7 Foto Bencana Kekeringan di Somalia Ini Bakal Bikin Kamu Sedih

28 Juni 2017
|Romlah Sundari
198SHARES

Sejak Februari, kekeringan melanda Somalia yang terletak di sisi timur benua Afrika. Hingga kini, tragedi yang menimpa Somalia belum berhasil ditangani meski bantuan telah diberikan oleh berbagai organisasi dunia. Tercatat, 6 Juta lebih orang di Somalia terkena dampak dari bencana alam ini dan terancam nyawanya. Krisis kemanusiaan hebat yang terjadi di Somalia ini memang bukan yang pertama kali terjadi, kekeringan telah melanda Somalia pada tahun 2011 lalu dan membunuh setidaknya 250.000 jiwa.

Akan tetapi bencana kekeringan yang kini sedang terjadi di Somalia ini adalah yang paling buruk yang pernah terjadi dalam sejarah Somalia. Hujan tidak turun di Somalia selama 2 tahun. Hal ini menyebabkan hewan ternak mati dan tanaman mengering. Tidak hanya itu, cadangan air di Somalia pun semakin menipis. Sumur dan sawah-sawah mengering. Somalia kini tidak hanya dihadapkan dengan bencana kekeringan namun juga kelaparan dan wabah penyakit. Foto-foto berikut ini akan membuka matamu akan kenyataan menyedihkan yang sedang terjadi di Somalia saat ini.

1. Bencana kekeringan di Somalia telah merenggut nyawa hewan ternak rakyat Somalia

2. Bukan hanya hewan ternak, bencana alam ini juga mengancam jutaan nyawa di Somalia

4. Mereka terpaksa tinggal di barak-barak pengungsian yang sebenarnya tidak layak huni

5. Bencana kekeringan berdampak pada kelaparan karena sawah dan tumbuhan yang mengering

6. Ratusan ribu nyawa anak-anak Somalia terancam, mereka menghadapi bahaya malnutrisi dan wabah penyakit

7. Mereka harus mengantre panjang hanya untuk mendapatkan air bersih demi bertahan hidup

Bantuan internasional telah diturunkan untuk membantu Somalia bertahan dalam bencana alam yang mengerikan ini. Berbagai organisasi kemanusiaan telah mengerahkan tenaganya untuk menyediakan pangan dan air bersih di Somalia. Namun respon internasional ini dinilai masih kurang tanggap oleh organisasi kemanusiaan internasional ternama, Oxfam.

Di saat kita masih dapat merasakan air bersih yang melimpah dan pangan yang selalu tersedia di atas meja, saudara-saudara kita di Somalia harus menghadapi maut yang mengintai setiap hari. Jadi jangan lupa untuk bersyukur akan keadaanmu saat ini. Indonesia diberkahi dengan iklim yang baik dan tanah yang subur. Negara kita memiliki sumber daya alam yang begitu kaya. Maka syukurilah setiap bulir nasi yang terhidang di atas piringmu. Karena ternyata tidak semua orang di dunia cukup beruntung untuk dapat memenuhi kebutuhan paling dasar seperti makan dan minum setiap harinya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
198SHARES