7 Alasan Logis Kenapa Kamu Harus Berhenti Berusaha untuk Perbaiki Masalah Orang. Sekarang!

www.smittenbook.com

Enggak, tulisan ini nggak melarang kamu untuk menolong orang lain, tapi hanya ingin mengingatkan kamu bahwa semua hal itu ada batasan dan ukurannya. Termasuk ketika kamu berniat baik untuk berusaha menyelesaikan masalah orang lain. Memang ini bukanlah hal yang buruk dan tidak salah untuk dilakukan. Tapi ini bisa menjadi persoalan ketika kamu mulai lupa diri dan tak tahu batasan. Bahkan, mungkin kamu menjadi tidak sadar bahwa tidak hanya mereka saja yang perlu kamu tolong, tapi juga diri kamu sendiri.

Karena itulah, kamu sebaiknya berhenti melakukan kebiasaan ini. Cobalah untuk memperlakukan hidupmu dengan lebih baik dengan cara yang lebih bagus pula. Lalu kenapa kamu harus berhenti menyelesaikan masalah orang lain? Ini alasannya!

1. Ketahuilah, kebiasaan kamu menolong bisa membuat dia menjadi malas dan tak mau berusaha

unsplash.com

Terkadang  niat baik tidak selalu menghasilkan sesuatu yang positif. Hal serupa juga terjadi ketika kamu terlalu sering menolong orang lain. Dia menjadi malas dan tak tahu bagaimana menjalani tanggung jawabnya. Pada akhirnya, dia hanya akan bergantung sama kamu dan menjadi manja.

2. Berhenti mencampuri urusan orang lain, jika ia tidak meminta kamu jangan memberi

www.pexels.com

Terkadang prinsip ini perlu jadi pertimbangan ketika ingin menolong orang lain. Kamu jangan ‘memberi’ jika dia tidak ‘meminta’. Maksudnya, ketika dia tidak meminta tolong kepadamu, kamu tak perlu memberikan pertolongan juga. Dengan begitu kamu akan lebih tahu batasan. Sebab, bukan semua hal adalah urusanmu. Jadi kamu jangan suka mencampuri urusan orang lain. Tapi kalau dia meminta, barulah kamu memberi.

3. Ingatlah bahwa kamu tidak akan bisa menyenangkan semua orang, ini adalah usaha yang sia-sia

www.pexels.com

Tak sedikit orang yang tidak menyadari hal ini. Berusaha menjadi baik untuk semua orang adalah hal yang percuma. Faktanya, sekalipun kamu sudah bersusah-payah melakukan itu, akhirnya tetap ada saja orang yang tidak suka dengan kamu. Itulah kenapa ini bisa menjadi usaha yang sia-sia. Belum lagi, orang lain juga tidak bertugas untuk menyenangkan kamu. Jadi berhenti lakukan ini.

4. Kamu butuh fokus dengan kebutuhan diri sendiri. Jadi taruh semua perhatian kepada diri sendiri dulu
www.pexels.com

Kamu butuh hidup secara bebas dengan caramu sendiri. Jadi fokuslah dengan dirimu sendiri. Gunakan perhatianmu untuk kepentinganmu dahulu, baru mengutamakan urusan orang lain. Sebab untuk berbuat baik kepada orang lain itu, kamu juga harus bisa baik dengan diri sendiri dulu. Kalau kamu sudah bisa melakukan ini, mungkin membantu menyelesaikan masalah orang lain bisa kamu pertimbangkan setelahnya.

5. Jangan hanya peduli dengan masalah orang lain, tapi pedulilah juga dengan hidupmu sendiri
www.pexels.com

Terlalu banyak menghabiskan energi untuk orang lain membuat kamu lupa untuk peduli dengan dirimu sendiri. Padahal kamu harus seimbang dalam menjalani hidup. Cara ini bisa membuat batin dan mental kamu lebih sehat. Jika kamu terlalu peduli dengan urusan orang lain tapi lupa dengan diri sendiri, hal ini hanya membuat batin kamu terasa lelah. Mungkin stres juga bakal bisa menyerang kamu.

6. Tak ada manusia yang sempurna. Pasti semua memiliki batasannya, termasuk bantuan kamu kepada orang lain

www.pexels.com

Sebaik dan sekeras apa pun kamu berusaha, pasti pada akhirnya akan ada batasannya juga. Ini juga yang terjadi ketika kamu terus menerus memaksakan diri untuk menyelesaikan masalah orang lain. Semakin lama kamu akan lupa bahwa memberikan pertolongan itu ada masa-masanya, ada batasan dan ukuran yang harus kamu pikirkan dahulu. Tak ada kesempurnaan di dunia, jadi jangan lagi menyusahkan diri sendiri, ya.

7. Ingat selalu bahwa tidak semua masalah hidup bisa kamu perbaiki. Terkadang kamu hanya perlu untuk menerimanya

saludmovil.com

Cukup banyak masalah yang ada di dalam hidup setiap orang, begitu pula kamu. Tentu saja kamu tidak bisa memaksakan diri untuk menyelesaikan semuanya. Ada kalanya kamu hanya perlu menerima dan mengambil hikmah positif dibalik semua permasalahan itu. Tenangkanlah dirimu dan jaga jarak dengan masalah orang lain. Kamu tak perlu masuk ke dalamnya, karena semua orang memiliki tanggung jawab masing-masing.

Terkadang untuk memberikan bantuan kamu harus tahu bagaimana menempatkan diri. Kamu harus sadar semua ada batasannya. Tak ada yang meragukan juga kalau perbuatan ini sungguh mulia. Tapi jangan sampai kamu lupa bahwa kehidupanmu juga perlu kamu pikirkan. Jadi jangan suka memaksakan hal ini kepada orang lain. Tapi tolonglah ketika dia benar-benar membutuhkannya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ini 7 Tanda Cewekmu Lagi Butuh Perhatian. Cowok Harus Lebih Peka!

Ini 7 Tanda Cewekmu Lagi Butuh Perhatian. Cowok Harus Lebih Peka!

Begini Cara Ampuh Untuk Minta Maaf Sama Cewek. Nggak Ngambek Lagi Deh!

Begini Cara Ampuh Untuk Minta Maaf Sama Cewek. Nggak Ngambek Lagi Deh!

Kamar Kos Sempit Emang Bikin Gerah, Ini 6 Trik Biar Jadi Adem Kayak Senyumanmu!

Kamar Kos Sempit Emang Bikin Gerah, Ini 6 Trik Biar Jadi Adem Kayak Senyumanmu!

Kamu Nggak Perlu Menggantung Cita-Cita Setinggi Langit, Begini Alasannya!

Kamu Nggak Perlu Menggantung Cita-Cita Setinggi Langit, Begini Alasannya!

Dari Cegukan Hingga Bicara Aneh, Ini 8 Gejala Stroke yang Sering Terabaikan!

Dari Cegukan Hingga Bicara Aneh, Ini 8 Gejala Stroke yang Sering Terabaikan!

Ada Apa Aja di X-Urban Fest 2018 yang Lagi Hits Ini? Belum Gaul Kalau Kamu Nggak Tau!

Ada Apa Aja di X-Urban Fest 2018 yang Lagi Hits Ini? Belum Gaul Kalau Kamu Nggak Tau!

loading