5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menggeluti Bisnis yang Sesuai dengan Passionmu

29 Maret 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Passion memiliki artian semangat dalam melakukan kegiatan. Ketika kamu memiliki passion di dalam bekerja, pekerjaan seberat apa pun tidak akan terasa. Itu karena kamu memiliki gairah untuk melakukannya. Bagi kamu yang ingin fokus dalam menekuni bisnis sesuai dengan passionmu, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Apa saja itu?

1. Coba renungkan kembali apakah benar itu passionmu?

Beberapa orang terlalu cepat mengambil langkah sehingga mereka mendapatkan kesulitan ketika mulai menjalankan bisnisnya. Sebelum itu terjadi, renungkanlah apakah itu benar-benar merupakan passion-mu atau hanya sekadar iseng untuk mengisi waktu luang. Cobalah untuk ebih memahami makna dari passion itu sendiri.

2. Begabung dengan komunitas yang sejenis

Salah satu manfaat yang akan kamu dapatkan ketika bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan passionmu adalah dapat menambah gairah serta meningkatkan passionmu itu sendiri. Jadi, mulailah untuk aktif dalam sebuah komunitas.

3. Bertanya pada senior

Malu bertanya sesat di jalan. Tampaknya ungkapan tersebut sangat teramat benar adanya. Sebelum memutuskan untuk menjalani bisnismu, ada baiknya kamu bertanya kepada mereka yang telah terlebih dahulu terjun dalam bisnis yang akan kamu geluti. Hal itu akan memudahkan kamu untuk membuat sebuah rancangan serta strategi guna menunjang bisnismu ke depannya.

4. Tanya diri sendiri

Apakah benar kamu memiliki kemampuan yang sesuai dengan bisnis yang akan kamu tekuni? Jika tidak, lebih baik berhenti sebelum terlambat. Ini menjadi poin penting karena jika kamu merasa bisnis itu adalah passion-mu, sedangkan kemampuanmu tidak berbicara demikian, maka ke depannya akan sulit bagi bisnismu untuk berkembang.

5. Kumpulkan modal

Salah satu poin penting lainnya berkaitan dengan modal, baik secara skill maupun materi. Tidak ada pebisnis sukses yang tidak mengeluarkan modal. Semuanya pasti butuh modal untuk menjalan roda bisnis mereka. Seperti yang dikatakan sebelumnya, modal itu nggak melulu tentang uang. Kemampuanmu dalam mengatur diri sendiri, kepiawaianmu dalam memimpin sebuah tim, serta yang lainnya juga termasuk modal, lho. Nah, sebelum menjalankan bisnismu, kamu sudah harus mempersiapkan dengan matang modal yang kamu butuhkan agar bisnismu dapat berjalan dan berkembang.

Menjalani pekerjaan yang sesuai dengan passion memang idaman semua orang. Dengan demikian, pekerjaan yang berat pun bakalan terasa ringan karena kamu ikhlas dan menikmati pekerjaanmu itu. Jadi, sebelum mulai menjalanakan bisnismu, kenali dan salami lebih dalam passionmu itu. Semangat cari rupiah yak!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES