7 Cara Terbaik Agar Tetap Nyaman dengan Diri Sendiri

unsplash.com

Pernahkah merasa bahwa dirimu berbeda dari yang lain? Kurang cantik hingga terlalu kurus? Pernah ada di momen bahwa perbedaan status adalah masalah besar bagimu? Sekarang coba tanyakan pada dirimu sendiri, nyamankah kamu ada di posisi saat ini?

Banyak hal yang membuat kita ragu dan merasa tidak yakin dengan diri sendiri. Padahal, kita memiliki kesempatan dan harapan yang sama, tidak peduli seperti apa rupa dan statusnya. Namun, pastinya banyak sebab kenapa kita yang merasa kurang nyaman dengan dirinya sendiri.

Tahukah kamu, sebenarnya itu tidak perlu. Mungkin kamu harus mulai belajar untuk merasa nyaman dengan dirimu sendiri. Bagaimana caranya?

1. Berhenti untuk selalu mendengarkan orang lain

pexels.com

Kurang merasa nyaman dengan diri sendiri bisa saja disebabkan oleh gangguan eksternal. Salah satunya adalah terlalu sering mendengarkan komentar orang lain. Sadar nggak, kalau mendengarkan komentar orang lain bukannya akan menyadarkan kamu. Ini malah membuatmu makin minder dengan kekurangan yang mereka bicarakan.

Jika kamu memang menganggap dirimu kurang sempurna, jangan malu akan hal itu dan berhenti mendengarkan orang lain. Karena yang mengerti akan dirimu ya hanya kamu.

2. Rangkul ketidaksempurnaanmu dan tunjukkan pada mereka

pexels.com

Hal ini bisa jadi penyebab kenapa kamu merasa kurang yakin dan tidak nyaman dengan diri sendiri. Kamu merasa kurang sempurna. Come on, nobody’s literally perfect.

Ini bukan tentang bagaimana harus menerima kekuranganmu, tapi merangkul. Hal terbaik yang bisa dilakukan untuk dirimu sendiri adalah rangkul ketidaksempurnaanmu dan tunjukkan ke pada mereka bahwa kamu tidak berbeda. Kamu adalah dirimu yang punya prinsip dan ciri khas.

3. Jangan pernah meragukan dirimu sendiri

pexels.com

Cara terbaik untuk nyaman dengan dirimu sendiri adalah dengan tidak meragukan akan potensi dan kesempatan yang dapat kamu raih. Untuk sebagian orang, yakin dengan berbagai hal mungkin tidak semudah itu. Selalu ada keraguan yang tersirat dari keinginan dan potensi sesungguhnya yang bisa mereka kembangkan.

Namun, jika saja mereka tidak sebegitu ragu dengan apa yang dapat mereka raih mungkin kehidupan akan jauh lebih baik. Tidak ada lagi keraguan akan diri sendiri.

4. Pahami apa yang benar-benar penting untukmu
pexels.com

Pahami apa yang benar-benar penting dan hal apa yang ingin kamu capai kelak. Apakah menjadi seseorang yang ambisius itu penting? Menjadi populer, kreatif atau menjadi seseorang yang diakui itu penting untukmu? Semua adalah pilihan. Bagaimana kamu dapat memahami apa yang benar-benar menjadi tujuan hidupmu.

5. Belajar mengikhlaskan yang telah berlalu
pexels.com

Hal terbaik untuk merasa nyaman dengan diri sendiri adalah belajar untuk mengihklaskan yang telah berlalu dan bersiap menyambut banyak hal baru di depan mata. Masa depanmu terbentang luas,dan terlalu jauh untuk kamu menoleh kembali.

Merasa nyaman dengan diri sendiri bisa diwujudkan dengan cara mengikhlaskan apapun yang telah berlalu. Mungkin, dulu pernah ada kesalahan yang tidak dapat kamu lupakan. Namun saat ini tidak ada lagi alasan untuk selalu menoleh ke belakang. Bangkit, dan terima apa yang kini ada di hadapanmu.

6. Ciptakan perubahan berarti bagi dirimu

pexels.com

Kamu tidak akan pernah benar-benar merasa nyaman dengan dirimu sendiri kecuali kamu belajar untuk menciptakan perubahan itu sendiri. Kamu harus berani untuk mencoba hal positif baru yang menurutmu itu di luar kebiasaanmu. Hal ini akan menumbuhkan rasa percaya diri sendiri dan mengenal potensial yang sebelumnya tidak pernah kamu sadari.

7. Ciptakan kalimat saktimu sendiri dan ucapkan setiap hari

pexels.com

Cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat merasa nyaman dengan dirimu sendiri adalah menciptakan kalimat motivasi khusus. Katakan hal itu di setiap kamu membuka mata di pagi hari. Percaya atau tidak, kalimat motivatif ini dapat merangsang otak untuk termotivasi dengan sendirinya. Karena pada dasarnya, otak seperti sponge yang menyerap air. Otak juga menyerap setiap kata yang kita ucapkan. Perbanyaklah berbicara baik dan positif untuk dirimu sendiri.

Ragu dan tidak merasa nyaman dengan diri sendiri tentunya menjadi salah satu penyebab kamu sulit untuk menerima keadaan. Hal ini bisa membuka mata akan hal-hal potensial yang sebenarnya dapat kamu kembangkan. Dengan menerapkan beberapa cara di atas, kemungkinan buat untuk berubah ke arah yang lebih baik tentunya akan jauh lebih banyak lagi. Selamat mencoba!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
8 Hal Mengganggu yang Akan Muncul Jelang Hari Pernikahan

8 Hal Mengganggu yang Akan Muncul Jelang Hari Pernikahan

Langkah Tepat Menolong Orang yang Kondisinya Belum Pernah Kita Alami

Langkah Tepat Menolong Orang yang Kondisinya Belum Pernah Kita Alami

Tips Simpel Mengusir Bad Mood Saat Menunaikan Ibadah Puasa

Tips Simpel Mengusir Bad Mood Saat Menunaikan Ibadah Puasa

Tanda Hubunganmu Udah Nggak Sehat. Lebih Baik Tinggalkan Daripada Menderita Dipertahankan

Tanda Hubunganmu Udah Nggak Sehat. Lebih Baik Tinggalkan Daripada Menderita Dipertahankan

Kebaikan-kebaikan Kecil Ini Bikin Kamu Percaya, Masih Ada Orang yang Hatinya Mulia!

Kebaikan-kebaikan Kecil Ini Bikin Kamu Percaya, Masih Ada Orang yang Hatinya Mulia!

7 Beasiswa yang Lumayan buat Nambah Uang Saku Mahasiswa S1, Yuk Daftar!

7 Beasiswa yang Lumayan buat Nambah Uang Saku Mahasiswa S1, Yuk Daftar!

loading