5 Prodi S2 Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Kamu Tertarik?

25 Maret 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Pendidikan merupakan elemen yang sangat penting untuk kesejahteraan umat manusia. Ada ungkapan yang menyatakan, semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, semakin tinggi pula orang-orang menghormatinya. Sebenarnya, pernyataan tersebut tidak salah dan juga tidak benar. Ya, bergantung pada tujuan dari si empunya gelar lah ya.

Namun yang pasti, saat ini masyarakat Indonesia semakin terbuka akan pentingnya pendidikan. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya orang yang melanjutkan studinya bahkan hingga mencapai gelar doktoral. Nah, berkaitan dengan hal itu, terdapat beberapa prodi S2 yang hanya dimiliki oleh satu universitas tertentu saja, lho. Jurusan apa dan di mana tepatnya itu? Langsung aja kita kepoin bareng-bareng!

1. Ilmu-Ilmu Faal dan Khasiat Obat di Institut Pertanian Bogor

Program studi ini berhasil meraih akreditasi A dengan nomor SK 4918/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2017 yang berlaku mulai tahun 2017 hingga 1 Agustus 2022. Prodi yang diselenggarakan oleh Departemen Anatomi, Fisiologi dan Farmakologi FKH IPB ini memiliki beban sebanyak 40 SKS. Setelah menempuh prodi ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis fenomena ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menjawab masalah spesifik dalam bidang ilmu-ilmu faal dan khasiat obat pada semua tingkatan: subseluler, seluler, jaringan, organ di dalam satu spesies dan atau lintas spesies hewan.

Perihal mata kuliahnya, prodi ini memiliki sembilan mata kuliah, yakni Fisiologi dan Kimia Sel, Fisiologi Saraf dan Indera, Fisiologi Otot, Endokrinologi, Sistem Kardiovaskuler, Sistem Respirasi, Metodologi Penelitian, Sistem Pencernaan dan Metabolisme, serta Sistem Ekskresi dan Osmoregulasi.

2. Pertanian Lahan Kering di Universitas Udayana

Program studi Pertanian Lahan Kering yang berada di bawah naungan Fakultas Pertanian Universitas Udayana ini berhasil meraih akreditasi A dengan nomor SK 2108/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2017 yang berlaku mulai tahun 2017 hingga 20 Juni 2022.

Para magister Prodi Pertanian Lahan Kering hanya memiliki satu konsentrasi, yakni Pertanian Organik yang juga telah tersertifikasi ISO 9001:2008 tertanggal 17 Juli 2013. Visi dari prodi ini adalah untuk menjadi pusat pendidikan, serta penelitian dan pengembangan potensi pertanian sehingga menghasilkan sumber daya pendidik dan peneliti yang unggul, mandiri, dan berbudaya keilmuan yang handal dan mampu bersaing.

3. Perencanaan Kepariwisataan di Institut Teknologi Bandung

Prodi Perencanaan Kepariwisataan berada di bawah naungan Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) Institut Teknologi Bandung. Prodi ini berhasil meraih akreditasi A dengan nomor SK 1874/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2017 yang berlaku mulai tahun 2017 hingga 6 Juni 2022.

Calon magister dari prodi ini akan mempelajari Sistem Infrastruktur & Transportasi Pariwisata, Dampak Pariwisata, Studio Perencanaan Destinasi Wisata, hingga Etika Profesi, serta beberapa mata kuliah pilihan seperti Dinamika Perkembangan Pariwisata, Fasilitas Pariwisata dan Transformasinya, Pariwisata dan Pengentasan Kemiskinan, dan Pemasaran Destinasi Wisata.

4. Hukum Ligitasi di Universitas Gajah Mada

Prodi Hukum Litigasi di Universitas Gadjah Mada berhasil meraih akreditasi A dengan nomor SK 973/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2015 yang berlaku mulai tahun 2015 hingga 3 September 2020.

Latar belakang didirikannya prodi ini adalah untuk menggandeng penegakan hukum di Indonesia yang tampaknya telah jauh melenceng dari konsep negara hukum (Rechtstaat). Mata kuliah yang ada di prodi ini antara lain Peradilan Khusus Pidana, Hukum Pembuktian, Hukum Eksekusi, Pengujian Peraturan Perundang-undangan (Judicial Review)Legal Memorandum dan Eksaminasi, Teknik Pembuatan Gugatan Perdata dan Tata Usaha Negara, serta Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa.

5. Vaksinologi dan Imunoterapetika di Universitas Airlangga

Prodi Vaksinologi dan Imunoterapetika berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Prodi ini berhasil meraih akreditasi A dengan nomor SK 1929/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2016 yang berlaku mulai tahun 2016 hingga 8 September 2021.

Salah satu alasan didirikannya prodi ini adalah karena merebaknya penularan kasus penyakit zoonosis flu burung (avian influensa) dan antrak. Oleh karena perlu adanya peningkatan dalam penanggulangan penyakit hewan seperti yang disebutkan tersebut, maka didirikanlah prodi Vaksinologi dan Imunoterapi tersebut dengan harapan dapat mengatasi pengendalian penyakit yang bersifat dinamik dengan menyediakan ahli -ahli dalam bidang vaksinologi dan imunoterapi.

Itu dia lima prodi S2 satu-satunya yang ada di Indonesia. Kamu tertarik buat lanjut kuliah S2 di satu salah satu dari kelima program studi di atas nggak nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES