7 Alasan Tak Perlu Merasa Takut Saat Melakukan Kesalahan dalam Hidup. Ini Perlu, kok!

08 Juli 2018
|Robertus Ari
21SHARES

Hidup seperti roda, ada naik dan turunnya. Tak jarang kamu pasti juga melakukan berbagai kesalahan yang mungkin bisa berbuah penyesalan. Kalau sudah seperti ini, perasaanmu mungkin bakal tercampur aduk hingga kebahagiaan juga mulai luntur. Namun kamu harus tahu bahwa berbuat kesalahan itu sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat bagi kehidupanmu sendiri. Berikut ini adalah alasan mengapa kamu tak perlu merasa khawatir atau takut jika nanti melakukan sebuah kesalahan dalam perjalanan hidupmu.

1. Berbuat kesalahan bisa menjadi cara untuk mengenali dirimu sendiri hingga pada akhirnya kamu tahu sesungguhnya dirimu sebenarnya

Entah kamu menyadari hal ini atau tidak, ketika kamu berbuat salah bisa membantumu untuk melihat diri sendiri. Kamu menjadi tahu apa kelebihan dan kekurangan hingga sifat burukmu seperti apa. Kamu juga akan lebih mengenal diri sendiri dan tahu bagaimana cara terbaik untuk memperbaiki. Pada akhirnya, kamu lebih peka dan mungkin bisa melihat potensi apa yang sebenarnya kamu miliki selama ini.

2. Dengan berbuat kesalahan, itu bisa membantu kamu untuk belajar menikmati hidup dengan cara lebih berani

Beberapa dari kamu mungkin ada yang merasa takut dalam hidup dan mungkin salah satunya takut jika berbuat kesalahan. Sebenarnya ini pemikiran yang kurang tepat dan membuat kamu rugi sendiri. Kamu harus menyadari bahwa berbuat kesalahan itu perlu untuk pengalaman bagi hidupmu. Jika kamu bisa membuang perasaan ini, semakin lama kamu tahu kalau ketakutan itu bukanlah masalah besar bagi kamu.

3. Ketika kamu berani menghadapi sebuah kesalahan yang kamu perbuat, ini akan menjadikan kamu menjadi pribadi yang lebih dewasa dan kuat

Dengan berbuat kesalahan, kamu bisa lebih memahami berbagai hal. Kamu juga lebih dewasa dan kuat dalam menghadapi berbagai persoalan yang ada di depan kamu. Teruslah membuka lebar-lebar pikiran kamu agar bisa melihat setiap masalah dari berbagai sudut pandang. Jadi, seharusnya ketika kamu berbuat salah jangan malah terpuruk, melainkan kamu tetap positif untuk melihat ke depan.

4. Ketika kamu berbuat kesalahan, sebenarnya ini membantu kamu untuk belajar ikhlas dan memaafkan

Tidak mudah untuk bisa memaafkan dan ikhlas. Kamu harus belajar untuk menerima realita yang ada di depanmu. Tetapi ketika kamu berbuat salah, ini akan mendorong kamu untuk melakukannya. Karena untuk mendapatkan hidup yang lebih damai, kamu harus bisa melakukan hal ini untuk kebahagiaan hidupmu sendiri. Jadi belajarlah untuk memaafkan diri sendiri, orang lain, dan juga kenyataan yang kamu alami saat ini.

5. Sebuah kesalahan bisa berarti dunia lagi mengajarkan kamu bagaimana untuk menjalani hidup tanpa adanya penyesalan

Ketika kamu berbesar hati untuk mengakui kesalahan yang kamu perbuat, rasa penyesalan pun akhirnya akan hilang secara perlahan. Kamu juga lebih berani ketika ingin keluar dari zona nyaman. Pelan-pelan, kamu juga bisa memberanikan diri untuk melakukan berbagai hal yang mungkin sebelumnya kamu takut jika berbuat salah. Kamu akan lebih matang secara pribadi dan tahu bagaimana membangun pola pikir kamu. Sehingga, hidup akan berjalan lebih rileks.

6. Berbuat kesalahan membuatmu mendapatkan pengalaman berharga untuk menemukan jalan yang benar

Ketika kamu terjerumus ke dalam jalan yang salah karena kecerobohanmu, pasti pada akhirnya kamu akan bingung dan mungkin kamu kesal diri sendiri. Tetapi ketika kamu bisa menerima keadaan, kamu bisa berpikir tenang untuk melihat apa solusi yang bisa kamu lakukan dari masalahmu itu. Dari kejadian ini pula, pasti kamu bakal memiliki pengalaman berharga yang bisa kamu gunakan dalam perjalanan hidupmu mendatang.

7. Sebuah kesalahan bisa menjadi bekal masa depan kamu untuk mengejar sebuah kesuksesan nanti

Salah satu modal untuk mendapatkan kesuksesan adalah memiliki banyak pengalaman. Ketika kamu bisa belajar dari sebuah kesalahan, kamu akan mendapatkan sesuatu yang baru dan bisa dijadikan bekal dalam mengejar mimpi kamu. Ini memamg tidak mudah, tetapi proses ini sangat kamu butuhkan untuk mendapatkan kesuksesan nanti. Jadi jangan takut lagi untuk mengambil resiko dan belajar hal baru. Karena ini perlu kamu lakukan dalam hidup. Oke?

Tidak semua berbuat salah itu akan menjadi dosa besar untuk kamu. Kamu hanya perlu memandangnya secara positif, sehingga kamu tahu apa hal baik yang bakal kamu dapat dari itu semua. Sebab, setiap kesalahan itu pasti ada hikmah yang bisa kamu ambil sebagai pelajaran dalam hidup kamu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
21SHARES