7 Barang Pengganti Mata Uang yang Pernah Ada dan Berlaku Sampai Sekarang!

09 Februari 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Zaman modern seperti saat ini rasanya kalau gak punya uang gak akan hidup. Semua kebutuhan orang di dunia ini selalu didasari oleh uang. Mulai dari sandang, papan, pangan semua perlu uang untuk alat pembayarannya. Ada juga yang pakai akun mobile perbankan atau kartu debit saat ini. Tapi kamu tahu gak, ternyata ada juga yang pakai benda atau alat sebagai sarana transaksi pembayaran yang sah di zaman dulu loh dan di beberapa negara sampai sekarang alat atau benda itu juga masih berlaku. Indonesia salah satunya nih guys. Hmmm, unik ya kehidupan di bumi ini. Ya udah yuk kepoin rame-rame infonya.

1. Keju sebagai jaminan di bank, Italia

Italia sebagai negara yang khas dengan pizza ini ternyata punya keunikan lain. Keju Parmigiano Reggiano adalah salah satu alat transaksi dari ratusan tahun lalu untuk jaminan modal kepada bank. Zaman dulu keju itu hal yang penting semacam harta karun karena proses pembuatan keju ini juga memakan biaya yang cukup banyak.

2. Batu jadi alat jual beli, Pulau Yap, Mikronesia

Mikronesia adalah negara kepulauan yang berada di kawasan Samudera Pasifik. Dollar Amerika adalah uang sah yang digunakan di negara ini, tapi dalam kehidupan sehari-hari penduduk di Mikronesia masih memakai cara lamanya. Terutama penduduk Pulau Yap masih memakai batu sebagai alat pembayaran loh. Semakin besar batu semakin besar juga nilainya. Wah, bisa bawa batu aja nih kalau ke sini.

3. Tutup botol bir, Kamerun

Kamerun, Afrika menganggap tutup botol bir ini berharga banget loh guys. Kamu bisa tukar dengan barang mungil yang harganya gak terlalu mahal. Awal mulanya tutup botol ini berharga karena ada perusahaan yang memembuat promosi berhadiah lewat tutup botol. Hadiahnya juga unik loh, mulai dari gratis bir sampai ke liburan.

4. Kartu isi ulang pulsa, Kongo

Kamu yang suka beli pulsa kartunya jangan dibuang. Kumpulin buat nanti kalau kamu ke Kongo, Afrika. Alasannya karena jumlah minimnya kartu isi ulang di Kongo gak sesuai dengan kondisi pemilik handphone. Selain itu juga, banyak tempat perjudian yang memberikan hadiah berupa kartu isi ulang. Kalau udah gini harga uang jadi sebanding sama kartu isi ulang ya. 

5. Kulit kerang, Kepulauan Solomon

Kalau zaman dulu mungkin biasa ya kulit kerang jadi alat pembayaran nah tapi kalau zaman sekarang masih ada yang akai juga loh. Tepatnya di Kepulauan Solomon, sebagian penduduk ini masih mempertahankan kebiasaan tersebut untuk pembelian kebutuhan seperti makan atau barang-barang tertentu. Kalau sebagian orang mungkin udah gak peduli tuh sama kulit kerang.

6. Hasil pertanian untuk pembayaran listrik di Indonesia

Eits, Indonesia pasti udah gak asing sama sistem barter tapi percaya atau gak ini masih berlaku loh di negara kita. Tepatnya di desa Sumber Duren, Probolinggo nih guys. Di desa tersebut dihuni oleh 600 kepala keluarga yang mendapatkan bantuan aliran listrik dari PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. Mungkin sebagian kamu heran, tapi ini merupakan bantuan dari pihak PGN untuk tidak memberatkan masyarakat sekitar jadi mereka bisa bayar pakai hasil pertanian setempat. 

7. Foto makanan gratis makan di London, Inggris

Kalau kumpul bareng temen di restoran atau sekedar cafe terus nemu makanan unik itu udah bukan hal aneh lagi buat kamu foto dan share ke sosmed kamu. Tapi kalau abis foto dapat gratis makan itu kayaknya baru ada di Restoran The Picture House. Rugi gak tuh ya restoran.

Menarik dan unik ya alat pembayaran di atas. Gimana kalau itu semua masih berlaku di setiap negara ya? Uang udah bukan lagi tujuan pertama yang dicari pasti nih guys. Kalau yang lagi jomblo sih wajar tujuan utama selain uang pasti cari pasangan. Becanda loh, semoga kamu yang jomblo cepet dapat tambatan hati ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES