6 Hal Sederhana Ini Justru Menunjukkan Islam yang Sebenarnya. Tak Perlu Hal Rumit Lainnya

hijabiz.tumblr.com

Kita tidak sedang membicarakan tentang ajaran Islam mana yang paling benar dan mana yang salah. Biarlah itu menjadi urusan mereka yang lebih fasih dalam memahami ilmu agama Islami. Namun meski kita tak sepenuhnya memahami, bukan berarti kita tak bisa sama sekali mengamalkan ajaran agama Islam.

Di sini kita membicarakan tentang bagaimana Islam yang sebenarnya, yaitu yang mengajarkan kita banyak kesederhanaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Karena sungguh Islam memang agama yang sederhana dan tak membuat pemeluknya merasa kepayahan. Karena hal-hal sederhana ini justru yang akan menunjukkan wajah Islam yang sebenarnya.

1. Di tengah ramainya perdebatan akan perbedaan, kita mungkin lupa bahwa Islamlah yang mengajarkan toleransi terhadap perbedaan

www.unitedagainstmuslimban.com

Dewasa ini, makin banyak orang-orang berdebat tentang perbedaan yang terjadi di sekitar kita. Antar kubu yang berseberangan kadang saling menyalahkan, dan merasa apa yang mereka yakini yang paling benar. Padahal jika kita hidup di Indonesia, perbedaan jelas menjadi salah satu bagian dari hidup kita sehari-hari. Sebab Indonesia dibangun dari berbagai macam suku dan agama. Itulah mengapa perbedaan bukanlah hal yang bisa dinafikan begitu saja.

Kalau kita memang ingin memahami Islam secara sebenar-benarnya, maka bisa dimulai dari mencoba bertenggang rasa dari segala perbedaan yang terpampang di depan mata. Berbeda pendapat boleh saja, asal tak perlu saling menyalahkan. Toh Islam sebenarnya agama yang mencintai kedamaian. Maka perbedaan seharusnya bisa menyatukan, bukan malah mencerai berai.

2. Menjaga kebersihan adalah bagian dari ibadah. Kita pasti kerap mendengar kutipan “Kebersihan adalah sebagian dari iman”

unsplash.com

Kita semua pasti ingat arti sebuah hadis, "Kebersihan adalah sebagian dari iman,". Dalam hal ini sudah tergambar dengan sangat jelas bahwa Islam adalah agama yang sangat mencintai kebersihan. Maka jika kita ingin menunjukkan nilai Islam yang sebenarnya, mulailah dengan menjaga lingkungan sekitarmu. Sesederhana membuang sampah pada tempatnya. Setidaknya kamu telah mengamalkan salah satu ajaran Islam.

3. Islam mengajarkan kita ramah pada sesama, tanpa memandang latar belakang atau status sosial misalnya

unsplash.com

Karena Islam adalah agama yang mencintai kedamaian, jadi alangkah indahnya jika hubungan kita baik dengan sesama pemeluk Islam maupun dengan mereka yang berbeda keyakinan senantiasa terjaga. Untuk itulah penting bagi kita agar ramah kepada sesama. Selain itu, dengan bersikap ramah, kita pun bisa menjalin atau bahkan mempererat tali silaturrahmi dengan siapapun. Bukankah terasa indah jika kita mempunyai hubungan baik dengan banyak orang?

4. Pantang menyakiti hati orang lain. Sebisa mungkin Islam mengajarkan kita menjaga lisan

www.ibtimes.com

Hal ini menjadi salah satu poin terpenting. Islam pun selalu mengajarkan kita untuk berbuat baik dengan semua orang tanpa pandang bulu. Berbuat baik dengan orang lain bisa dimulai dari menjaga perkataan yang akan dilontarkan kepada orang lain agar tidak menyakiti lawan bicara. Nabi Muhammad SAW pun selalu memberi contoh untuk berbicara dengan santun. Karena lidah meski tak bertulang, terkadang bisa lebih tajam dibandingkan pisau.

Jika seseorang sudah terlanjur sakit hati terhadap perkataan kita, mungkin perasaan kecewa akan bertahan seumur hidup. Dibandingkan dengan kekerasan fisik, kekerasan verbal justru jauh lebih menyakitkan. Itulah mengapa Islam selalu mengajarkan kita untuk selalu menjaga perkataan.

5. Berbagi jadi cara terbaik mensyukuri nikmat yang kita dapat

www.takepart.com

Berbagi adalah salah satu cara paling kentara untuk bersyukur atas nikmat Allah yang diberikan kepada kita. Segala kenikmatan dan keberuntungan yang diberikan tak seharusnya membuat kita menjadi orang yang lupa diri. Oleh karena itu, berbagi menjadi salah satu amalan agar kita tak pernah lupa untuk selalu mensyukuri apa yang kita dapat. Dan tak usah membanding-bandingkan pada apa yang kita dapat, dengan apa yang didapat orang lain. Allah tentunya telah mengatur rezeki umat-Nya masing-masing.

6. Kadang kita lupa, hal paling mudah yang bisa kita lakukan untuk membuat diri sendiri dan orang lain bahagia adalah dengan tersenyum

www.newonline.org

Dan ini adalah hal paling sederhana yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan bahwa sebenarnya ajaran Islam itu sangatlah sederhana. Bukan berarti harus hafal Alquran untuk dibilang sebagai orang yang mampu mengamalkan ajaran agama Islam, namun cukup tersenyum dan membuat orang sekitarmu juga bisa merasakan bahagia. Maka pahala yang kamu dapatkan bisa berkali-kali lipat karena mampu membuat orang lain turut bahagia.

Jadi sudahkah kamu tersenyum hari ini?

hijabiz.tumblr.com

Itu tadi hal-hal yang bisa menunjukkan Islam sebenarnya. Sebagai milenial muslim, kita tak perlu berdebat tentang mana ajaran yang benar dan salah. Tak perlu juga mempermasalahkan perbedaan yang ada. Yuk mari kita kembali pada ajaran Islam yang sebenarnya, yang mengajarkan kesejukan lewat hal-hal sederhana. Nah, buat kamu yang tahu lebih dalam tentang ajaran Islam yang sebenarnya, coba deh cek situs milenialislami.id. Kamu juga bisa cek akun instagram-nya di @milenialislami atau facebook Milenial Islami.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Hal-hal Sepele Ini Bisa Bikin Berantem Pasangan LDR. Sabar ya Para Pejuang Jarak

Hal-hal Sepele Ini Bisa Bikin Berantem Pasangan LDR. Sabar ya Para Pejuang Jarak

Berbakat Rancang Busana Pengantin, Gadis Tuna Grahita Ini Bertemu Ivan Gunawan. Salut

Berbakat Rancang Busana Pengantin, Gadis Tuna Grahita Ini Bertemu Ivan Gunawan. Salut

Nggak Perlu Takut Terpecah Belah, 5 Alasan Ini Buktikan Kalau Islam dan Pancasila Sejalan!

Nggak Perlu Takut Terpecah Belah, 5 Alasan Ini Buktikan Kalau Islam dan Pancasila Sejalan!

Sebelum Memutuskan Pacaran Sama Cowok Lebih Muda, Pikirkan Plus Minus-nya Terlebih Dahulu!

Sebelum Memutuskan Pacaran Sama Cowok Lebih Muda, Pikirkan Plus Minus-nya Terlebih Dahulu!

Berkat Hobi Membaca, Pria Asal Lumajang Ini Berhasil Meraih Uang Rp20 Juta dalam Sehari!

Berkat Hobi Membaca, Pria Asal Lumajang Ini Berhasil Meraih Uang Rp20 Juta dalam Sehari!

Ngalahin Artis, Gaya 8 Foto Anak Tercantik Di Dunia Ini Bakal Bikin Kamu Iri

Ngalahin Artis, Gaya 8 Foto Anak Tercantik Di Dunia Ini Bakal Bikin Kamu Iri

loading