7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Solo Traveling Kayak Natasha Rizky, Minimal Sekali Seumur Hidup

01 April 2018
|Chandra W.
659SHARES

Travelling sekarang telah menjadi gaya hidup yang dilakoni anak muda sampai orang tua. Meskipun dalam beberapa aspek travelling terlihat sebagai kegiatan yang hanya berisi hura-hura, sebenarnya ada banyak hal yang sebenarnya bermanfaat dari travelling. Pernah mendengar solo travelling? Solo travelling artinya melakukan perjalanan sendirian ke suatu tempat. Benar-benar sendiri. Kamu harus mencobanya paling tidak sekali seumur hidup.

1. Supaya bisa menjadi orang yang lebih mandiri

Dari beli tiket, memastikan jadwal keberangkatan, berangkat, sampai tiba di sana kamu benar-benar sendiri. Mau nggak mau, kamu harus belajar bertanggung jawab akan segala hal pada diri sendiri.

2. Agar menjadi lebih berani

Risiko travelling yang paling mungkin terjadi adalah nyasar. Nah ketika nyasar ini keberanianmu ditantang. Mau nggak mau kamu harus berani menghadapi apapun yang terjadi dan berani tanya ke warga sekitar.

3. Kamu akan bisa menemukan dirimu sendiri

Keriuhan dan rutinitas yang mengelilingi dirimu setiap hari akan lenyap ketika kamu tiba di tujuan travellingmu. Kamu jadi benar-benar bebas dan kembali berkesempatan mengenali diri sendiri. Jangan lupa berinteraksi dengan orang-orang asing yang kamu temui. Kamu bisa saja menemukan banyak hal baru dari mereka.

4. Menikmati ‘me time’

Setiap hari kamu sudah berurusan dengan banyak orang yang pastinya nggak jarang bikin keki. Solo travelling memberimu kesempatan untuk menikmati waktu dengan diri sendiri, melakukan hal yang kamu suka tanpa interupsi dari orang lain. Seperti Natasha Rizki yang beberapa waktu lalu travelling ke Korea Selatan tanpa ditemani suami. 

5. Kamu belajar menikmati hal-hal kecil

Kalau di rumah bawaannya ada aja yang kurang, nggak bersyukur, ingin ini ingin itu. Sementara di tempat baru ini kamu jadi mengerti bahwa ternyata ada hal-hal yang sebenarnya nggak sepenting apa yang kita pikirkan dan ada banyak hal di dunia ini yang bisa dinikmati sekalipun hanya hal-hal kecil. Senyuman orang asing yang tulus, misalnya.

6. Kamu bisa menikmati kebebasan

Bandingkan jika kamu travelling dengan teman. Jadwal harus disesuaikan, budget juga. Pas udah sampai, pagi-pagi harus saling menunggu satu sama lain untuk bersiap. Ribet deh. Nah kalau solo travelling, kamu bebas menentukan segalanya sendiri. Dari bangun, memilih kuliner untuk diicip hari ini, nggak perlu tunggu-tungguan mandi dan lain-lain. Asik banget kan?

7. Kamu jadi lebih percaya diri

Setelah melewati beberapa hari di tempat asing sendirian dan mampu mengatasi masalah yang terjadi, kamu akan pulang sebagai orang yang lebih percaya diri. Apapun yang menghadang di depan, pasti bisa dihadapi.

Mumpung masih muda dan belum banyak halangan, sisihkan waktu untuk solo travelling deh. Rasakan manfaatnya seketika itu juga. Gimana, udah kebayang kapan mau solo travelling?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
659SHARES