7 Hobi yang Akan Mengasah Otak Kamu Menjadi Makin Cerdas. Yuk, Dicoba!

23 November 2017
|Robertus Jeje
4.2 KSHARES

Ada sebuah persepsi yang mengatakan bahwa kita nggak bisa berbuat banyak untuk meningkatkan kecerdasan kita. Pemikiran ini seakan-akan orang yang cerdas atau pintar itu ditentukan sejak dia lahir dan seolah-olah kamu tak bisa melakukan apa-apa. Pahadal, untuk meningkatkan kecerdasan otak itu bisa kamu latih kok dan semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjadi cerdas atau pintar.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan kecerdasan, salah satunya adalah dengan hobi. Kegiatan ini sudah menjadi bagian dalam hidup kita dan bisa dikembangkan pula. Tak berhenti sampai di situ saja, hobi yang bersifat positif juga memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan kecerdasan otak kita lho. Nah, berikut Yukepo bakal kasih kamu ulasan tentang hobi yang bisa membuat otak makin cerdas.

1. Membaca

Mungkin ini sudah menjadi rahasia umum bahwa membaca bisa menambah kecerdasan dan memberi hal-hal positif dalam hidup. Jika kamu ingin meningkatkan kecerdasan, cobalah untuk membaca topik-topik yang berbeda – mulai dari fiksi, antologi, hingga biografis. Membaca memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan pengetahuan, mengurangi stres, mengontrol emosi, dan bisa mengajarkan kamu tentang banyak hal.

2. Bermain alat musik

Bermain alat musik bisa merangsang otak. Sebab, musik memiliki kekuatan emosi yang kompleks dan bisa memberi pengaruh di sisi psikologis. Seperti yang dilansir dari Lifehack.org, mendengarkan musik dan bermain alat musik mampu meningkatkan kapasitas memori dan mengajarkan kamu kesabaran serta ketekunan saat latihan. Selain itu, bermain alat musik juga mampu melatih ketajaman serta konsentrasi kamu.

3. Olahraga

Olahraga secara teratur akan membuat otak dan tubuh sehat. Hal ini pula yang bisa memastikan agar otak dan tubuh bisa berfungsi secara semestinya. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa sirkulasi darah yang baik bisa membuat fungsi otak semakin meningkat. Nah, untuk mendapatkan sirkulasi darah yang baik, salah satunya adalah dengan berolahraga secara teratur.

4. Bermain catur

Seperti halnya saat kamu olahraga, bermain catur akan membuat otak kamu tetap ‘bugar’ dan bisa melatih ketajamannya. Namun tak hanya catur saja, permainan serupa seperti sudoku dan teka-teki silang (TTS) juga mampu meningkatkan kemampuan otak. Hobi ini akan membuat kamu lebih kreatif, dan membantu kamu untuk melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda.

5. Menulis

Hobi menulis mampu meningkatkan ketrampilan. Selain meningkatkan kemampuan linguistik, menulis juga melatih kamu untuk lebih fokus dan kreatif. Seperti yang dilansir dari Lifehack.org, menulis mampu untuk meningkatkan tingkat intelijen otak, sehingga bisa memiliki daya pikir, pemahaman, dan imajinasi yang baik. Itulah mengapa banyak penulis-penulis populer seperti Stephen King memiliki karya-karya yang luar biasa.

6. Traveling

Melakukan perjalanan dan mengunjungi tempat-tempat baru ternyata bisa meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini disebabkan saat kamu traveling akan melibatkan aktivitas fisik dan mental, pun bisa menyingkirkan tingkat stres dalam pikiran. Kemudian kamu juga akan merasa ‘bebas’, lebih fokus dengan tugas atau pekerjaan kamu, hingga cara pemahaman terhadap suatu hal. Sebab, saat kamu mengunjungi tempat yang baru, kamu akan mempelajari budaya, orang yang beragam, gaya hidup, dan lain sebagainya.

7. Memasak

Jika kamu suka memasak, cobalah untuk memasak jenis makanan yang baru. Hal ini akan meningkatkan kreativitas kamu. Sebab, saat kamu mencoba memasak jenis makanan baru, akan membuat kamu belajar hal baru – membutuhkan detail, mengukur dengan presisi, dan lainnya. Hal ini akan mengasah ketrampilan kamu untuk menjadi lebih cerdas.

Nah, itulah tadi 7 hobi yang bisa membantu kamu untuk lebih cerdas. Apakah hobi kamu ada di atas? Jika tidak, tak perlu bersedih. Apa pun hobi kamu, sejauh itu positif akan memberi banyak manfaat yang positif juga kok buat kamu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
4.2 KSHARES