5 Tips untuk Menjadi Freelancer Handal yang Bisa Kamu Terapkan Mulai Sekarang!

www.24seventalent.com

Zaman sekarang semuanya identik dengan teknologi. Kita juga bisa kontak dengan orang dari jarak jauh. Hal itu memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan baik termasuk urusan pekerjaan. Dampaknya, kita tidak perlu lagi kerja di suatu tempat yang kadang lokasinya cukup jauh dari tempat tinggal kita. Tinggal nyalakan internet, kirim surat elektronik atau video, komunikasi bisa berjalan dengan lancar.

Berdasarkan situs Forbes, pada tahun 2020, 43% pekerja di dunia akan menggeluti dunia freelance yang identik dengan kerja tidak harus ke kantor. Lantas, untuk mempersiapkan tahun 2020 apa saja yang harus kita lakukan sebagai freelancer yang handal? Mengingat isu utama freelance adalah mendapatkan proyek pekerjaan yang stabil. Coba cek di bawah ini.

1. Tulis daftar kemampuan yang kamu miliki

www.shopify.com

Kamu harus memiliki daftar apa saja yang bisa kamu lakukan. Kamu tulis kemampuanmu apa saja yang kira-kira berguna untuk masyarakat. Mengapa untuk masyarakat? Karena pekerjaan muncul karena adanya masalah dalam masyarakat. Jadi, jika kemampuanmu tidak bisa digunakan untuk membantu masyarakat tentunya hal itu akan mempersulit karirmu menjadi freelance yang handal.

Menurut Nancy Van Brunt, Direktur freelance Upwork mengatakan bahwa seorang freelance yang handal harus menganggap dirinya sebagai seorang pebisnis dan memikirkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat sebagai peluang pangsa pasar.

2. Punya banyak koneksi

www.entrepreneur.com

Hal kedua adalah kamu harus memiliki banyak koneksi untuk menggaet pangsa pasar kamu. Kamu bisa mencoba beberapa situs freelance seperti freelance.com, dan berbagai situs lainnya. Selain situs khusus freelance, kamu juga bisa memperluas koneksi kamu dengan mengikuti komunitas di lingkungan kamu.

Komunitas sosial juga bisa memberi kamu koneksi. Selain koneksi, komunitas sosial juga mampu melatih kemampuanmu dalam negosiasi, pemasaran, dan skill yang kamu gunakan untuk bekerja jika memungkinkan.

3. Buat CV yang baik

magazine.job-like.com

Kamu harus tahu cara membuat curriculum vitae yang baik karena perusahaan atau calon klien kamu akan melihat kinerjamu dari CV. Mereka bisa tahu siapa kamu tentunya dari curriculum vitae. Makanya menjadi bagian yang cukup penting dalam menilai siapa kamu. Dalam menulis curriculum vitae, kamu bisa menulis kemampuan kamu apa saja, pengalaman kerja kamu seperti apa, serta daftar klien yang bekerja sama dengan kamu siapa saja.

4. Cek kondisi calon klien yang mau bekerja sama dengan kamu
cryptotimes.org

Kamu harus mengecek kondisi perusahaan. Kan percuma jika kamu sudah bekerja secara maksimal tapi perusahaannya ternyata tidak jelas sehingga mereka tidak membayar hak kamu sebagai freelance. Oleh karena itu, ada baiknya cek situs mereka seperti apa bahkan melihat review perusahaannya seperti apa. Kamu juga bisa bertanya mantan pegawai atau yang masih bekerja di perusahaan itu.

5. Pikirkan durasi kerja yang kamu inginkan
www.trustradius.com

Kamu harus memikirkan tentang durasi jika kamu ingin bekerja sebagai seorang freelance. Jika kamu ingin bekerja jangka pendek dengan perusahaan, maka kamu tidak harus melakukan proses wawancara dengan perusahaan. Artinya, kamu harus mencari cara untuk membangun kepercayaan dengan perusahaan itu dalam waktu cepat mengingat kamu bekerja dengan mereka tanpa melalui proses wawancara.

Meningkatkan kepercayaan dalam waktu cepat bisa dengan menulis pengalaman kamu di curriculum vitae atau langsung menunjukkan kemampuanmu kepada mereka saat kamu bekerja pertama kalinya. Jika kamu ingin bekerja jangka panjang dengan perusahaan, kamu ada baiknya siap-siap menghadapi wawancara dengan mereka.

Ada kalanya kamu harus tahu budaya perusahaan mereka karena bekerja jangka panjang artinya kamu harus berikatan dengan budayanya. Budaya mereka bisa mempengaruhi kinerjamu sehingga kamu harus serius mengetahui itu.

Sebelum kamu bekerja lebih lanjut sebagai freelance, kamu harus mempersiapkan banyak hal terkait tempat kerjamu seperti apa. Tempat  bisa seperti rumahmu, restoran, atau kafe. Selain tempat kerja, kamu juga harus mempersiapkan koneksi internet dan berbagai perangkat lain yang mendukung kamu dalam bekerja.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Rekomendasi Modem 4G Murah yang Tawarkan Koneksi Internet Ngebut | Keepo.me

Rekomendasi Modem 4G Murah yang Tawarkan Koneksi Internet Ngebut | Keepo.me

Tak Masalah Jika Kamu Dipecat, Ini Pelajaran Berharga yang Akan Kamu Dapat

Tak Masalah Jika Kamu Dipecat, Ini Pelajaran Berharga yang Akan Kamu Dapat

Khusus Penggemar Bola! 10 Aplikasi Nonton Live Streaming Bola Android Terbaik | Keepo.me

Khusus Penggemar Bola! 10 Aplikasi Nonton Live Streaming Bola Android Terbaik | Keepo.me

Beberapa Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghadapi Ketidakpastian dalam Hidup

Beberapa Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghadapi Ketidakpastian dalam Hidup

Berbagai Cara Memperbesar Ukuran File PDF, Bisa Digunakan Di PC atau di Android | Keepo.me

Berbagai Cara Memperbesar Ukuran File PDF, Bisa Digunakan Di PC atau di Android | Keepo.me

Agar Kamu Tak Menyesal di Usia 30-an, Mulailah untuk Melakukan 4 Hal Ini dalam Hidup

Agar Kamu Tak Menyesal di Usia 30-an, Mulailah untuk Melakukan 4 Hal Ini dalam Hidup

loading