5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mendaftar Posisi Management Trainee

23 Januari 2018
|Chandra W.
185SHARES

Salah satu kebingungan yang sering dialami mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduate adalah bingung mau kerja apa. Saat ini ada banyak perusahaan yang membuka lowongan Management Trainee untuk freshgrad. Jangan sampai kamu mendaftar asal-asalan ya. Beberapa hal di bawah ini wajib kamu ketahui terlebih dahulu sebelum mendaftar untuk posisi Management Trainee.

1. Apa itu management trainee?

Secara singkat dapat dikatakan bahwa Management Trainee (MT) adalah jalur rekrutmen di mana seseorang akan ditempatkan di beberapa departemen yang ada dalam perusahaan dalam rentang waktu tertentu untuk menemukan potensi terbaik dari karyawan dalam rangka menentukan penempatan/posisi sebagai karyawan tetap. Intinya kamu akan dirotasi per jangka waktu tertentu, rata-rata 2-3 bulan sekali selama satu tahun dari departemen satu ke departemen lain. Contoh: dari Supply and Chain ke Human Resources ke Marketing dan seterusnya.

2. Program MT cocok untuk kamu yang belum yakin akan potensi diri sendiri

Terkadang kamu merasa cocok di bidang Marketing, tapi ingin juga mendalami proses rekrutmen sebagai karyawan HRD sehingga untuk mendaftar bekerja langsung di departemen tertentu kamu masih ragu. Nah MT ini ibarat tes minat dan bakat tapi langsung dengan praktik untuk melihat potensi terbesarmu sebenarnya di mana. Program anti bingung.

3. Tapi tidak semua program MT merotasi karyawannya ke departemen berbeda

Ada juga MT yang jalurnya sudah khusus. Misal: MT Sales & Marketing Operation. Di sini kamu akan menjalani ‘pendidikan’ yang lamanya tergantung kebijakan perusahaan. Mulai 3 bulan sampai 2 tahun juga ada. Nah setelah ‘lulus’ MT, kamu akan menduduki posisi yang sesuai dengan pendidikan MT itu. Ada yang levelnya tetap entry level (karyawan baru) misal Junior Sales & Marketing. Tapi ada juga yang setelah MT langsung menduduki jabatan supervisor/junior manager. Semua tergantung pada kebijakan perusahaan.

4. Dapat dikatakan, MT adalah program unggulan

Seleksi untuk diterima menjadi karyawan MT tidak kalah sulit dengan posisi lainnya yang sudah dikhususkan. Pasalnya, perusahaan menanggung biaya besar untuk pelatihan selama MT. Namanya juga management trainee kan: pekerja yang dilatih untuk manajemen. Untuk mencegah kerugian, biasanya karyawan MT akan diikat dengan kontrak yang disertai sanksi denda jika mengundurkan diri di tengah proses pendidikan. Bagian ini perlu untuk dipikirkan baik-baik sebelum mendaftar. Sebab dendanya bisa sampai puluhan juta.

5. Faktor gaji

Seorang karyawan MT biasanya digaji cukup besar dan kompetitif untuk ukuran entry level. Makanya banyak yang berminat masuk perusahaan melalui jalur yang satu ini. Tentu saja beban kerja dan tanggung jawabnya juga seimbang dengan pendapatan yang diterima.

Nah itu dia beberapa hal tentang management trainee yang sekarang kamu sudah tahu. Semakin siap mendaftar atau malah jadi ragu nih? Siapkan diri dengan baik ya sebelum mendaftar. Semoga sukses cari kerjanya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
185SHARES