6 Tips Atasi Kantuk Saat Puasa Ini Dijamin Bikin Kamu Berbinar-binar

Life
0SHARES

Puasa itu memang nahan lapar, dan efeknya itu pasti ngantuk. Ngantuk saat puasa ini dialami oleh banyak orang. Hal ini disebabkan oleh karena kurangnya waktu tidur dan kurangnya asupan makanan yang baik untuk menjaga stamina otak. Dalam rangka bulan puasa, kali ini tim Vidio.com akan berbagi tips atasi kantuk saat puasa. Semoga aja saat kamu terapin tips ini, kamu jadi melek terus dan berbinar-binar. Cekidot!

Tidur lebih cepat. Hal ini dilakukan supaya kamu gak ngantuk saat puasa, kamu perlu membiasakan diri untuk tidur lebih cepat dari biasanya. Pakailah waktumu untuk tidak begadang biar otakmu lebih fresh di pagi hari esoknya. Lagipula begadang ngapain sih? Bisa bikin kamu bangun kesiangan juga sekaligus bisa bikin kamu gak sehat.

Jangan terlalu cepat bangun saat sahur. Buat apa kamu cepat-cepat bangun saat sahur kalau nanti kamu malah ngantuk dan tidur lagi? Rasulullah pun menyarankan agar kamu bangun kurang dari 30 menit mendekati waktu sahur. Jadi, setelah sahur, kamu tidak perlu tidur lagi. Kamu bisa lakukan aktivitas lainnya dengan tubuh yang fit sehabis sahur.

Makan sahur dengan makanan yang mengandung karbohidrat komplek dan zat besi. Menu makanan saat sahur juga perlu selektif. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat, contohnya: beras merah, ubi, jagung, singkong, oatmeal, dan roti gandum. Selain itu yang mengandung zat besi juga seperti sayuran hijau, ikan teri dan kacang-kacangan.

Berwudu. Berwudu dapat membuat pikiranmu segar dan kamu gak ngantuk lagi. Jadi, saat kantuk mulai datang cepatlah sadar dan bangkit untuk menemukan air ya. Dari dulu sampai sekarang, namanya kena air itu pasti bikin segar. Kecuali air keras aja ya, bisa melepuh ntar kulit kamu guys!

Menempelkan sendok atau es batu ke kelopak mata. Percaya atau tidak, menempelkan sendok atau es batu ke kedua kelopak matamu bisa membuatmu gak ngantuk. Efek dinginnya bisa membuat matamu melek lho. Bisa coba dipraktikkan tuh, kalau perlu bawa sendok di tasmu, jadi kalau pas ngantuk tinggal ambil sendoknya terus ditempelin ke mata. Asal jangan sendok plastik aja!

Tidur sebentar. Obat untuk mengusir kantuk yang sesungguhnya adalah tidur. Kamu bisa tidur sebentar di jam istirahatmu, tapi jangan lama-lama ya. Luangkan waktu 15 menit untuk tidur sebentar udah cukup membantu kok. Kalau lebih dari 15 menit, siap-siap aja deh aktivitasmu jadi berantakan atau kalau kamu bekerja, kamu bisa dimarahi bosmu.

Keterangan lebih lengkapnya bisa kamu lihat di video ini ya.

Tidur memang bisa dianggap sebagai ibadah, tapi tidak mungkin kamu ngantuk dan tidur sepanjang hari kan? Pasti akan mengganggu aktivitas kamu. Semoga tips di atas membantumu untuk mengatasi kantuk yang datang saat kamu puasa ya. Semangat menunaikan ibadah puasa dan tetap semangat.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Yuniar Dwi Setiawati
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES