7 Jawaban Cerdas untuk Menghadapi Pertanyaan, "Kapan Nikah?"

02 Juli 2017
|Chandra W.
Life
0SHARES

Memasuki usia 20-an, kita yang hidup di Indonesia biasanya sudah akan dihadapkan dengan berbagai macam pertanyaan yang nggak jarang bikin kesal. Mulai dari kuliah di mana, nanti kalau lulus mau kerja di mana, pas udah lulus belum kerja ditanyain kenapa, sekarang pacarnya siapa, udah kerja ditanyain kapan nikah, dan seterusnya. Pertanyaan ini semakin rawan dilemparkan ketika ada acara keluarga. Ketika seluruh keluarga besar berkumpul, apalagi yang udah jarang ketemu satu sama lain, pasti ada aja yang iseng nanyain pertanyaan-pertanyaan yang disebutkan di atas. Rasanya sebelas dua belas sama ketika kita masih kecil dan ditanyain sama om atau tante, “Sekarang kelas berapa?” padahal tahun kemarin juga udah jawab kelas empat, ya sekarang kelas lima lah. Terus mungkin kamu akan ditanya, “Kemarin ranking berapa?” pas kita nggak masuk sepuluh besar. Antara kepingin kabur atau balik nanya, “Pertanyaan yang lain ada nggak sih?”. Tapi, kita juga sadar bahwa nggak mungkin banget melakukan itu di hadapan keluarga besar. Bisa-bisa dicoret dari Kartu Keluarga, kan gawat.

Sebenarnya sih, kadang-kadang saudara menanyakan hal itu cuma buat basa-basi aja. Habisnya memang nggak pernah saling berkabar, masa mereka mau tanya gimana mantan kamu yang kemarin ditinggal nikah sama mantannya? Makanya mereka bertanya tentang hal-hal yang lebih umum dan cenderung di permukaan saja. Kesal sih pasti. Apalagi momen-momen Lebaran kaya gini nih. Buat yang udah lulus kuliah, apalagi udah kerja, kamu nggak mungkin bisa lolos dari pertanyaan “Kapan nikah?”. Hmm. Boro-boro nikah, pacar aja masih jauh di masa depan. Belum terlihat tanda-tanda keberadaannya. Daripada kesal lalu kabur atau melontarkan jawaban yang bikin awkward, apalagi sampai dicoret dari Kartu Keluarga, lebih baik dibawa santai aja. Kalau masih bingung juga mau jawab apa, nih Yukepo kasih tau jawaban-jawaban cerdas untuk menghadapi pertanyaan, “Kapan nikah?”. Karena sesungguhnya pertanyaan itu tidak hanya dilontarkan pada saat Lebaran, tapi juga saat reuni, arisan, bahkan ketika makan bareng siapa saja bisa menanyakannya, simaklah ini wahai anak muda!

1. Kalau nggak Sabtu, Minggu

Biar pas pada libur bisa kondangan semua.

2. Habis lamaran

Meskipun lamarannya juga entah kapan. Hahaha. Kalau ditanya, "Kapan lamaran?", jawab aja kalau udah beli cincin.

3. Kenapa memangnya? Mau bayarin?

Ini berlaku kalau yang nanya seumuran atau udah sangat akrab karena dapat memicu putusnya tali silaturahmi.

5. Nanti kalau penghulunya udah dateng

Kalau nggak ada penghulu gimana nikahnya hayo.

6. Pas ijab kabul

Jawaban ini tidak salah. Sangat benar malah.

7. Kamu kapan?

Tanya balik adalah jurus pamungkas. Asal yang ditanya balik juga belum nikah. Skakmat!

Jangan takut lagi ya dengan pertanyaan, "Kapan nikah?". Kamu kuat. Kamu hebat. Kamu bisa menjawabnya dengan lantang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES