7 Kiat Sukses ala Bob Sadino. Ini Nggak akan Didapat di Seminar Motivasi!

10 September 2017
|Chandra W.
0SHARES

Indonesia punya satu pengusaha nyentrik yang meski kini telah tiada, kesuksesannya tetap dapat memotivasi calon-calon pengusaha di seantero negeri. Siapa lagi kalau bukan almarhum Bob Sadino. Pria yang lazim disapa Om Bob ini, semasa hidupnya memang giat bekerja, mau memulai semuanya dari nol dan selalu belajar dari kegagalan

Meski terlahir dari keluarga yang berada dan memiliki harta warisan peninggalan orangtua, Bob muda tidak menghabiskan waktunya dengan hura-hura. Ia justru menghabiskan setengah harta warisannya untuk berkeliling dunia dan mencoba usaha apa saja sampai menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Apa saja kiat-kiat sukses ala Bob Sadino?

1. Jangan kebanyakan mikir

Kata Bob Sadino, orang pintar itu kebanyakan mikir. Pikirannya banyak dan bercabang-cabang, melebar. Untuk sukses, kita perlu fokus. Agar fokus, kita perlu jadi orang bodoh. Artinya, ketika ada kesulitan, ya nggak usah mikir macam-macam. Cukup pikirkan satu solusi untuk menyelesaikan masalah yang ada di depan kita. Sisanya, ya dipikir nanti sambil jalan.

2. Bebaskan diri dari tiga belenggu: ketakutan, harapan, dan cara berpikir

Pertama, jadilah orang berani. Jangan jadi pengecut. Kalau ada peluang, ambil saja. Jangan takut dengan risiko.

Kedua, jangan berharap terlalu banyak. Namanya usaha pasti ada saat di mana kamu mengalami kegagalan, nggak bisa langsung berhasil. Wajar lah, sukses itu langkahnya panjang.

Ketiga, berpikir itu harus, tapi nggak usah njelimet juga. Semakin sederhana cara berpikirmu, semakin mudah pula kamu menemukan solusi atas masalah yang ada.

3. Belajar dari apa saja yang ada di sekelilingmu

Belajar itu nggak cuma dari sekolah dan universitas. Justru, tempat belajar yang paling efektif adalah di masyarakat, tempat sehari-hari kita bergaul. Karena di situlah, kita dihadapkan pada kejadian yang tak terkira dan dituntut untuk menyelesaikan masalah sendiri.

4. Jadilah "gelas kosong" setiap bertemu dengan orang baru

Merasa dirimu pintar dan lebih segalanya dibandingkan dengan orang lain? Sukses akan semakin menjauh darimu. Ingat, setiap orang yang kita temui pasti tahu sesuatu yang kita nggak tahu sebelumnya. Jadi, bukalah pikiranmu untuk mengetahui hal-hal baru dari orang baru.

5. Jangan takut dan jangan malu gagal

Kalau gagal, jangan lalu sembunyi. Hadapi kegagalan dengan hati lapang dan pikiran terbuka. Lalu, segera introspeksi diri. Apa yang salah? Apa yang kurang? Perbaiki. Kalau sekali gagal kamu berhenti, ya sudah berarti kamu akan gagal selamanya. Ingat, sukses itu ribuan proses trial and error.

6. Rencana adalah bencana

Boleh kok berencana, tapi harus dieksekusi juga. Nanti sambil jalan pasti akan ada banyak perubahan. Jadi bikin rencana yang simpel saja. Eksekusi menentukan 90% kesuksesanmu, lho.

7. Sukses sendirian? Mana bisa?

Untuk sukses kita butuh orang lain juga. Jangan egois. Tapi kalau kata Bob Sadino sih,

"Orang goblok butuh orang lain untuk mengejar kesuksesan, yaitu mereka dengan gelar sarjana."

Pedas memang, tapi benar.

Gimana? Siap mengejar kesuksesan dengan cara "goblok" yang disarankan oleh Bob Sadino ini?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES