5 Tips Mencegah Virus Zika ala Yukepo

04 September 2016
|Iswara Aji Pratama
Life
0SHARES

Kabarnya virus Zika sudah mulai menyebar di Indonesia. Gejala dari virus ini gak jauh beda dengan gejala DBD. Orang yang terinfeksi bakal demam, sakit di bagian belakang kepala, nyeri sendi, dan mata merah. Bedanya sama gejala DBD, Virus Zika gak ditandai sama trombosit yang turun. Wah susah juga ya bedain dari demam biasa? Untuk orang dewasa, virus ini bisa membuat peradangan saraf, tapi biasanya sistem imunitas orang dewasa bisa melawan itu semua. Sedangkan pada buat ibu hamil, balita, dan lansia, virus ini memberikan efek yang sangat berbahaya. Misalnya nih di ibu hamil dan balita, virus zika bakal bikin si dedek bayi jadi cacat. Kalau di lansia, virus zika bakal merusak persendian. Tega ya si Zika, kenapa gak gigit koruptor, kenapa gigitnya malah bayi yang belum punya dosa di dunia? Yaudahlah, gak ada gunanya nanya sama nyamuk. Lebih baik sekarang kita lihat beberapa cara di bawah ini untuk menjaga lingkungan sekitar supaya kita terhindar dari nyamuk Zika ya Sobat Kepo.

1. Pakai Kelambu Tempat Tidur

Dengan dipasangnya kelambu di tempat tidur kita, nyamuk zika gak akan bisa masuk untuk menggigit kita. Kalau harga kelambu itu terlalu mahal, beli jala ikan aja juga gak apa-apa, kan sama-sama berbentuk jaring.

2. Menggunakan pakaian panjang

Jika kelambu melindungi kita sewaktu tidur, maka pakaian panjang yang menjadi pelindung kita ketika kita beraktivitas. Nyamuk Zika akan kebingungan mencari celah untuk menggigit, karena seluruh tubuh kita sudah dilapisi pakaian anti nyamuk. Kalau tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli pakaian panjang, mantel hujan bisa Sobat Kepo pakai untuk menggantikan pakaian panjang.

3. Mandi Baygon

Membilas tubuh dengan baygon mungkin bisa menjadi solusi yang menarik. Lima gelas kecil baygon cair cukup kita tuang ke dalam ember, kemudian campurkan dengan air. Setelah pertama pemakaian, kulit mungkin terasa seperti terbakar dan gatal sekujur tubuh karena baygon sebenarnya bukan untuk mandi. Tapi jika terpaksa ya tidak masalah.

4. Ngemil Bunga Lavender

Untuk ibu hamil ketika ngidam mungkin bisa menjadikan lavender sebagai pilihan. Mengemil lavender sebanyak dua tangkai dalam sehari bisa memberikan efek yang signifikan untuk melindungi janin dari serangan Zika. 

5. Tinggal di Padang Tandus

Pemilihan padang tandus membuat diri kita terhindari serangan nyamuk apa pun. Hal itu dikarenakan nyamuk tidak bisa berkembang biak di atas pasir atau tanah. Nyamuk hanya bisa berkembang biak di dalam air. 

Tidak hanya terhindar dari virus zika, menjaga lingkungan secara apik akan memberikan dampak yang baik untuk kehidupan kita. Pencegahan virus Zika di atas adalah jalan terakhir yang bisa kita tempuh jika kita malas untuk membersihkan lingkungan sekitar. Sobat Kepo yang menentukan, jalan mana yang mau diambil. Semoga si zika bisa musnah dari dunia ya Sobat Kepo.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
100 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES