?

4. "Jangan pulang kemalaman,". Padahal konsernya juga baru mulai jam 8 malam

Konotasi malam yang negatif dan penuh bahaya ini nggak sepenuhnya benar, tapi nggak sepenuhnya salah juga. Sering mendengar kalau malam-malam begal dan geng motor beraksi dengan melakukan aksi keji kepada korbannya kan? Nggak ada salahnya juga menuruti perkataan ibu untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan terjadi.

5. "Belajar yang bener biar pinter,"

Padahal kita tahu biar pintar harus belajar. Yang ada di balik kalimat itu sesungguhnya adalah "Ibu nggak mau sampai kamu gagal di masa depan hanya karena usahanya nggak maksimal dari sekarang. Ibu akan sedih melihat kamu sedih kalau nggak bisa mencapai cita-citamu,". Lagi-lagi, ini hanya tanda cinta ibu yang menginginkannya anaknya tak mengalami kegagalan yang membuat sampai kecewa sekali.

6. "Bajunya cuci setrika sendiri ya," Padahal kita capek sekolah, ekskul, nugas, organisasi dan lain-lain

Tahu siapa yang lebih capek? Ibu yang cari uang buat makan dan sekolahmu, masih harus masak, dan bersih-bersih rumah. Minimal kamu bisa beresin kamar sendiri dan urusin pakaian sendiri biar ibu nggak tambah kecapekan dan sakit gara-gara itu.

7. "Pacaran sewajarnya aja,". Ini benar-benar harus dipegang nasihatnya

Mau berpacaran atau enggak, itu hak kamu. Tapi untuk menjaga diri adalah kewajiban. Dampaknya kalau kebablasan nggak cuma buruk buat keluarga, justru malah lebih banyak menimpa dirimu sendiri. Banyak remaja berpacaran nggak menetapkan batasan-batasan yang akhirnya merugikan diri sendiri, misalnya sampai hamil padahal belum menikah.

Dampaknya apa? Kamu malu entah kamu yang hamil atau menghamili, shock harus mengurus anak di usia muda, orangtua malu, belum lagi kemungkinan dikucilkan. Ini bakal kebawa sampai tua. Jadi, berpacaran yang sewajarnya saja.

Menyambut Hari Ibu yang akan dirayakan pada 22 Desember nanti, sayangi ibu lebih dari biasanya yuk! Bukan cuma pas hari ibu saja, tapi setiap hari. Ibu nggak kepingin macam-macam kok. Cuma kepingin melihat kita anak-anaknya bahagia. Jangan pernah membentak ibu apapun alasannya ya. Perbedaan pendapat pasti ada, tapi tetap selesaikan dengan kepala dingin ya. Cintai ibu sebelum terlambat dan menyesal di kemudian hari. Selamat Hari Ibu!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
12SHARES