5 Hal Ini Menandakan Kamu Bukan Sekadar Ngefans, Tapi Juga Fanatik Sama Idola

24 Februari 2018
|Chandra W.

Mengidolakan seseorang dari profesi tertentu adalah hal yang wajar. Hampir setiap orang punya sosok yang dijadikan panutan dalam hidup, dari artis sampai pentolan di bidang tertentu. Ketika sedang merasa down, melihat sosok idola bisa membuat kita kembali semangat.

Tapi pernah nggak sih berpikir sampai batas apa ngefans itu wajar? Jangan-jangan kamu sudah nggak sekadar ngefans, tapi sudah fanatik nih. Tanda-tandanya fanatik sama idola bisa terlihat dari hal-hal ini.

1. Stalking setiap hari, tiap menit, tiap detik

Jika idolamu adalah public figure, maka kemungkinan besar ia memiliki akun Instagram atau media sosial yang bisa kamu lihat dan pantau setiap saat. Kalau kamu hanya mengecek profilnya sekali-kali dalam beberapa hari, atau sehari sekali wajar saja. Tapi jika setiap menit rasanya kamu nggak bisa terlepas dari semua kegiatannya yang terlihat dari Instastory atau selalu refresh feed untuk melihat update kegiatannya, itu cukup berlebihan. Selain itu kamu juga jadi nggak produktif. Dia melakukan aktivitas apapun juga nggak berdampak langsung ke kamu kan?

2. Mimpiin idola

Ini sudah akut. Secara ilmiah, kita hanya dapat memimpikan wajah orang yang pernah ditemui secara langsung di kehidupan nyata. Wajah orang yang pernah kita lihat di dunia maya entah bisa atau enggak, tapi yang jelas wajah yang pernah kita lihat. Nah mimpi ini munculnya dari tumpukan pikiran di alam bawah sadar. Kalau sampai memimpikan idola, berarti dia sudah tertanam begitu kuatnya di alam bawah sadarmu. Segitunya banget nih?

3. Berharap dapat menjadi orang penting dalam kehidupannya

“Aku mau juga deh jadi istrinya Hamish Daud,”. Ketika orang-orang lain mengucapkannya dengan maksud bercanda, kamu bisa mengucapkan kalimat serupa dengan maksud yang sebenar-benarnya. Hmm. Memang ada sih beberapa kisah di mana seorang fans bisa menikah atau menjalin hubungan dengan idolanya. Tapi ya, gitu, sedikit.

Jadi mulai sekarang kamu harus bisa memisahkan realita dan imajinasi. Takutnya kalau keterusan malah kamu bisa terisolasi dari kehidupan yang sesungguhnya. Kelamaan berharap sama idola, malah jadi jomlo ngenes seumur hidup. Kan seram.

4. Cemburu ketika dia digosipkan punya pasangan baru

Tagar semacam #HariPatahHatiNasional jika dicermati lebih seksama bisa dilihat sebagai tanda orang-orang biasa yang cemburu kepada idolanya. Lah gimana ya, kan kita bukan siapa-siapanya, nggak punya hak buat cemburu. Apalagi sampai sebal kepada pasangannya. Mohon maaf situ siapa? Dia saja nggak tahu kalau ada kamu di dunia ini. Jadi nggak usah menghabiskan energi buat beginian. Sayang energinya.

5. Kesal ketika ada yang menganggapnya biasa saja

Ketika kamu sedang membanggakannya di hadapan teman-teman, ada yang nyeletuk “Ah menurutku dia biasa saja. Banyak kok yang lebih ganteng/cantik/hebat/pintar,”. Kamu marah dan merasa nggak terima. Lho, padahal setiap orang kan boleh punya idola berbeda dengan yang lain. Kenapa jadi nggak terima coba? Santai aja kali.

Dari daftar pertama sampai terakhir, nomor berapa saja yang sudah kamu centang? Hati-hati lho, yang berlebihan selalu tidak baik. Jadi, ngefans lah sewajarnya. Idolakan sewajarnya. Jangan lebay. Dia juga hanya manusia biasa seperti kamu kok.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES