7 Hacks Tepat untuk Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan

unsplash.com

Memiliki tanaman hias di dalam rumah memberi keuntungan yang cukup banyak untuk kita. Pertama, rumah akan semakin indah dengan hiasan hidup tersebut. Kedua, memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan. Ketiga, kita jadi merasa segar dengan melihat hijaunya tanaman.

Tanaman hias memang menjadi incaran yang populer dicari orang untuk berbagai acara. Sayangnya kalau kurang telaten, tanaman yang indah itu bisa berubah jadi layu dan mati.

Penasaran dengan cara memelihara tanaman hias di dalam rumah yang tepat? Simak ulasan berfaedah ini!

1. Siram secukupnya

pixabay.com

Untuk tanaman hias, biasanya tidak membutuhkan begitu banyak air. Menyiram tanaman hias yang berada di ruangan sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Karena tanaman hias yang berada di dalam rumah memiliki tingkat kelembapan yang cukup lama dibandingkan dengan yan di luar ruangan. Memperhatikan frekuensi siram ini bisa membuat tanaman tidak menjadi busuk dan layu.

Sering-seringlah menyentuh tanahnya. Jika tanah terasa lembap, berarti tanaman hias kalian masih dalam kondisi cukup air. Jika terasa kering, segera siram tanaman hias kalian secukupnya. Jangan sampai air menggenang di pot tanaman. Secukupnya saja, jangan terlalu banyak.

Ada baiknya juga kalau kamu menyiram tanaman di pagi hari. Pagi hari merupakan waktu terbaik tanaman untuk menyerap nutrisi ke seluruh bagian tubuhnya.

2. Mendapatkan cahaya matahari

pixabay.com

Meskipun tanaman hias yang berada di dalam ruangan tidak membutuhkan banyak sinar matahari untuk fotosintesis, tetap saja mereka butuh matahari untuk menjadi nutrisi tubuhnya. Hanya saja, jangan terkena matahari secara langsung. Setidaknya, tanaman hias di dalam ruangan kalian itu dipindah dua minggu sekali.

Kalian bisa menyimpan tanaman hias di dekat jendela agar bisa menikmati matahari tidak langsung. Untuk yang kamarnya menggunakan AC, harus sangat memperhatikan kondisi tanamannya. Tanaman hias ini sangat mudah busuk dan layu jika suhu dan kelembapannya terlalu ekstrim.

Beberapa tanaman hias mungkin masih bisa tumbuh di suhu 22 derajat. Namun kebanyakan tanaman tidak tahan dingin. Jadi, sering-sering kontrol keadaan tanaman hiasmu, ya!

3. Memberi pupuk

pixabay.com

Tanaman hias juga perlu diberi pupuk untuk meningkatkan nutrisi. Nitrogen dibutuhkan tanaman sebagai nutrisi untuk keseimbangan dan kalium yang menjadi nutrisi kekuatan batang tubuhnya.

Tanaman hias milikmu ada baiknya untuk dilakukan saat musim penghujan dibanding musim kemarau. Meskipun sekarang tidak bisa lagi menentukan musim, tapi pilihlah saat cuaca cukup lembab untuk memberi pupuk. 

4. Dipangkas secara rutin
pxhere.com

Tanaman hias juga harus dipangkas seperti rambut lelaki. Pemangkasan ini berguna untuk meremajakan tanaman hias. Tanaman hias memang ada baiknya tidak tumbuh terlalu tinggi dan terlalu lebat. Selain terkesan penuh dan tidak sedap dilihat, tanaman hias yang terlalu lebat bisa jadi diserang hama. Jadi, tanaman perlu dipangkas secara rutin agara tidak mengganggu kalian.

5. Ganti pot
pixabay.com

Biasanya, mengganti pot perlu dilakukan jika batang dan akarnya sudah jadi lebih besar. Gunakan pot yang terbuat dari tanah liat untuk penggantian media tanam ini dengan komposisi 1:1:1 pasir, tanah dan pupuk.

6. Mengelap daun

pixabay.com

Tanaman hias yang saat ini sangat populer memiliki bentuk daun yang menarik. Supaya daunnya tetap segar dan menarik, ada baiknya mengelap daun atau menyekanya dengan lap. Mengelap daun ini berfungsi untuk menghilangkan debu pada duan yang dimiliki tanaman hias kalian.

7. Pakai gunting

pixabay.com

Merawat tanaman hias itu susah-susah-gampang. Kalian perlu memperhatikan tanaman hias sesering mungkin termasuk media tanam ataupun tanah pada pot. Beberapa tanaman hias yang di dalam ruangan mungkin jarang memiliki rumput liar seperti tanaman hias di luar ruangan.

Jika ada daun yang kuning atau kering, usahakan untuk mencabutnya tanpa merusah tanaman. Sangat disarankan kalian menggunakan gunting tanaman supaya pertumbuhan dan bentuk dari tanaman hias kalian tidak terganggu.

Untuk merawat tanaman hias, perlu diperhatikan terlebih dahulu karakteristik dari tanaman yang kalian miliki. Beda tanaman, beda juga jenis perlakuannya. Tanaman hias yang berada di luar ruangan akan beda dengan tanaman hias yang di tempatkan di dalam ruangan. Kalau sudah tahu karakternya, jadi lebih paham dan mudah untuk merawat tanaman tersebut, 'kan?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pamer Foto Perut Sixpack, Cinta Laura Dipuji Seksi oleh Netizen | Keepo.me

Pamer Foto Perut Sixpack, Cinta Laura Dipuji Seksi oleh Netizen | Keepo.me

Panduan Jitu yang Mempermudah Generasi Z untuk Cepat Dapat Kerjaan

Panduan Jitu yang Mempermudah Generasi Z untuk Cepat Dapat Kerjaan

Nasa : Asteroid Sebesar "Dua Kali Monas" Akan Menghantam Bumi Pada 13 April 2029! | Keepo.me

Nasa : Asteroid Sebesar "Dua Kali Monas" Akan Menghantam Bumi Pada 13 April 2029! | Keepo.me

9 Hacks untuk Merawat Sepatu Putih Biar Nggak Kucel dan Buluk

9 Hacks untuk Merawat Sepatu Putih Biar Nggak Kucel dan Buluk

Deretan Sejarah dan Mitos tentang Lawang Sewu, Bangunan Terangker Kedua se-Asia! | Keepo.me

Deretan Sejarah dan Mitos tentang Lawang Sewu, Bangunan Terangker Kedua se-Asia! | Keepo.me

Wadah Skincare Bekasmu Bakal Berfaedah Jika Disulap Jadi 7 Benda Ini!

Wadah Skincare Bekasmu Bakal Berfaedah Jika Disulap Jadi 7 Benda Ini!

loading