7 Alasan Kamu yang Suka Begadang Bisa Disebut Pribadi yang Cerdas dan Kreatif!

18 Maret 2018
|Robertus Ari
47SHARES

Begadang sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa kalangan, mulai dari mahasiswa, pekerja, hingga para pelaku usaha. Memang ini tidak baik bagi kesehatan, karena tubuh membutuhkan jam istirahat yang cukup agar tidak letih dan siap dalam beraktivitas di esok harinya. Pastinya juga, kaum ‘nokturnal’ (beraktivitas di malam hari) ini memiliki alasan masing-masing mengapa harus tetap terjaga hingga larut malam.

Namun sebenarnya, tidur larut malam tidak selamanya buruk kok, asalkan kamu isi dengan kegiatan yang positif. Dan tahu nggak, orang yang memiliki kebiasaan ini ternyata dinilai sebagai pribadi yang cerdas dan kreatif lho. Mengapa bisa demikian? Berikut alasannya!

1. Malam hari adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk mengeluarkan seluruh kemampuan diri

Siang hari membuatmu sulit untuk berpikir, bahkan untuk fokus juga sulit. Namun di malam hari sisi menarik darimu bisa muncul – mendapat suasana tenang dan hening untuk mengembangkan pikiran menjadi lebih imajinatif. Hal inilah yang bisa membuatmu lebih kreatif dan produktif saat terjaga di malam hari.

2. Bagimu, jalani hidup seperti air yang mengalir

Rutinitas menjadi hal yang sangat membosankan bagi kamu. Inilah yang membuat kamu suka terjaga hingga larut malam – meskipun besuknya masuk kerja pagi. Tapi meski kamu melawan ‘tradisi’, justru kamu bisa memperluas pikiranmu untuk lebih aktif - tidak hanya diam dan tidur.

3. Para kaum nokturnal ini memiliki pikiran yang terbuka atau open minded

Malam hari adalah waktunya kamu membuka pikiran, untuk berpikir aktif dan membuat kamu lebih produktif. Orang-orang yang suka melek malam hari akan menemukan banyak hal ketika orang lain tidur terlelap. Mereka tetap terjaga untuk menjelajahi malam, dan membawa lebih banyak cahaya di siang harinya.

4. Kamu yang suka begadang adalah pribadi yang proaktif

Bangun pagi memang sesuatu yang positif, namun tetap terjaga di malam hari juga bukan berarti negatif. Sebab, orang yang suka begadang cenderung bisa selangkah lebih ke depan daripada orang yang tidur normal atau lebih awal. Hal ini dikarenakan banyak ide-ide segar yang bisa ditemukan di malam hari, dengan kesunyian dan suasana yang tenang.

5. Orang yang suka begadang memiliki waktu yang lebih lama untuk bisa dimanfaatkan

Semua orang memiliki waktu yang sama setiap harinya, yakni 24 jam. Namun ada satu yang bisa membedakan, yaitu jam tidur. Orang yang begadang tentu memiliki waktu lebih lama untuk aktif dan produktif dibanding mereka yang tidur lebih awal. Ditambah lagi, orang yang suka terjaga hingga larut malam cenderung memiliki mental yang kuat, seperti yang dikatakan dalam laman Huffington Post.

6. Orang yang begadang cenderung memiliki kecerdasan lebih tinggi

Seperti yang dimuat dalam Study Magazine, orang yang suka tidur larut malam cenderung memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Hal ini disebabkan mereka suka mengisi waktunya dengan kegiatan yang produktif di malam hari, menulis misalnya. Kebetulan pula, para penulis hebat seperti Dee Lestari, Andrea Hirata dan lainnya juga suka mengerjakan naskah-naskahnya di saat orang lain sudah terlelap.

7. Begadang bisa membantu kamu untuk lebih sukses dalam kehidupan

Sudah menjadi rahasia umum kalau orang yang cerdas dan sukses suka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk begadang. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk memiliki waktu lebih lama dengan dirinya sendiri – mengembangkan usaha yang telah dikerjakan dan mengorbankan waktu tidurnya terpotong untuk hal tersebut.

Itulah tadi alasan mengapa kaum ‘nokturnal’ ini disebut sebagai pribadi yang cerdas dan kreatif. Sebenarnya begadang bukanlah hal yang buruk karena orang yang melakukan ini sama saja dengan usaha untuk bisa terjaga lebih lama. Dengan begitu, mereka bisa melakukan berbagai hal yang perlu ia kerjakan. Namun kalau kamu begadang diisi dengan kegiatan yang nggak produktif, ya sama saja.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
47SHARES