5 Alasan Kenapa Bulan Desember Baik Untuk Melamar Pekerjaan. Jangan Tunggu Tahun Baru!

25 Desember 2017
|Chandra W.
2SHARES

Banyak sekali orang di dunia ini yang harus menunggu momen yang tepat untuk melakukan sesuatu, termasuk melamar pekerjaan. Misalnya, tunggu awal bulan di awal tahun deh biar afdol.

Kalau kamu sudah wisuda atau bahkan sudah bekerja di suatu tempat tapi kepingin cari kerjaan lain, jangan tunggu sampai besok. Akhir tahun justru adalah waktu yang paling tepat untuk mencari pekerjaan. 

1. Banyak pegawai resign setelah menerima bonus akhir tahun dan liburan

Jadi akan ada banyak perusahaan yang kekurangan tenaga kerja. Pas banget kalau kamu mengirim lamaran. Nggak usah tunggu ada pengumuman resmi open recruitment. Datangi kantornya dan titipkan CV serta dokumen lain yang dibutuhkan. Karena menjelang tahun baru perusahaan tetap beroperasi, waktu ini jadi sangat tepat untuk melamar pekerjaan.

2. Pesaing tidak sebanyak waktu-waktu lain

Musim mencari pekerjaan yang paling ramai biasanya adalah setelah wisuda. Ada banyak sekali jobfair yang diselenggarakan biasanya sekitar bulan Maret, Juni, dan September. Nah kalau ikutan jobfair begini, saingannya banyak banget. Dari yang baru wisuda, yang udah wisuda tapi belum mendapatkan pekerjaan, sampai yang sedang mencari pekerjaan baru. Sedangkan di akhir tahun, sedikit sekali orang yang berpikiran untuk mencari pekerjaan. Tapi jangan lengah ya, meskipun pesaingnya lebih sedikit, tetap datang dengan skill yang mumpuni.

3. Employer sedang dalam mood yang baik karena liburan

Jika lamaranmu diseleksi setelah libur akhir tahun, maka kamu beruntung. Suasana wawancara lebih santai karena energi HR telah kembali dan suasana hatinya juga lebih senang. Liburan memang bisa mengubah seseorang dari cranky menjadi smiley. Ruangan wawancara yang biasanya terasa dingin dan menegangkan pun udaranya jadi lebih ringan dan hangat. Manfaatkan suasana hati HR yang baik ini dengan menunjukkan kompetensi terbaikmu.

4. Menunjukkan bahwa kamu adalah pekerja yang berdedikasi

Di saat teman-temanmu sedang berada dalam euforia libur akhir tahun, kamu malah melamar pekerjaan. Bagi sebagian perusahaan, hal ini dapat dilihat sebagai indikator bahwa kamu berdedikasi dan memikirkan masa depan, tidak berorientasi pada perayaan dan liburan semata. Jarang sih ada perusahaan yang nggak suka seseorang yang prioritasnya bekerja. Iya kan?

5. Kamu selangkah lebih maju dibandingkan teman-temanmu

Perusahaan pasti membutuhkan karyawan baru pada tahun anggaran baru. Ada lho perusahaan yang nggak menunggu lama-lama untuk segera merekrut karyawan baru jika memang dirasa sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Semakin awal kamu mengirimkan lamaran, semakin besar kemungkinan diseleksi dan diterima. Yang lain masih sibuk liburan soalnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan keburu mikir liburan. Pekerjaan lebih penting lho buat masa depan. Yuk siapkan CV dan lamaran terbaikmu. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
2SHARES