7 Kebiasaan Buruk yang Jadi Ciri Khas Orang Indonesia

31 Januari 2017
|Rhesa Leo
Life
0SHARES

Apa stereotipe orang Indonesia yang sering kita banggakan? Ramah, santun, menjunjung tinggi adat. Mungkin itulah beberapa ciri khas yang sering kita dengar dan dengung-dengunkan. Tapi apa hanya itu aja ciri khas atau stereotipe tentang orang Indonesia? Sama seperti siang dan malam maupun gelap dan terang tentu aja selain memiliki kebiasaan yang positif orang Indonesia juga memiliki kebiasaan buruk yang seakan sudah menjadi ciri khas mereka. Celakanya, kebiasaan buruk kita cenderung lebih banyak dibandingin kebisaan positifnya. Nggak percaya? Yuk, simak daftar kelakuan buruk orang Indonesia yang palin sering dijumpai:

1. Gampang banget nyebarin kabar hoax

Ini nih fenomena yang belakangan ini marak banget di Indonesia. Entah disengaja atau nggak yang namanya hoax di Indonesia gampang banget tersebar dan celakanya lagi banyak orang yang percaya. Begitu lihat headline atau berita yang provokatif, tanpa pikir panjang langsung deh kepancing dan ikutan nyebar berita hoax tersebut. Makan deh tuh berita palsu!

2. Hobi banget ngeyel

Nah, selain gampang ketipu mentah-mentah sama berita hoax lebih parahnya lagi kebanyakan orang Indonesia susah banget kalau menerima kritik atau saran alias ngeyel. Udah dikasih tahu, nggak mau dengar, giliran kena batunya malah nyalahin orang lain. Kamu gitu juga nggak? #eh

3. Nggak sabaran banget

Ini salah satu populasi yang mudah banget kamu temui di Indonesia. Nggak di jalan, di stasiun, fasilitas publik (basically dimana-mana sih). Kalau di jalan kamu bakalan ketemu pengendara yang nggak sabar nunggu lampu merah atau palang perlintasan kereta api kayak foto di atas tuh. Padahal kalau dihitung paling beda berapa menit sih, nggak sebanding deh kalau dibandingin sama keselamatan kamu dan pengendara lainnya.

4. Antre? Buat apa antre?

Namanya orang nggak sabar, mana mau antre? Padahal antre itu penting banget lho guys. Bukan cuma untuk kerapihan dan melatih disiplin antrean juga penting untuk menghindari kejadian yang nggak diinginkan seperti kericuhan atau tergencet. Lagian kan kasihan kalau ada yang udah antre lama-lama eh malah kamu serobot gitu aja.

5. Tukang pamer di sosmed

Apa aja dipamerin di sosial media. Lagi senang pamer, lagi sedih juga dipamerin pokoknya apa aja diposting deh demi dapetin like dan kepuasan semu di dunia maya.  Kamu gitu juga nggak? Jangan ya, nanti kamu dibilang norak lagian nggak ada untungnya juga.

6. Asal lempar sampah

Lempar aja dulu deh yang penting sampah udah nggak ada di dekatku lagi. Mungkin itu sebagian besar pola pikir kita yang suka buang sampah sembarangan, nggak peduli kalau sampah yang kita buang bisa bikin banjir atau bikin susah orang lain. Duh, nggak banget deh!

7. Modif kendaraan yang nggak jelas

Gampang banget nih nemun mobil atau motor absurd kayak gini di Indonesia. Mungkin niatnya sih biar kelihatan keren, kendaraan dimodifikasi seenak udel eh jadinya malah jadi kampungan. Apa lagi kalau modifikasinya sampai menggangu pengguna jalan lain. Pasti kamu sering kan ketemu motor yang knalpotnya berisik banget udah gitu mocongnya menghadap ke atas? Bukan cuma keberisikan tapi muka kamu juga kena hempasan asap knalpot. Belum lagi perubahan warna lampu yang nggak sesuai ketentuan.

Gimana, ada kebiasaan kamu di dalam daftar ini? Sebagai orang Indonesia seharusnya kita malu sendiri dengan kebiasaan-kebiasaan buruk ini. Yuk, kita mulai berubah dari diri sendiri untuk Indonesia yang lebih baik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES