7 Barang yang Hampir Punah Gara-gara Dunia Digital, Masih Ada yang Punya?

02 Februari 2017
|Iswara Aji Pratama
Life
0SHARES

Hidup terus berjalan, inovasi selalu diadakan. Bukan hanya manusia yang berubah, tapi juga ciptaan-ciptaannya. Buat kamu yang lahir pada tahun 90-an ke bawah pasti tau rasanya hidup tanpa dunia digital. Aktivitasmu mungkin lebih sulit tapi ya kamu tetep nikmatin karena emang gak ada pilihan lagi, kan? Beda halnya dengan sekarang, di mana teknologi digital telah muncul pada masa keemasannya. Hidup kita jadi lebih mudah dan sederhana semenjak penemuan tersebut. Yah walaupun tetep ada masalah yang melanda, karena kan pada dasarnya setiap zaman punya masalahnya sendiri. Tapi yang bikin sedih tuh ketika kita mengenang barang-barang dan momen yang pernah kita habiskan dengan menggunakan alat-alat zaman dulu yang sekarang eksistensinya udah mulai hilang dari peredaran. Jadi, pengen aja gitu kembali ke masa lalu, dan nikmatin lagi alat-alat sederhana yang pernah ada pada saat itu. Oleh sebab itu, YuKepo udah merangkum beberapa barang penuh kenangan dari masa lampau buat ngingetin kamu lagi nih. Jadi semacam flashback, mengingat sekarang kita udah di era digital. Yuk kita kepoin langsung barang-barangnya. Tapi awas, jangan baper ya!

1. Perangko

Hadirnya email telah membuat kita lupa akan benda kertas yang satu ini, perangko. Kalau pun masih inget, paling cuma dipakai buat koleksi aja, bukan mengirim surat kan? Hayo ngaku, kamu pernah surat-suratan sama pacar pake perangko, kan?

2. Mesin tik

Barang yang satu ini juga gak kalah populernya di zaman dulu. Setiap aktivitas menulis selalu menggunakan mesin tik. Beda halnya dengan sekarang yang mengandalkan komputer sebagai media untuk menulisnya. Yang pernah nulis skripsi pake mesin tik berarti umurnya udah tua, nih.

3. Peta cetak

Semenjak adanya google maps, peta cetak jadi gak berguna. Kita lebih milih pake aplikasi tersebut karena lebih praktis, yak? Tapi jangan remehin kegunaan peta cetak. Kalau kamu lagi di gunung dan gak ada sinyal, peta cetaklah yang berperan penting dalam mengarahkanmu untuk mencari jalan yang benar.

4. Radio analog

Nah, kalau zaman dulu tuh hiburannya lewat radio. Benda ini jadi hiburan rakyat sebelum adanya televisi. Kalau dipikir-pikir, radio punya dampak positif, lho! Benda ini melatih imajinasi kita karena kita dipaksa untuk selalu membayangkan cerita yang keluar dari penyiar. Di zaman sekarang mah, kita lebih mentingin radio digital atau nonton televisi. 

5. Sempoa

Nah buat kamu yang jago matematika pasti tau nih benda apaan. Kalau bagian atas itu puluhan, bagian bawah itu satuan, ya kan? Eksistensi sempoa pun udah mulai digerus zaman nih. Anak-anak zaman sekarang lebih suka main gadget.

6. Walkman

Zaman dulu mah gak ada itu yang namanya Ipod atau handphone yang bisa dicolok headset. Semua orang yang mau denger musik lewat headset harus punya walkman

7. Kaset dan vinyl

Ngomongin walkman, gak afdol rasanya kalau gak ngomongin kaset atau vinyl. Dua alat inilah yang menjadi rilisan fisik dari sebuah band. Karya mereka direkam di benda itu. Beda sama zaman sekarang yang hanya mengandalkan rilisan digital. Yah walaupun ada beberapa pemusik yang masih bikin rilisan fisik, jumlah dari rilisan itu udah gak sebanyak dulu karena para pemusik tau orang zaman sekarang jarang beli kaset atau vinyl.

Yah tiap zaman pasti punya kenangannya masing-masing, tergantung dari kita yang memberikan maknanya. Semoga aja zaman yang kita jalani sekarang ini bisa menawarkan kebahagiaan yang lebih dibandingkan sebelumnya. Ohya, kalau kamu punya kenangan dengan benda-benda jadul, yuk di-share di kolom komentar, biar makin seru!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES