7 Karya Seni yang Dihasilkan oleh Michelangelo Ini Perlu Kamu Ketahui

26 April 2017
|Monica Petra
Life
0SHARES

Semua orang pasti pernah mendengar nama Michelangelo. Dia adalah seorang seniman sejati yang terkenal di seluruh dunia selain Leonardo da Vinci. Seorang pemahat, pujangga, pelukis, dan arsitek pada zaman Renaissance. Kalau kamu belum begitu tau banyak tentang seniman asal Italia ini, sekarang YuKepo mau kasih lihat ke kamu beberapa karyanya yang wajib kamu tau. Yuk langsung kepoin. 

 

1. Moses

Terletak di Basilica, Roma, di San Pietro yang indah di Vincoli, patung Moses atau Musa ini awalnya ditugaskan untuk dibuat pada tahun 1505 oleh Paus Julius II sebagai bagian dari monumen pemakamannya, tapi karya ini nggak selesai sampai hari kematiannya. 

2. The Last Judgment di Sistine Chapel

Salah satu karya Michelangelo yang ada di dalam Sistine Chapel, adalah The Last Judgment yang terpampang di dinding altar gereja dan dieksekusi 25 tahun setelah Michelangelo menyelesaikan lukisan langit-langit Sistine Chapel. Sering pula disebut sebagai salah satu karya Michelangelo yang paling rumit, menceritakan tentang hari penghakiman terakhir.     

3. The Crucifixion of St. Peter di Vatikan

Lukisan ini berada di Vatikan Palace's Cappella Paolina dan diperintahkan untuk dibuat oleh Paus Paul III pada tahun 1541. Berbeda dengan banyak penggambaran era Renaissance pada zamannya, karya Michelangelo ini berfokus pada materi yang lebih gelap yaitu kematian Petrus. Diduga sosok berpakaian biru sorban di sudut kiri atas sebenarnya adalah seniman itu sendiri. Yang jika benar, akan membuat The Crucifixion of St. Peter satu-satunya potret diri lukisan Michelangelo yang diketahui pernah ada.

4. Madonna of Bruges

Madonna of Bruges adalah satu-satunya patung karya Michelangelo yang bisa keluar dari Italia selama masa hidup sang seniman. Waktu itu patung ini disumbangkan di tempatnya sekarang, Bruges' Onze-Lieve-Vrouwekerk (Gereja Bunda Maria) pada tahun 1514 setelah keluarga Mouscron, keluarga pedagang kain Belgia, membeli karya itu pada awal abad ke-16.

5. The Torment of Saint Anthony

Texas' Kimbell Art Museum patut berbangga karena mereka memiliki The Torment of Saint Anthony, lukisan Michelangelo yang pertama, dan dipercaya dibuatnya ketika dia masih berusia 12 atau 13 tahun. Karya seni ini dibuat dengan bimbingan temannya yang lebih tua yaitu Francesco Granacci. 

6. Doni Tondo

Doni Tondo (yang juga dikenal dengan The Holy Family) adalah satu-satunya lukisan panel karya Michelangelo yang masih bertahan. Lukisan ini dibuat untuk seorang bankir Florentine kaya raya bernama Agnolo Doni, kemungkinan besar untuk memperingati pernikahannya dengan sang istri, Maddalena, putri dari keluarga bangsawan Tuscan yang terkemuka, Strozzis. 

7. David

David dalam bahasa Indonesia yang dimaksud adalah Daud. Patung ini dibuat membutuhkan waktu 3 tahun, dimulai ketika Michelangelo masih berusia 26 tahun. Patung awalnya berada di Florence's Piazza della Signoria pada tahun 1504, lalu patung setinggi 14 kaki ini dipindahkan ke Galleria dell'Accademia pada tahun 1873 sampai sekarang. 

Michelangelo memang seorang maestro besar dunia. Karya-karyanya masih dikenang hingga sekarang. Tidak banyak seniman-seniman terkemuka yang hasil karyanya mendunia seperti beliau maupun Da Vinci. Kalau kamu tertarik menjadi seniman, mungkin karya-karya beliau bisa menjadi inspirasi juga untukmu. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES