7 Landasan Pesawat Ekstrem di Indonesia yang Bikin Kamu Gak Mau Jalan

25 Februari 2017
|Reza Pratama
Life
0SHARES

Di beberapa belahan dunia memang banyak terdapat bandara dan landasan pesawat ekstrem. Biasanya landasan-landasan pesawat ekstrem ini berada di tempat ketinggian. Namun siapa sangka kalau di Indonesia juga terdapat 7 landasan pesawat ekstrem yang bikin jantung gak tenang. Untuk pergi ke suatu tempat yang jarang dilalui kendaraan, tentunya jalan alternatif untuk mencapai ke sana dengan menggunakan pesawat. 

Landasan-landasan pesawat ini tentunya dibuat sesuai dengan kontur alam di daerah tersebut. Karena sesuai dengan kontur alam di daerah masing-masing, maka landasan pesawat yang dibuat gak seaman landasan yang ada di kota-kota. Mungkin buat kamu pencinta jalur-jalur ekstrem, 7 landasan pesawat ini gak ada salahnya buat kamu coba. Berikut 7 landasan pesawat ekstrem yang ada di Indonesia.    

1. Landasan Pesawat Sinak

Landasan pesawat Sinak terletak di Kabupaten Puncak Jaya dengan panjang landasan 650 meter. Tercatat sudah 3 kali indsiden terjadinya kecelakaan pesawat di landasan pesawat ini. Rata-rata karena kondisi landasan pesawat yang licin karena diguyur hujan.

2. Lapangan Terbang Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua

Pada bulan oktober tahun 2016 lalu, pesawat milik Asia One Air yang mengangkut bahan makanan ini tergelincir di Lapangan Terbang Ilaga. Walaupun tidak ada korban jiwa, sayap dari pesawat rusak parah. Salah satu penyebabnya karena lapangan terbang Ilaga hanya memiliki panjang landasan sejauh 600 meter. Hal ini tentunya sangat pendek untuk ukuran landasan pesawat. 

3. Bandara Pattimura, Ambon

Bandara kebanggaan Kota Ambon ini termasuk salah satu bandara yang terkenal dengan landasannya yang ekstrem. Karena bandara Pattimura terletak di samping laut dan bukit. Jadi kalau telat ngerem, bisa langsung nyebur ke laut.    

4. Bandara Bilogai, Kabupaten Intan Jaya

Pada bulan November tahun 2011 lalu, pesawat Jenis Cessna Grand Caravan milik Susi Air jatuh menabrak tebing di Bandar Bilogai, Kabupaten Intan Jaya. Untungnya sang Pliot yang berasal dari Selandia Baru selamat. Namun, tidak begitu dengan Co-Pilot asal Spanyol yang meninggal di tempat. Landasan yang di kelilingi bukit tinggi ini memang terbilang cukup ekstrem untuk sebuah landasan pesawat.

5. Bandara Beoga, Kabupaten Puncak Jaya

Bandara Beoga terletak di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Memiliki panjang landasan 560 meter dengan permukaan aspal. Karena berada di daerah ketinggian, Bandara Beoga sering tertutup kabut dan embun tebal yang bisa menghalangi pemandangan pilot.

6. Landasan Pesawat Bilai, Kabupaten Intan Jaya

Landasan Pesawat Bilai berada di kabupaten Intan Jaya dengan permukaan rumput dan memiliki panjang landasan yang hanya 500 meter. Untuk ukuran landasan pesawat, panjag landasan Bilai termasuk pendek. 

7. Landasan Pesawat Bugalaga

Landasan pesawat Bugalaga berada di kabupaten Intan Jaya, provinsi Papua. Hanya memiliki panjang landasan 450 meter, membuat landasan pesawat dengan permukaan kerikil ini termasuk ke dalam kategori ekstrem.

Pesawat merupakan alternatif seseorang untuk menuju suatu daerah. Menyenangkan rasanya bisa pergi ke suatu daerah dengan menggunakan pesawat, karena bisa melihat pemandangan dari atas. Selain bisa terhindar macet dan razia polisi, naik pesawat juga bisa membuat perjalanan terasa jauh lebih cepat. Namun, kalau landasan atau bandaranya seekstrem di atas, apakah perjalanan kamu masih bisa dibilang menyenangkan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES