5 Tanda Kamu Sudah Dibutakan oleh Cinta. Bikin Sakit Mental!

23 April 2018
|Robertus Ari
12SHARES

Tentu kamu sudah nggak asing dengan istilah cinta buta. Ini adalah salah satu kelakukan di mana kamu bertindak sudah tidak sesuai logika dan realistis. Perilaku yang destruktif ini tentu sangat bahaya dan bisa menyakiti pasangan kamu. Namun selain itu, perilaku yang seperti ini semakin lama bisa merusak mental kamu, lho.

Melansir laman Wolipop Detik.com, ahli psikolog klinis Ayoe Sutomo mengatakan obsesi berlebih kepada pasangan bisa membuat kamu mengalami cinta buta. “Karena terlalu terobsesi dengan pasangannya, sehingga bisa merusak dalam pengambilan keputusan dan gangguan hubungan sosial,” tuturnya.

Untuk itu, perlu diketahui tanda-tanda kalau kamu sudah dibutakan oleh cinta. Dengan begitu kamu bisa membangun hubungan yang lebih sehat dengan pasanganmu nantinya. Mau tahu apa saja? Yuk, kepo!

1. Duniamu isinya hanya tentang dia saja

Sebenarnya normal-normal saja kalau kamu berpikir tentang pacar. Tapi kalau fokus kamu hanya tertuju kepada dia saja, ini bisa bahaya. Bahkan, kamu sampai melupakan interaksi dengan orang sekitarmu, keluarga, sahabat, teman, hingga pekerjaan terabaikan. Jadi kalau kamu merasakan seperti ini, harus segera perbaiki cara kamu menjalani hubungan. Jangan sampai kehidupanmu terbayang-bayang oleh pacar saja. Karena kamu sebagai individu yang harusnya punya kehidupan sendiri.

2. Kamu tak pernah berhenti untuk membicarakan dia

Tak hanya obrolan kamu sehari-hari saja, tapi media sosial isinya cuma pacarmu saja. Kemudian, orang-orang terdekat kamu pun mulai males dan mengeluh karena topik yang selalu kamu bawa hanya soal kekasih kamu. Ini adalah tanda bahwa kamu sudah terobsesi kepada dia secara berlebihan. Kalau lama-lama kamu berperilaku seperti ini, bisa jadi sahabat dan orang terdekat kamu lainnya menjadi muak sama kamu.

3. Emosimu menjadi bergantung dengan pacar kamu

Emosi kamu juga ikut berubah dan tak menentu. Kalau sudah parah, kondisi kamu juga tergantung dengan emosi pasangan. Kalau hubungan kamu dengan dia lagi harmonis, kamu merasa bahagia. Tapi kalau lagi marahan, emosi kamu pun ikut nggak stabil. Kemudian setiap hari kamu terganggung dengan keadaan ini. Bahkan ketika berkumpul bersama teman atau saat bekerja, kamu masih membawa emosi yang sama.

4. Kamu sampai menghabiskan banyak uang demi mempertahankan hubungan

Kamu harus tahu bahwa hubungan yang sehat itu dibangun dengan ketulusan, bukan materi. Jadi kalau kamu sudah rela mengeluarkan banyak uang untuk mempertahankan hubungan, ini namanya kamu dibutakan oleh cinta. Kamu berpikir uang adalah jaminan kebahagiaan hubungan kamu. Bahkan, uang tabungan kamu pun melayang hanya untuk ini. Jadi segera sadar deh kalau kamu sudah kayak gini. Pikirkan kembali apakah kamu harus menjalani hubungan itu atau tidak.

5. Perlahan, kamu mulai berhenti melakukan kegiatan yang selama ini kamu sukai

Kalau tanda cinta buta yang ini mungkin cukup mencolok. Kamu menjadi kehilangan hobi. Kamu sudah tak lagi melakukan berbagi hal yang kamu sukai.  Kamu tak lagi melakukan hobi semata-mata karena pasangan kamu tidak suka. Kalau kamu sudah seperti ini, kamu harus sadar bahwa cinta yang tulus itu tidak akan mengekang. Justru dia bisa memberikan apresiasi atau mewadahi atas apa yang kamu sukai.

 

Itulah tadi tanda kamu sudah dibutakan oleh cinta. Jika kamu sudah merasakan salah satu hal di atas, lebih baik kamu segera sadar dan memperbaiki diri. Sehingga kamu bisa memiliki hubungan yang lebih sehat dengan pasangan. Selain itu, pasangan kamu juga makin betah pacaran sama kamu. Oke?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
12SHARES