7 Ciri Pacar yang Berpotensi Melakukan KDRT Setelah Menikah Kelak

unsplash.com

Memiliki pasangan yang penuh kasih sayang, tentu bikin bahagiakan. Namun, tahukah kamu jika kebanyakan orang itu akan menunjukkan sifat aslinya saat berpacaran? Di masa PDKT, mereka akan bersikap baik, ramah, penuh perhatian, dan kasih sayang. Tapi jika sudah resmi menjalin hubungan, sikap manis itu perlahan sirna.

Tidak menutup kemungkinan, mereka akan main tangan saat terjadi perselisihan di antara kalian. Jika sifat aslinya ini nggak kamu ketahui, saat menikah ini bisa memicu KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga. Hal ini tentunya harus kita sadari sebelum terlambat.

Sudah ada banyak korbannya. Tidak mengenal jenis kelamin, namun tidak sedikit wanita yang menjadi korbannya. Karena terlalu mengandalkan perasaan, banyak wanita yang nggak sampai hati dan memaafkan kesalah pasangannya saat melakukan KDRT. Ketahui tanda awal yang menandakan jika pacarmu berpotensi melakukan KDRT setelah menikah.

1. Cemburu berlebihan hingga mengancam

pexels.com

Ciri pacarmu berpotensi melakukan KDRT adalah ketia dia memiliki rasa cemburu berlebihan. Dia nggak segan mengancam jika hal ini sampai terjadi. Coba jawab pertanyaan ini. Apakah pasanganmu sering cemburu berlebihan terhadap setiap lawan jenis yang sedang bersamamu tanpa alasan kuat?

Jika iya, kamu perlu mulai untuk menamengi diri dengan berargumen. Menyuruhmu pulang tanpa alasan dan mengancam adalah respon awalnya. Tentu ini patut diwaspadai. Kemungkinan, di lain waktu ia tidak akan segan untuk bertindak kasar benaran.

2. Tertutup dan cenderung mengisolir kamu

pexels.com

Tipikal orang mungkin ada yang suka menyendiri dan introvert. Namun, jika tiba-tiba pacar menjadi yang tertutup dan cenderung mengisolir kamu setelah berpacaran, tentu ini bukan hal yang lumrah. Kamu harus mencari tahu sebab ia menjadi membatasi ruang gerak dan lingkupmu. Jika ini sudah membuatmu tidak nyaman, nggak ada salahnya untuk diobrolkan empat mata terlebih dahulu.

3. Terlalu sensitif alias mudah tersinggung

pexels.com

Jika sering merasa pasanganmu cenderung akhir-akhir ini jadi mudah tersinggung, kamu patut menganalisa perubahan sikapnya ini dengan serius. Pasalnya, beberapa orang yang mudah tersinggung dengan pasangannya, tidak menutup kemungkinan untuk berbuat kasar kepadamu. Salah sedikit, dia bakalan menghajarmu habis-habisan.

4. Terlalu mengontrol kehidupanmu
pexels.com

Jika dia sudah mengontrol hidupmu dengan porsi yang terlalu besar, jangan biarkan hal ini terjadi terus-terusan. Mulai beri pengertian jika dalam pacaran tidak baik untuk terlalu membatasi gerak pasangan. Apalagi jika sampai membatasi mimpi dan cita-cita. Itu sudah termasuk obsesi yang berlebihan.

Obsesi berlebihan ini tentu tidak akan membawa kebaikan dalam hubungan mana pun. Jika pacarmu memiliki power yang besar dan kemauannya tidak dituruti, jangan kaget jika dia berkemungkinan akan menyiksamu saat kalian sudah menjadi suami istri.

5. Mudah mengancam untuk melakukan kekerasan
pexels.com

Tanda pasanganmu berpotensi melakukan KDRT adalah sejak pacaran adalah tidak segan untuk bertindak kasar. Saat pacaran, banyak orang yang cenderung sudah menganggap bahwa dirimu sudah menjadi miliknya seutuhnya. Padahal nyatanya tidak demikian.

Jika terlalu sering menunjukkan kelemahanmu, dia akan mencari celah supaya kamu terlihat bersalah dan punya hak untuk melakukan hal kasar. Dengan dalih demi kebaikan, kejadian ini nggak bisa dibiarkan terus-terusan. Jika sampai terjadi, segera putuskan untuk mengakhiri hubungan. Saat pacaran saja sudah seperti ini, kalau menikah ketakutan akan KDRT bisa terjadi beneran, tuh.

6. Mengikat secara emosional untuk selalu bersamanya

pexels.com

Terlalu mengikat adalah salah satu tanda pacarmu berpotensi melakukan KDRT dalam rumah tangga kelak. Ini berkaitan dengan dirinya yang terlalu mengontrol dalam ikatan emosi. Rayuan untuk bersama sehidup semati memang kedengarannya romantis. Jika dilogika, tentu ikatan ini bisa membahayakan dirimu di masa depan. Apalagi jika sudah terjerat dalam abusive relationship.

7. Sering membuatmu merasa bersalah

pexels.com

Pasanga yang cenderung membuatmu merasa bersalah atas apapun yang kamu lakukan yang tanpa sengaja bisa menjadi awal dari KDRT saat sudah menikah. Dia paham apa saja yang akan membuat kamu merasa lemah di hadapannya. Dari sini, dia mampu membuatmu jadi penurut.

Jika sudah ada di titik ini, kamu yang merasa bersalah pun tidak bisa berbuat apa-apa selain mengakui dan menerima pukulan dan tamparan di sekujur tubuhmu. Sebelum terjadi, nggak ada salahnya untuk curhat dengan sahabat atau keluarga terdekat jika pacarmu sudah berani main tangan dan melukaimu secara fisik.

Sebelum terlambat, ini saatnya untuk menentukan apakah pacarmu yang sekarang memang baik dan tidak ada kemungkinan untuk melakukan KDRT saat sudah menikah kelak. Jangan segan untuk mengakhiri hubungan jika memang sebagian besar hal di atas sudah kamu alami. Pertahankan jika memang pacarmu yang sekarang memang "stabil" dalam emosi ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Film Keluarga Terbaik yang Cocok Ditonton Saat Lebaran | Keepo.me

7 Film Keluarga Terbaik yang Cocok Ditonton Saat Lebaran | Keepo.me

Melakukan Kesalahan Adalah Pangkal Seseorang Memiliki Kreativitas Tanpa Batas

Melakukan Kesalahan Adalah Pangkal Seseorang Memiliki Kreativitas Tanpa Batas

7 Film Jadul Terbaik Tentang Pembunuhan. Klasik tapi Tegang! | Keepo.me

7 Film Jadul Terbaik Tentang Pembunuhan. Klasik tapi Tegang! | Keepo.me

Anak Ngapak Sejati Harus Tahu 19 Kata Ini! Ora Ngerti Ya Kebangetan

Anak Ngapak Sejati Harus Tahu 19 Kata Ini! Ora Ngerti Ya Kebangetan

8 Tips Traveling Praktis Tanpa Bagasi, Biar Mudik Nggak Repot Sendiri | Keepo.me

8 Tips Traveling Praktis Tanpa Bagasi, Biar Mudik Nggak Repot Sendiri | Keepo.me

Jadilah Orang yang Karismatik Jika Ingin Karier yang Meroket Cepat

Jadilah Orang yang Karismatik Jika Ingin Karier yang Meroket Cepat

loading