7 Beasiswa yang Lumayan Buat Nambah Uang Saku Mahasiswa S1, Yuk Daftar!

17 September 2017
|Chandra W.
0SHARES

Jadi mahasiswa itu banyak senangnya. Nggak enaknya cuma ketika akhir bulan kantong menipis dan jadi nggak bisa leluasa bergerak. Masa mau minta orang tua lagi? Ngelunjak itu mah. Sudah menjadi mahasiswa harus bisa mengatasi kesulitan dengan cara cerdas dong. Salah satunya dengan mencari beasiswa. Banyak lho beasiswa baik dari pemerintah maupun swasta yang bisa meringankan bebanmu di akhir bulan, bisa juga meringankan beban orang tua. YuKepo sudah mengumpulkan tujuh beasiswa dalam negeri untuk referensi kamu nih. Simak ya!

1. Beasiswa Bidik Misi (BBM)

Beasiswa dari pemerintah Indonesia ini menggratiskan biaya kuliahmu hingga maksimum delapan semester. Selain itu, BBM juga memberikan uang saku senilai Rp 600.000 per bulan. Salah satu syaratnya adalah:

Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:

Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atauPendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.

Selain itu, calon penerima BBM juga harus merupakan siswa berprestasi dengan bukti rekomendasi dari sekolah. Kamu bisa melamar beasiswa untuk masuk PTN maupun PTS. Info lebih lengkap dapat dilihat di website resmi Bidikmisi.

2. Beasiswa Sobat Bumi

Beasiswa yang merupakan bentuk Corporate Social Responsibility dari Pertamina ini diberikan untuk kamu yang memiliki jiwa kepemimpinan dan peduli lingkungan. Beasiswa Sobat Bumi memberikan bantuan UKT maksimal Rp 5.000.000 per semester dan uang saku Rp 500.000 per bulan. Syarat untuk melamar beasiswa ini antara lain telah menempuh minimal empat semester dan IPK minimal 3.00.  Informasi lengkapnya bisa dicek di website resmi Beasiswa Sobat Bumi.

3. Beasiswa Bakti BCA

Sesuai namanya, beasiswa ini juga merupakan CSR dari Bank Central Asia (BCA) untuk mahasiswa minimal semester lima dengan IPK minimal 3.00. Bantuan yang diberikan berupa uang UKT dan biaya hidup. Syarat-syarat yang harus dilampirkan tidak jauh berbeda dengan beasiswa pada umumnya yaitu transkrip nilai dan lampiran penghasilan orang tua.

4. Paragon Scholarship Program

Beasiswa dari PT. Paragon Technology and Innovation ini ada tiga jenis, yaitu beasiswa prestasi, beasiswa pemberdayaan dan beasiswa tugas akhir. Berikut penjelasannya:

1. Beasiswa Prestasi

Grantee Paragon akan mendapatkan: – Uang saku Rp. 6.000.000/semester – Pembinaan dari Paragon Scholarship Program – Kesempatan Internship di PT Paragon Technology and Innovation – Kesempatan berkontribusi untuk pengembangan masyarakat

Persyaratan: – Mahasiswa semester 6 Program Sarjana (tahun ajaran 2016/2017) – IPK minimal 3.30 – Fotokopi KTM – Fotokopi KTP – Fotokopi buku tabungan – Form pengajuan beasiswa ( download di http://tinyurl.com/BeasiswaPrestasi ) – Transkrip nilai semester 4 – Sertifikat prestasi akademik/nonakademik – Essay dengan tema “Inspirasiku untuk Indonesia”

2. Beasiswa Pemberdayaan

Grantee Paragon akan mendapatkan: – Uang saku Rp. 5.100.000/semester – Pembinaan dari Paragon Scholarship Program

Persyaratan: – Mahasiswa semester 4 Program Sarjana – IPK minimal 2.80 – Fotokopi KTM – Fotokopi KTP – Fotokopi buku tabungan – Form pengajuan beasiswa ( download di http://tinyurl.com/BeasiswaPemberdayaan ) – Transkrip nilai semester 2 – Surat keterangan tidak mampu – Bukti penghasilan orang tua (slip gaji/pernyataan penghasilan orang tua)

3. Beasiswa Tugas Akhir

Grantee Paragon akan mendapatkan: – Dana Tugas Akhir sebesar Rp 5.000.000 – Ikatan Dinas di PT Paragon Technology and Innovation

Persyaratan: – Mahasiswa semester 8 Program Sarjana – IPK minimal 3.00 – Fotokopi KTM – Fotokopi KTP – Fotokopi buku tabungan – Form pengajuan beasiswa – Transkrip nilai semester 6 – Surat pernyataan sedang mengerjakan Tugas Akhir – Proposal Tugas Akhir

5. Beasiswa Karya Salemba Empat

Merupakan beasiswa yang disediakan oleh Yayasan Karya Salemba Empat (KSE). Ada empat jenis beasiswa, yaitu Beasiswa Reguler, Beasiswa Unggulan, Social Entrepreneurship dan Technology for Indonesia. Syaratnya minimal mahasiswa semester dua. Bantuan yang diberikan berupa biaya hidup, internet, buku serta tambahan biaya SPP/UKT dan bantuan dana tugas akhir. Untuk info lebih lengkap, cek website resmi KSE.

6. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa dari Kemenristekdikti ini memberikan bantuan sebesar Rp 400.000 per bulan selama sekurang-kurangnya satu semester. Artinya, setelah itu kamu bisa mengajukan lagi untuk semester berikutnya jika memenuhi syarat (salah satunya IPK yang stabil). Minimal kamu sudah duduk di semester dua jika ingin melamar beasiswa PPA.

7. Beswan Djarum

Beasiswa dari Djarum Foundation ini cukup menantang. Sebab, untuk mendapatkannya kamu harus mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) dan juga tes wawancara. Informasi lebih lengkapnya bisa dicek di website resmi beasiswa Djarum.

Gimana? Sudah ada pikiran mau mengajukan beasiswa yang mana? Semangat para pemburu beasiswa!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES