7 Kerja Sampingan di Internet yang Bisa Raum Untung Jutaan. Bisa Kamu Coba

27 Maret 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Mencari kerja sampingan bisa kamu temukan dalam berbagai cara salah satunya dari internet. Teknologi ini memang sangat membantu kehidupan kita. Segala hal bisa kita cari di sini termasuk lowongan pekerjaan freelance maupun full time. Tak ada salahnya juga kamu manfaatkan kemajuan ini untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Apalagi kalau gaji kerja kamu masih belum cukup untuk men-cover semua kebutuhan hidup.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa jenis pekerjaan sampingan yang bisa kamu kerjakan dengan waktu yang cukup fleksibel. Ingin tahu apa saja? Kepo, yuk!

1. Mengikuti survei online ada yang menghasilkan uang, lho

Sekarang beberapa survei online ada yang dibayar dan ini bisa untuk kamu coba. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengisi berbagai pertanyaan survei seperti biasa, kemudian kamu akan mendapatkan poin. Nah, poin inilah yang bisa kamu tukar dengan reward tertentu seperti uang, voucher, dan lainnya. Untuk mendapatkan ini kamu bisa mengunjungi beberapa situs seperti SurveyOn, Clixsense, YouGov Indonesia, OpinionWorld, Mobrog, dan GlobalTestMarket.

2. Social media evaluator juga bisa jadi pilihan kamu untuk kerja sampingan

Social media evaluator juga mirip seperti survei online, yakni kamu diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang iklan online yang tayang di media sosial. Namun untuk mengikuti program ini cukup lama, biasa 4 jam dalam sehari. Kemudian kamu akan dikirimi 20 jenis iklan yang harus kamu selesaikan semua. Bayarannya juga cukup lumayan, sekitar US$5 atau kalau dalam rupiah 65 ribu. Jadi kalau kamu dalam sebulan rutin melakukan ini hasilnya cukup menggiurkan, setidaknya bisa mancapai Rp 1.950 juta. Mau? Kamu bisa kunjungi situs Appen.com.

3. Suka main medsos? Jadi admin media sosial bisa kamu coba

Kalau kamu suka mainan media sosial, jadikan saja hobi ini sebagai sarana mencari peruntungan. Sebab, saat ini banyak yang membutuhkan admin media sosial untuk sebuah perusahaan atau bisnis. Kerjaan ini juga ada yang part-time, kok. Jadi bisa kamu kerjakan dari rumah. Namun, tentu saja kamu juga harus membuat laporan dan mencermati penjualan atau promosi produk tempat kamu kerja.

4. Freelance menulis artikel SEO untuk beberapa situs

Artikel SEO bisa membantu meningkatkan traffic sebuah website. Itulah mengapa banyak situs yang mempekerjakan orang-orang yang jago dalam hal menulis SEO friendly. Untuk harga artikel SEO ini juga beragam, namun umumnya mulai dari Rp 50 ribu dengan jumlah kata kisaran 600. Kalau kamu ingin memahami seperti apa SEO itu, kamu bisa belajar sendiri melalui online. Buka saja situs seperti situs Kissmetrics.com atau Yoast.com. Lalu website yang biasanya membuka jasa menulis ini adalah Upwork.com, Freelancer.co.id, dan sejenis lainnya.

5. Jago bahasa asing? Cobalah jadi translator atau penulis bahasa asing

Kalau jago bahasa asing, kamu bisa mencari kerja sampingan sebagai translator atau penulis. Ini bisa mengisi waktu kamu saat libur. Umumnya kamu akan dibayar per artikel mulai dari Rp 25 ribu. Untuk mencari di mana yang menyediakan lowongan ini, kamu bisa hunting di situs lowongan kerja seperti Karir.com, Jobstreet.com, dan lainnya.

6. Kalau kamu pintar mendesain, kamu bisa manfaatkan ini untuk mendapat uang

Saat ini jasa desain sangat menjamur dan kamu bisa manfaatkan ini untuk mencari penghasilan tambahan. Biasanya desain ini juga beragam, misal untuk kaos, desain produk, logo, dan lainnya. Beberapa situs yang menyediakan kerjaan ini adalah TeeSpring.com atau 99designs.com. Nanti kalau desain kamu laku, jumlahnya cukup lumayan, lho. Bahkan ada yang dibayar hingga jutaan. Buruan deh cek website-nya!

7. Punya bakat foto maupun membuat video? Jual aja!

Zaman sekarang apa-apa bisa kamu manfaatkan jadi peluang, terlebih foto maupun video. Nah, kalau kamu punya hobi dalam bidang ini, kamu bisa jualan foto atau video di beberapa situs populer seperti Shutterstock.com, Fotolia.com, Istockphoto.com, Dreamstime.com, Stockfresh.com, dan masih banyak lagi. Tentu untuk masalah pembayaran setiap situs memiliki aturan tersendiri. Namun bisasanya kamu akan dibayar dari prosentase foto/video kamu yang di-download, dari 15-70 persen.

Itulah tadi beberapa cara untuk mendapat kerja sampingan dari internet. Cukup banyak bukan yang bisa kamu coba? Kamu tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan passion kamu. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES