7 Gambar Ilusi Optik Ini Bakal Menipu Penglihatanmu Habis-habisan!

20 Desember 2016
|Indana Putri
Life
0SHARES

Ilusi optik biasanya menampilkan gambaran yang berbeda dari kenyataannya secara visual. Atau dalam istilah lainnya, ilusi optik biasa juga disebut sebagai tipuan mata. Karena terkadang gambar yang ditampilkan tampak sangat berbeda dari kenyataannya sehingga bisa menipu penglihatanmu secara habis-habisan. Seperti kata pepatah, nggak semua yang terlihat oleh mata itu benar adanya. Hmmm berarti pencitraan di media massa itu juga biss disebut ilusi optik kali, ya? Hihi. Dikutip dari Brightside.me, yuKepo menampilkan 7 ilusi optik yang bakal bikin matamu tertipu habis-habisan. Siap-siap mikir keras!

1. Hayo tebak ini hewan apa? Kodok atau kuda?

Di gambar awal emang itu kodok sih. Tapi kalau diputar 90 derajat ke sebelah kiri kok jadi kuda ya? Ketipu ilusi optik deh!

2. Yakin tiga model ini cantik?

Setelah dilihat secara terbalik, masih cantik nggaaaak?

3. Kucing ini mau naik atau turun tangga?

Pada bingung nggak sih ini kucing maunya apa? Naik atau turun tangga, ya?

4. Jendela ini ada di sebelah kanan atau kiri bangunan ?

Menurut kamu, sebenarnya jendela ini menghadap ke mana sih?

5. Empat lingkaran ini saling nyambung nggak?

Walaupun keliatan saling terhubung seperti spiral, ternyata empat lingkaran ini nggak saling terhubung loh! Coba perhatiin garis penghubung merah itu deh.

6. Luminance-gradien yang dinamis

Coba deh kamu gerakkan kepalamu mendekat ke arah layar secara perlahan. Cahaya putihnya bakal jadi keliatan lebih terang. Sedangkan kalau kamu mundurkan kepalamu pelan-pelan cahaya putih itu bakal telihat meredup.

7. Gambarnya bergerak naik turun!

Gambar ini sebenernya diam nggak bergerak. Tapi karena pola dan warna yang terbentuk sedemikian rupa, gambar ini jadi telihat bergerak saat kita meng-scroll gambar ke atas dan ke bawah.

Gimana guys? Udah pada kena tipuan mata belum? Memang sih, di dunia seni rupa visual ini ada permainan tipuan mata. Ilusi optik ini bukan hanya menunjukkan betapa sebuah gambar bisa menipu, tapi juga menunjukkan betapa hebat dan kreatifnya para seniman tukang tipu ini. Salah satu hal yang bisa kita pelajari dari ilusi optik ini adalah bahwa kita harus melihat dari sudut pandang lain. Karena jika kita hanya ngotot memandang dari satu sisi, kita nggak bakal tau bahwa ada sudut pandang lain yang juga menarik. Kalau dihubungkan dengan situasi yang ramai terjadi di Indonesia belakangan ini, mungkin kita juga banyak yang tertipu oleh berita yang tayang di media. Kena tipu ilusi optik nih, kasiaaan deh lu!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Indana Putri
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES