7 Alasan Kenapa Harus Aktif Bertanya Ketika Diminta Bertanya Saat Wawancara Kerja

14 Maret 2017
|Erwanto Khusuma
Life
0SHARES

Saat wawancara ada saja hal-hal tidak terduga yang terjadi. Seperti apa? Saat pewawancara tiba-tiba memintamu bertanya balik. Ya, biasanya para pewawancara yang menilai kita lewat pertanyaan-pertanyaan mereka. Namun, kini kita yang harus memulai otak untuk memberikan pertanyaan.

Nah, mulai sekarang kamu harus mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan itu. Mengapa? Ini lho 7 alasannya.

1. Pewawancara mengujimu apakah benar-benar melakukan riset atau tidak

Riset itu penting lho dalam interview. Riset membantumu lebih siap dalam menjawab. Riset juga membantumu ‘terinspirasi’ dalam pertanyaan yang akan kamu ajukan.

2. Sudahkah kamu siap dengan dunia kerja?

Dunia kerja itu gak semudah membalikkan terlapak tangan. Pewawancara mempersilahkanmu untuk bertanya agar kamu lebih tangguh dan terlihat yakin pada diri sendiri.

3. Apakah kamu pribadi yang punya inisiatif?

Inisiatif adalah suatu tindakan positif yang harus kamu milik. Memberi pertanyaan saat wawancara adalah salah satu bentuk inisiatif.

4. Pewawancara ingin tahu bagaimana cara berpikir kritismu

Berpikir kritis itu akan terlihat saat kamu tiba-tiba diminta untuk bertanya. Meski kamu sudah menyiapkan diri dari semalam sebelumnya, pasti ada rasa deg-degan yang terjadi. Dari situ, kamu bisa hilang fokus dan kekritisan lho. Nah, makanya kamu harus benar-benar siap ya.

5. Menguji apakah kamu paham atas peranmu nantinya

1.   Pertanyaanmu bisa beragam kepada pewawancara. Salah satunya adalah tentang peranmu dalam perusahaan. Nah, dengan antusiasme dan inisiatifmu, maka mereka tahu bahwa kamu benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut.

6. Ingin tahu seberapa besar kreativitasmu diuji dalam pekerjaan

Pertanyaan itu juga menunjukkan kreativitasmu lho. Jadi pewawancara ingin melihat apakah kamu bisa berpikir kreatif dan kritis secara bersamaan. 

2.

7. Pada akhirnya, keaktifanmu itu akan berbuah keyakinan dari pewawancara bahwa kamu tertarik

Karena pertanyaan-pertanyaan yang datang dari kamu akan membentuk keyakinan pewawancara dan perusahaan untuk merekrutmu.

Nah, bagaimana apakah kamu sudah siap untuk interview kerja? Pastinya sebelum interview kalian harus luangkan waktu untuk persiapan dan research tentang bagaimana baiknya melewati wawancara kerja yang baik. Dan yang terakhir, jangan lupa siapkan pertanyaan yang jitu ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Erwanto Khusuma
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES