5 Kegiatan Seru di Masjid yang Bikin Ramadan Kamu Lebih Hidup. Yuk, Dicoba!

30 Mei 2018
|Robertus Ari
98SHARES

Menjalankan ibadah puasa sudah menjadi kewajiban bagi para muslimin-muslimah. Terlebih bagi kalangan milenial atau generasi mudanya. Mereka harus bisa lebih aktif di bulan yang suci ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan beberapa kegiatan positif di masjid. Kerena dengan cara ini pula, kamu bisa menjaga silahturahmi dan membuat suasana Ramadan terasa lebih hidup bagi kamu.

Lalu apa saja kegiatan seru di masjid yang bisa kamu lakukan selama bulan Ramadan? Berikut Yukepo memberi beberapa contoh positif yang bisa kamu coba!

1. Melakukan tarawih berjamaah setiap malam setelah buka puasa

Salat tarawih menjadi momen yang paling ditunggu ketika bulan puasa. Jadi nggak heran kalau masjid selalu membludak karena banyak yang datang. Sebab, momen ini memiliki suasana yang hangat dan rasa spiritualitas sangat terasa. Jadi selama bulan Ramadan, usahakan kamu jangan kendor dan nggak bolong-bolong, ya. Biar pahalanya juga makin banyak!

2. Tadarusan Al-Quran bersama para pemuda di tempatmu

Lantunan ayat-ayat suci tak pernah sepi di masjid selama Ramadan. Sebab di bulan baik ini, banyak dari mereka yang memanfaatkannya untuk mengkatamkan Al-Quran. Untuk itu, kegiatan ini juga bisa kamu jadikan pilihan untuk mengisi waktumu dengan kegiatan yang berfaedah di masjid. Ajaklah teman-temanmu untuk melakukan ini bersama. Pasti rasanya bakal menyenangkan saat dilakukan bersama-sama.

3. Meluangkan waktu untuk mengajar ngaji bagi anak-anak di daerahmu

Beberapa masjid ada yang memiliki kegiatan ini, terlebih jika di daerah tersebut pemuda masjidnya sangat aktif. Ngabuburit dengan mengajarkan anak ngaji adalah kegiatan yang sangat positif. Kamu bisa meluangkan waktumu untuk mengajarkan mereka. Ini bisa jadi berkah bagi kamu dan mendapatkan pahala tentunya. Selain itu, dengan mengikuti kegiatan ini pasti kamu bisa belajar banyak hal, entah itu tentang agama maupun kehidupan.

4. Menjadi relawan untuk menyiapkan menu buka puasa di masjid

Biasanya di bulan Ramadan beberapa masjid sering melakukan buka puasa bersama dengan makanan berat atau sekadar takjil. Nah, kalau masjidmu juga melakukan hal ini, cobalah kamu ikut menjadi relawan untuk menyiapkan menu buka puasa. Selain kamu bisa ngabuburit, mengikuti kegiatan ini kamu juga bisa belajar makna dari gotong-royong, yang semakin lama aktivitas positif ini mulai luntur di masyarakat. Belum lagi buka puasa bersama pasti lebih asik daripada cuma sendirian.

5. Melakukan bersih-bersih masjid bersama-sama

Kamu pasti juga sering mendengar bahwa kebersihan adalah bagian dari iman. Nah sebagai generasi milenial, sudah sepantasnya kamu ikut menjaga kebersihan masjid. Terlebih ini adalah tempat ibadah yang disucikan, sehingga kebersihan sudah sepatutnya terus dijaga. Jadi ajaklah teman-temanmu untuk melakukan bersih-bersih masjid. Kalau dilakukan bersama-sama, pasti rasanya sangat menyenangkan.

Itulah tadi beberapa kegiatan masjid yang bisa kamu coba saat Ramadan ini. Lalu mana nih yang ingin kamu lakukan bersama teman-teman kamu? Tapi kalau kamu punya kegiatan lain yang belum disebutkan di atas, kamu bisa tambahkan ke kolom komentar, ya!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
98SHARES