7 Hal yang Harus Diperhatikan Baik-baik Jelang Prosesi Lamaran

unsplash.com

Menjalin cinta yang sudah cukup lama tentunya membuat kamu dan pasanganmu ingin segera menyatukan hubungan dalam mahligai pernikahan impian. Tapi jangan lupa, sebelum sampai ke pernikahan ada prosesi yang harus kamu lalui terlebih dahulu yaitu prosesi lamaran.

Lamaran berbeda lho dengan tunangan. Banyak masyarakat Indonesia yang menyamaratakan tunangan dengan lamaran. Sering lihat, kini banyak orang yang mengucapkan happy engagement day ketika dua sejoli saling memberi cincin. Padahal, Indonesia dengan keragaman adat dan budaya tentu memiliki aturan tersendiri dalam menjalankan prosesi lamaran.

Dalam lamaran, ada upacara adat yang harus dituruti. Sedangkan untuk tunangan hanya perubahan status hubungan pacaran menjadi lebih serius. Di Indonesia, prosesi lamaran dinilai lebih kuat dari tunangan. Untuk kalian yang mau melangsungkan prosesi lamaran, yuk simak tips menjelang hari lamaran berikut ini.

1. Menentukan semuanya dari anggaran

unsplash.com

Menjelang lamaran, biasanya kamu dan pasangan hanya sibuk mencari cincin yang ukurannya pas. Tapi jangan lupa kalau apapun yang kalian beli harus sesuai dengan budget yang disediakan. Kalian berdua perlu menentukan budget lamaran hingga pernikahan yang sesuai jumlah buku tabungan kalian. Jangan sampai kebobolan!

Yang diperlukan dari lamaran cukup banyak. Dari pembelian cincin, menyiapkan makan, makeup artist, fotografer dan seserahan jika memang dibutuhkan. Makanan ini sedikit krusial. Karena banyak orang terdekat yang akan datang, siapkan sebaik mungkin. Mulai dari makanan berat hingga camilan untuk menemani acara setelah rangkaian lamaran usai. Jika datang kerumah, pastikan semua makanan sudah siap lima belas menit sebelum keluarga besan datang ya!

2. Siapkan baju terbaik

unsplash.com

Di hari spesial ini, kamu dan pasanganmu perlu menyiapkan baju terbaik. Bukan baju baru, baju terbaik. Misalnya saja baju kebaya atau baju batik couple yang telah kalian miliki. Tidak hanya itu, siapkan juga pakaian terbaik untuk keluarga masing-masing. kalau bisa, senada dengan pakaian kamu dan pasanganmu. Hal ini supaya lebih seragam saja, bukan suatu keharusan.

3. Mempercantik semuanya

unsplash.com

Siapa sih yang tidak ingin terlihat istimewa di hari spesial? Tentunya sebagai perempuan, perlu menyisihkan waktu untuk melakukan perawatan wajah, tubuh dan gigi. Jangan lupakan bahwa kebersihan itu penting, termasuk rumahmu.

Untuk yang akan melangsungkan prosesi lamaran, jangan lupa bereskan area rumah, bersihkan semua debu dan lakukan hal yang membuatmu lebih berseri menjelang hari istimewa itu. Tentunya bagi pihak lelaki, jangan lupa juga untuk memperindah penampilanmu dengan tidak begadang dulu seminggu sebelum menjelang hari istimewa. Tujuannya agar wajah kalian fresh dan lebih berseri.

4. Luangkan waktu untuk me time
unsplash.com

Lamaran adalah sebuah prosesi yang dijalani sebelum pernikahan. Tentunya sebelum melangsungkan lamaran, kamu dan pasanganmu sudah cukup siap untuk berhenti melakukan hal yang kurang penting dan melalaikan komitmen.

Bukan berarti kalian harus ke mana-mana bareng, 24/7 dikabari, tetapi sudah saatnya melakukan prioritas untuk menjalankan komitmen. Sesekali tentu boleh me time dan tidak mengajak pasangan. Tapi, pastikan dulu semuanya telah aman terkendali.

5. Berhenti berharap seperti dongeng
unsplash.com

Kalau sudah lamaran, tentunya kamu dan pasangan sudah cukup punya pegangan mengenai sikap dan sifatnya. Tapi, kamu tentu belum mengenal kebiasaannya. Setelah melangsungkan lamaran nanti, jangan banyak berharap pasanganmu sempurna.

Kamu dan pasanganmu harus sudah siap dengan perubahan menjelang pernikahan. Misalnya mulai muncul tabiat buruknya, baik kamu dan pasanganmu perlu beradaptasi dengan perubahan itu. Tentunya perlu kompromi satu sama lain. Sudahlah yang pasti-pasti saja, tipsnya: let It flow!

6. Undang teman sebagai panitia dokumentasi

unsplash.com

Biasanya untuk acara yang hanya mengundang kerabat dan kawan dekat, tidak perlu menyewa organizer untuk menggelarkan prosesi lamaran. Tapi tetap butuh dokumentasi dong untuk menyimpan gambar dihari istimewa ini. Solusi cepatnya adalah, jadikan saja temanmu sebagai fotografer. Tapi, jangan lupa dibayar ya.

'Kan ini acara istimewamu, masa untuk komisi fotografer tidak kebagian. Selain hemat budget, fotografer yang merupakan teman kamu ataupun pasanganmu membuat lebih leluasa dan tidak canggung dalam berekspresi. Walaupun pasti ekspresi yang ditampilkan pastinya tawa bahagia sih.

7. Transportasi

unsplash.com

Ini aspek penting juga, apalagi jika acaranya diadakan jauh di luar dari rumah pihak wanita ataupun lelaki. Transportasi yang harus disiapkan sesuai dengan berapa anggota keluarga yang datang ke acara lamaranmu.

Kalau diadakan di rumah pihak wanita, berarti pihak lelaki perlu menyiapkan kendaraan untuk menuju rumah sang calon pendamping hidup. Pastikan juga kendaraan kalian bersih supaya tidak dianggap jorok sama tetangga yang lihat.

Itu dia beberapa tips mengenai lamaran yang semoga bermanfaat untuk kamu dan pasanganmu. Momen istimewa yang menjadi hari mendebarkan sebentar lagi menghampirimu, selamat ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Manfaat Daun Sirsak untuk Obat, dan Khasiatnya untuk Wanita | Keepo.me

Manfaat Daun Sirsak untuk Obat, dan Khasiatnya untuk Wanita | Keepo.me

Ciri Pria yang Berpotensi Jadi Mantan Terindah Pasca Putus

Ciri Pria yang Berpotensi Jadi Mantan Terindah Pasca Putus

19 Arti Mimpi yang Paling Sering Dialami Oleh Orang. Ternyata Punya Makna Tersendiri | Keepo.me

19 Arti Mimpi yang Paling Sering Dialami Oleh Orang. Ternyata Punya Makna Tersendiri | Keepo.me

Jika Tidak Berubah, 7 Kebiasaan Jelek Ini Bakal Terus Ada sampai Tua Kelak

Jika Tidak Berubah, 7 Kebiasaan Jelek Ini Bakal Terus Ada sampai Tua Kelak

Mengenal Berbagai Jenis Ucapan Belasungkawa dalam Berbagai Agama dan Bahasa | Keepo.me

Mengenal Berbagai Jenis Ucapan Belasungkawa dalam Berbagai Agama dan Bahasa | Keepo.me

7 Tanda yang Menunjukkan Seseorang Benar-benar Siap Menikah atau Tidak

7 Tanda yang Menunjukkan Seseorang Benar-benar Siap Menikah atau Tidak

loading