7 Foto Menyedihkan Beberapa Tempat di Suriah Sebelum dan Sesudah Perang

01 Juni 2017
|Romlah Sundari
Life
0SHARES

Perang Suriah merupakan salah satu tragedi kemanusiaan yang paling menyedihkan dalam sejarah konflik dunia. Perang yang berlangsung sejak tahun 2011 ini menimbulkan banyak sekali korban jiwa. Tercatat kini setidaknya 300.000 orang telah terbunuh dan 6 Juta lainnya harus mengungsi dari Suriah. Tidak hanya memakan korban jiwa, perang yang hingga kini masih terus berlangsung ini juga telah menimbulkan banyak kehancuran di kota-kota di Suriah. Kota yang dulu begitu cantik dengan berbagai bangunan megah kini harus runtuh menjadi puing-puing akibat perang. Berikut adalah foto tempat-tempat di Suriah sebelum dan sesudah perang terjadi.

1. Citadel

Citadel sebelum perang merupakan sebuah kastil di kawasan kota tua Aleppo, bagian utara Suriah. Kastil megah ini merupakan salah satu kastil tertua di dunia. Dibangun pada pertengahan abad ke-3 Sebelum Masehi, Citadel menjadi salah satu World Heritage Site menurut UNESCO sejak tahun 1986.

2. Masjid Ummayad

Masjid Ummayad ini terletak di kota Damaskus dan dijuluki sebagai The Great Mosque of Damaskus. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di dunia dan merupakan tempat suci bagi umat Muslim karena dipercaya sebagai tempat turunnya Nabi Isa di zaman penghabisan kelak.

3. Hammam Al-Nahhasin

Hammam Al-Nahhasin merupakan tempat pemandian khusus laki-laki yang terletak di Kota Tua Aleppo. Tempat pemandian ini dibangun pada abad ke-12 dan menjadi daya tarik wisata di Suriah.

4. Pasar Tua Aleppo (Aleppo Old Souk)

Pasar Tua Aleppo ini tidak hanya menjadi tempat bersejarah bagi masyarakat Suriah. Pasar Tua ini juga menjadi tempat masyarakat Aleppo bernostalgia dan mengenang kembali identitas kebudayaan mereka.

5. Masjid Omari Daraa

Masjid Omari terletak di Kota Bosra, Suriah. Masjid ini memiliki nilai sejarah karena didirikan oleh Khalifah Umar pada masa pemerintahannya dan merupakan salah satu masjid tertua di dunia.

6. Bab Al-Nasr

Bab Al-Nasr adalah salah satu dari 9 gerbang bersejarah yang terletak di Kota Tua Aleppo. Gerbang yang tadinya bernama Bab Al-Yahud ini dibangun kembali dan dinamai kembali oleh Az-Zahir Ghazi pada tahun 1212.

7. Rumah Sakit Al Kindi

Rumah Sakit Al-Kindi merupakan salah satu fasilitas kesehatan di Aleppo. Rumah sakit yang juga menjadi fasilitas edukasi ini menjadi salah satu fasilitas penting bagi masyarakat Aleppo.

Ketujuh foto di atas menunjukkan betapa perang dapat menghancurkan noktah-noktah sejarah yang ada di Suriah. Peradaban yang telah dibangun selama ribuan tahun dapat luluh lantak dalam sekejap karena peperangan. Bukan hanya infrastruktur yang mengalami kehancuran, masyarakat Suriah pun kini terpaksa harus meninggalkan negaranya demi menyelamatkan diri. Penderitaan-penderitaan yang terjadi di Suriah ini, apakah akan sebanding dengan hasil yang akan didapatkan dari peperangan?

Jadi, bersyukurlah kita yang hidup jauh dari medan perang. Bersyukurlah kita yang masih dapat hidup dalam damai. Perdamaian harus terus kita jaga dan lestarikan, mulai dari hal-hal kecil, seperti belajar untuk bertoleransi dan menerima perbedaan.


Marah
Marah
100 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES